Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal tentang Sudut Pandang + Kunci Jawaban

Contoh Soal tentang Sudut Pandang | Sudut pandang atau yang biasa disebut point of view (POV) adalah posisi pengarang di dalam cerita. Agar dapat menjawab soal tentang sudut padang dengan mudah dan cepat, kamu harus benar-benar memahami apa yang dimaksud dengan sudut pandang di dalam cerita. Lihat pembahasan lengkap: Pengertian Sudut Pandang dan Jenis-Jenisnya

Contoh Soal 

Saat perjalanan pulang ia berpikir ‘Rupanya buku ini menyimpan rahasia untukku. Mungkin di dalamnya ada sesuatu petunjuk yang baik’. Kebetulan saat itu ia naik angkot yang penuh sesak. Karena kepanasan buku itu dimanfaatkan untuk berkipas. Kalau sudah bosan buku itu diletakkannya dipahanya. Tiba-tiba seorang ibu lain yang sejak tadi main gadged yang duduk di dekatnya melirik tepat pada buku yang diletakkan di paha. Sementara ibu yang mencuri buku itu sudah lupa dengan buku tadi. “Tolong Baca Buku Ini,” ibu yang melirik buku yang nempel di paha itu sesaat melupakan ponselnya karena tertarik pada buku itu. Kini giliran ia yang berusaha mendapatkan buku itu. Diperhatikannya orang yang meletakkan buku itu terlihat terkantuk-kantuk. Pada kesempatan itu tangannya cepat mengambil buku dan segera memasukkannya ke dalam tas. Penumpang yang lain tidak memperhatikan semua itu.
(Dikutip dari cerpen "Tolong Baca Buku Ini" dalam buku Lelaki di Ujung Sunyi, Abduh Sempana: 2020)

Sudut pandang yang digunakan pengarang pada kutipan cerita di atas adalah...
a. Sudut pandang orang pertama pelaku utama
b. Sudut pandang orang pertama pelaku sampingan
c. Sudut pandang orang ketiga pengamat
d. Sudut pandang orang ketiga serba tahu.

Kunci jawaban : d

Pembahasan: 
Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam cerpen di atas disebut sebagai sudut pandang orang ketiga serbatahu. Hal tersebut dibuktikan dengan kalimat: .............Saat perjalanan pulang ia berpikir ‘Rupanya buku ini menyimpan rahasia untukku. Mungkin di dalamnya ada sesuatu petunjuk yang baik’............. Dalam kutipan teks cerpen ini pengarang bukan hanya menjelaskan gerak-gerik tokohnya (secara fisik), tetapi juga mengetahui apa yang dipikirkan, direnungkan, atau dibayangkan oleh tokoh dalam cerita. Itu sebabnya pengarang disebut sebagai serta tahu.

Rekomendasi Buku Kumpulan Cerpen

Latihan Soal

Pilihlah salah satu jawaban yang tepat!
1. Menyaksikan guyuran dari bawah lindungan halte bus, aku merasa tak berdaya. Aku hanya bisa memandang entah apa, tanpa pernah berbuat lain kecuali diam. Jauh di atas sana, langit kelabu, bertanda hujan akan cukup betah menyaksikanku. Andai aku tadi tidak terlambat, aku pasti sudah di bus bahkan mungkin sudah tidur nyenyak di kamar.

Sudut pandang yang digunakan pengarang pada kutipan cerita di atas adalah...
a.    Orang ketiga
b.    Orang ketiga pengamat
c.    Orang pertama pelaku utama
d.    Orang pertama bukan pelaku utama

2. Pagi-pagi kesokan harinya, sebelum matahari terbit, Ni Negari telah bangun dan bekerja menyediakan kopi. Di bilik tempat tidurnya tidak kedapatan Ni Luh Sukreni, cuma I Gusti Made Tusan sudah terbangun dan berakaian pula.
“Berapa kali ia mandi,” kata Ni Negari dalam hatinya.

Sudut pandang yang digunakan dalam penggalan cerpen di atas adalah...
a.    Pertama pelaku utama
b.    Pertama pelaku sampingan
c.    Ketiga pelaku sampingan
d.    Ketiga serba tahu

3. Cermati penggalan cerpen berikut!
Pemandangan kamar Yuli cukup indah. Hiasan dinding dan poster-poster dipasang menarik. Tempat tidur selalu dibersihkan dan tertata rapi. Di samping tempat tidur, terdapat meja belajar yang diberi hiasan keramik. Setiap pagi pintu kamar selalu dibuka sehingga udara segar masuk ke kamar, membuat suasana kamar sejuk.

Sudut pandang pengarang cuplikan cerita tersebut adalah...
a.    Orang pertama pelaku utama
b.    Orang pertama pelaku sampingan
c.    Orang ketiga sebagai pengamat
d.    Orang ketiga serba tahu.

4. Memang sayang sekali ia tidak melanjutkan studinya. Namaun, aku tidak dapat memaksanya. Aku hanya seorang teman dekatnya. Kamipun berpisah. Cukup lama pula kami berjauhan satu sama lain. Apalagi ia jarang menulis surat. Namun sayup-sayup, aku masih dengar juga berita tentang dia dari teman-teman yang lain.

Sudut pandang pengarang dalam kutipan cerpen tersebut adalah...
a.    Orang pertama pelaku utama
b.    Orang pertama pelaku sampingan
c.    Orang ketiga serba tahu
d.    Orang ketiga sebagai pengamat

5. Malin Kundang sejak kecil telah ditinggalkan ayahnya. Dengan kasih sayang, ia diasuh oleh ibunya. Setelah besar, atas izin dan doa restu ibunya, ia pergi merantau.

Sudut pandang pengarang pada cuplikan cerita tersebut adalah...
a.    Orang ketiga di dalam cerita
b.    Orang ketiga di luar cerita
c.    Orang pertama pelaku utama
d.    Orang pertama pelaku sampingan

6. Bacalah kutipan cerpen berikut!
....
“Ah, masa iya aku tak bisa memberi hadiah untuk Tommy, temanku!” Gumam Andi seraya bangkit dari tempat pembaringan. Ia beranjak menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu tidur dan digantikan dengan lampu belajar. Ia mengambil secarik kertas, pensil, dan spidol warna-warni. Tangannya mulai mencoret-coret. Kini ada senyum menghiasi bibirnya. “Besok pagi, aku sudah punya hadiah untuk Tommy.”
....
Sudut pandang dalam penggalan cerpen tersebut adalah...
a.    Orang pertama pelaku  utama
b.    Orang kedua pelaku utama
c.    Orang ketiga serba tahu
d.    Orang ketiga pelaku utama

KUNCI JAWABAN: 1) C, 2) D, 3) C, 4) B, 5) B, 6) C
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

7 comments for "Contoh Soal tentang Sudut Pandang + Kunci Jawaban"

  1. terima kasih ilmunya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Terima kasih soal sudut pandangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  3. terima kasih untuk materi soalnya. sangat membantu.

    ReplyDelete