Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh RPP Daring | Materi Teks Puisi Kelas VIII

Contoh RPP Daring | Materi Teks Puisi Kelas VIII | Selamat datang di blog basindon, kali ini kami akan membagikan contoh RPP Daring (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Dalam Jaringan/Online) yang sebetulnya juga kami ambil dari berbagai sumber. Semoga contoh RPP Daring ini bermanfaat, setidaknya sebagai bahan acuan.


Mengingat kondisi pendidikan di tanah air masih belum sepenuhnya bisa normal akibat Copid-19, maka perlunya para pendidik untuk berkreasi dan berinovasi terkait metode dan teknis pembelajaran.  

Lihat dan unduh juga: 
Ada pun cara belajar yang paling tepat pada masa pandemi ini adalah tentunya melalui daring atau online. Hal tersebut juga sesuai dengan arahan menteri pendidikan pada Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Tahun Ajaran Baru 2020-2021

Karena belajarnya melalui daring maka untuk menyesuaikan admistrasi guru pun berubah konsepnya menjadi konsep daring, misalnya RPP daring seperti yang akan dibagikan pada contoh berikut ini.

Lihat juga
Contoh RPP Satu Halaman (Kelas VIII : Materi Unsur-Unsur Teks Berita)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah :
Jenjang/Kelas : SMP/VIII
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Topik : Indahnya Berpuisi

A. Tujuan Pembelajaran
1. Murid mampu menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi bertemakan lingkungan hidup dan kondisi sosial sekitar tempat tinggal berdasarkan teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca.

B. Aktivitas Pembelajaran
1. Aktivitas awal
  • Melakukan absensi online di Whatsapp group kelas, murid menjawab absen dengan mengirim emoticon senyum.
  • Guru meminta kepada semua murid untuk membuka akun google classroom masing- masing.
2. Kegiatan Inti
  • Murid membaca teks puisi bertemakan lingkungan hidup yang di share oleh guru di Google Classroom selama 10 menit.
  • Melalui aplikasi Whatsapp group kelas, guru bertanya apakah semua murid sudah selesai membaca teks puisi tersebut.
  • Guru menjelaskan Unsur-unsur pembentuk teks puisi kepada murid, kemudian guru meminta murid untuk menyebut ulang apa saja Unsur-unsur pembentuk teks puisi yang baru saja dijelaskan.
  • Murid diminta untuk membacakan puisi tersebut dan menjelaskan Unsur-unsur pembentuk teks puisi yang telah dibaca, melalui Forum Google Clasroom.
  • Guru membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan dengan memberi kesempatan untuk bertanya dan diskusi.
  • Setiap kali murid selesai membacakan puisi dan menjelaskan unsur-unsur pembentuk puisi, guru memberikan emoticon jempol bagi murid tersebut.
  • Selagi salah seorang murid membacakan penjelasan tentang unsur-unsur pembentuk puisi, murid yang lain memperhatikan dan membandingkan serta mencermati unsur- unsur pembentuk puisi hasil kerja mereka.
  • Murid ditugaskan untuk membuat puisi bertemakan lingkungan sekitarnya, lalu membacakannya dan mempublikasikannya melalui media dengan memilih media: video (membuat vlog), video tiktok, atau hanya berupa audio (pesan suara), dengan memasukkan unsur-unsur pembentuk puisi pada saat membacakan puisi karyanya di dalam media yang dipilih (video maupun audio).
  • Murid mengunggah tugas tersebut ke chanel youtube miliknya atau media sosial lainnya. Murid yang lain diminta memberikan komentar disetiap unggahan tersebut.
3. Kegiatan Penutup
  • Guru bersama murid menyimpulkan hasil pembelajaran
  • Murid melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan dari guru mengenai unsur-unsur pembentuk puisi pada contoh puisi bertemakan lingkungan yang di share di goggle clasroom.
  • Guru memberikan penguatan nilai karakter tentang puisi bertemakan lingkungan hidup yang dapat memotivasi murid dalam kehidupan sehari-hari khususnya di lingkungan sekitarnya.
  • Murid-murid diminta saling mengirimkan emoticon lambaian tangan di whatsapp group kelas, guru mengakhiri pembelajaran dengan menutup pelajaran dan memberitahukan materi ajar selanjutnya.

C. Penilaian Pembelajaran
1. Sikap: Kolaborasi menggunakan Whatsapp dan Google Clasroom, rasa ingin tahu,  tanggung jawab akan tugas, kreatifitas
2. Pengetahuan: Unsur-unsur pembangun teks puisi
3. Keterampilan: presentasi kegiatan menulis puisi dan membacakan teks puisi bertemakan lingkungan hidup dalam format video atau audio. Kriteria penilaian : Artikulasi (lafal pengucapan) harus jelas, intonasi dan jeda dilakukan dengan baik, dan kelancaran serta percaya diri.

............., ............20....
Guru Mata Pelajaran,


(...............................)

Mengetahui
Kepala Sekolah,


(...............................)
Silakan Unduh Contoh RPP Daring | Materi Teks Puisi Kelas VIII
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Contoh RPP Daring | Materi Teks Puisi Kelas VIII "