Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Proses Kreatif Menulis Cerpen : Hermawan Aksan

Judul  : Proses Kreatif Menulis Cerpen
Penulis  : Hermawan Aksan
Penerbit : Nuansa Cendikia
Tebal  :212 halaman

---------------------------------------


Mungkin selama ini Anda masih bertanya-tanya bagaimana proses membuat cerpen. Padahal Anda sangat ingin membuat cerpen yang bagus, enak dibaca, dan tetap produktif menghasilkan yang namanya cerita pendek. Namun kadang Anda sulit untuk mencari solusi yang pas untuk mengatasi kerisauan Anda itu. Maka, sangat memungkinkan sekali buku yang satu ini bisa menjawab dahaga Anda. Karena di dalam buku ini secara lengkap memapaparkan bagaiman proses kreatif menulis cerpen yang juga disertai dengan contoh-contoh dan cara mengaplikasikannya.

Mari kita lihat sejenak apa isi buku ini. Merupakan buku yang sederhana, tapi tidak berlebihan jika dikatakan isinya cukup menarik. Mulai dari gaya penulisan yang menggunakan sudut pandang orang pertama (aku), karena memang sebagian isi buku merupakan pengalaman pribadi penulisnya. 

Pada bagian awal buku ini terdapat pengantar dari seorang penulis hebat Dee (Dewi Lestari), sebagai pembuka wawasan Anda tentang isi buku dan sekaligus ikhwal pengarangnya. Pengantar tersebut bertajuk “Warna-warni Hermawan Aksan: Pengantar Dewi Lestari.”

Kemudian masuk pada bagian satu yang mengulas bagaimana kredibilitas seorang penulis di tengah-tengah masyarakat, yang dikatakannya bahwa menulis itu merupakan pekerjaan yang membuat seksi. Seksi dalam arti kata bahwa penulis adalah golongan orang cerdas, berwawasan luas, yang mampu berpikir secara terstruktur, dan rasional. 

Maksud dari bab awal tersebut tiada lain adalah memotivasi Anda menjadi penulis, agar Anda selalu siap menghadapi berbagai rintangan dalam menggeluti dunia kepenulisan.

Kemudian pada bagian berikutnya, Anda diajak untuk memilih jenis cerpen apa yang akan Anda tulis? Mau menuis cerpen anak-anak, cerpen remaja, atau cerpen umum, terserah. Jadi Anda perlu menentukan salah satu genre agar kemampuan menulis Anda menjadi tajam, dan fokus. Menurut Hermawan Aksan ini sangat penting untuk membangun emosional Anda dengan pembaca.

Pada bagian berikutnya membahas bagaimana mengawali sebuah cerita pendek, apakah menulis cerpen lansung jadi atau kerangka dulu? Anda akan meneukan jawabannya di sini.

Kemudian mengenai pemakaian sudut pandang (aku, kau, atau dia). Beberapa contoh kutipan cerpen Anda temukan di sini, termasuk cerpen O’Henry yang sangat menginspirasi, bisa dijadikan panduan dalam penggunaan sudut pandang.

Anda pun akan mendapatkan pelajaran tentang bagaiman membentuk bagian awal cerpen. Karena diibaratkan bagian awal cerpen sebagai etalase. Jika etalase sebuah toko bagus tentu para pembeli akan tertarik untuk berkunjung. Maka, menurut Hermawan, perlu perhatian khusus di saat membuat bagian awal cerpen. Nah, semua ada jawabannya di sini.

Bagian berikutnya adalah bagaimana cara memperkaya isi cerita, bagaimana membuat suasana di dalam cerpen menjadi hidup, bagaimana memandatkan dialog, dan bagaimana membangun logika, semuanya lengkap pada bagian delapan buku ini.

Yang tidak kalah pentingnya dalam bab buku ini adalah bagaimana menutup cerita. Anda bisa menggunakan ending tertutup, atau ending terbuka. Seperti apa dan cara membentuk kedua model ending tersebut, Anda bisa baca selengkapanya di bagian sembilan. Dan sekali lagi hampir di setiap akhir bab selalu ada contoh cerpen yang baik yang bisa dijadikan referensi, sebagai penambah wawasan tentang bab-bab tersebut.

Bab-bab terakhir buku ini ialah membahas bagaimana membuat judul yang menantang, bagaimana menyunting karangan, bagaimana menggali ide dari berbagai pengalaman, bagaimana langkah Anda mengirim cerpen ke media, lalu cerpen yang berkesan itu seperti apa? Anda juga akan memngetahui beberapa kesalahan yang dilakukan oleh pemula. Tentu hal semacam itu akan sangat membantu Anda dalam memahami kemampuan Anda saat ini.

Apakah Anda seorang pemula? 

Hehe...saya dong kali ya!

Baik, itulah beberapa hal yang bisa ditemukan dalam buku Proses Kreatif Menulis Cerpen-nya Hermawan Aksan. Semoga membantu Anda sebelum membaca lanjut isi buku tersebut.

Buku yang dikarang oleh redaktur cerpen di Tribun Jabar ini memang menyuguhkan pengalaman-pengalaman yang sangat menarik. Dari pengalaman-pengalaman itu bisa menjadi pelajaran yang dapat mengantarkan Anda menjadi seorang penulis cerpen yang sukses. 
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Proses Kreatif Menulis Cerpen : Hermawan Aksan"