Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lelaki di Ujung Sunyi (Antologi Cerpen Abduh Sempana)

Judul       : Lelaki di Ujung Sunyi
Penulis    : Abduh Sempana
Penerbit  : Edu Publisher, 2020
ISBN        : 978-623-7640-29-5
Tebal       : 191 halaman

Sekilas Tentang Isi Buku

Secara umum kumpulan cerpen “Lelaki di Ujung Sunyi” mengangkat tema kehidupan sehari-hari.  Mulai dari masalah jemuran (Pria yang Takut dengan Tali Jemuran), masalah rumah tangga (Mertua Palsu), masalah sosial (Menolong Orang yang Tak Mau Ditolong), masalah cinta kasih (Jilbab Panjang Kanzha), dan masalah-masalah kehidupan lainnya.


Sebagian besar cerita dalam kumpulan cerpen “Lelaki di Ujung Sunyi” mentranspormasi hiruk-pikuk kehidupan di perdesaan atau kehidupan tokoh-tokoh dalam golongan kecil menengah. Misalnya tokoh-tokoh dalam Guru Udin, Orang-Orang Minta Puisi, Guru Muda Itu Marah-Marah adalah cerpen-cerpen yang mengisakan tentang kehidupan seorang guru di perdesaan.

Begitu pula tokoh-tokoh dalam WC Umum, Sumur, Mau Beli Piano, dan Mau Ke Luar Negeri dihiasi dengan karakter-karakter wong cilik.

Konsep naskah dengan cerita yang berlatar perdesaan tentu memiliki keindahan tersendiri, sehingga deskripsi tokoh maupun latar perdesaan yang menarik akan memperkuat cerita di benak pembaca . Pesan yang ingin disampaikan pun diharapkan lebih mudah dicerna oleh pembaca.

Melalui kisah dalam antologi ini penulis juga menuangkan ide-ide kreatif tentang kehidupan yang bisa dijadikan hiburan sekaligus memperoleh khazanah, karena masing-masing cerita di dalamnya menyisipkan pesan moral tentang kesabaran, tolong menolong, kegigihan, saling menghargai, dan lain sebagainya.

Misalnya pada cerpen “Lomak Lompe” yang memperkenalkan kebiasaan lama orang Sasak yang jarang diketahui oleh orang-orang. Kemudian dari situ penulis menitipkan pesan tentang berpikir positif terhadap setiap kejadian yang menimpa sesama.

Begitu pula kisah-kisah dalam cerpen lainnya di dalam buku ini banyak mengandung pesan-pesan yang cocok dibaca di sela-sela kesibukan.

Untuk memperoleh langsung manfaat buku ini, Anda bisa mendapatkannya dalam bentuk buku digital, silakan klik di SINI
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Lelaki di Ujung Sunyi (Antologi Cerpen Abduh Sempana)"