Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh RPP Satu Halaman Materi Cerita Inspiratif Kelas 7 (Daring)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Pembuat : .................
Nama Sekolah : ....................
Email : ...................
Jenjang/Kelas : SMP/VII
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Topik : Cerita Inspiratif
------------------------------------------

A. Tujuan Pembelajaran
1. Murid mampu menceritakan kembali cerita inspiratif yang dibacanya dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar serta sesuai dengan struktur retorika teks cerita inspiratif.

B. Aktivitas Pembelajaran
1. Aktivitas awal

  • Menyapa murid dan melakukan absensi online di Whatsapp group kelas, murid menjawab absen dengan mengirim emoticon tunjuk jari
  • Pendidik meminta kepada semua murid untuk membuka akun google classroom masing- masing.
2. Kegiatan Inti
  • Murid membaca teks cerita inspiratif yang di share oleh guru di google classroom selama 15 menit.
  • Pendidik bertanya kepada murid melalui aplikasi Whatsapp group kelas apakah semua murid sudah selesai membaca teks cerita inspiratif tersebut.
  • Pendidik menjelaskan struktur retorika teks cerita inspiratif kepada murid, kemudian guru meminta murid untuk menyebut ulang apa saja struktur retorika yang harus ada pada setiap teks cerita inspiratif.
  • Murid diminta untuk menceritakan kembali teks inspiratif yang telah dibaca dengan bahasa mereka sendiri dan menjelaskan struktur retorika yang terdapat pada teks cerita inspiratif yang telah dibaca, melalui Forum Google Clasroom.
  • Pendidik membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan.
  • Pendidik memberikan emoticon jempol dan tepuk tangan bagi murid yang mengirim cerita dan penjelasannya 5 orang tercepat.
  • Pendidik mengoreksi cerita setiap murid dan memberikan penguatan terhadap penjelasan para murid.
  • Murid yang lain memperhatikan dan membandingkan serta mencermati struktur retorika hasil kerja mereka.
  • Murid ditugaskan untuk menceritakan ulang cerita inspiratif yang dibacanya dengan memilih media video (membuat vlog), video tiktok, atau hanya berupa audio (pesan suara), dengan memasukkan struktur retorika cerita teks inspiratif pada saat bercerita di dalam media yang dipilih (video maupun audio).
  • Murid mengunggah tugas tersebut ke chanel youtube miliknya atau media sosial lainnya.
  • Murid yang lain diminta memberikan komentar disetiap unggahan tersebut.
3. Kegiatan Penutup
  • Pendidik bersama murid menyimpulkan hasil pembelajaran
  • Pendidik bersama murid melakukan refleksi dengan menanyakan struktur retorika apa saja yang terdapat pada teks cerita inspiratif yang di share di goggle clasroom.
  • Pendidik memberikan penguatan nilai karakter tentang cerita inspiratif yang dapat memotivasi murid dalam kehidupan sehari-hari khususnya di lingkungan sekitarnya.
  • Pendidik dan murid mengakhiri pembelajaran dengan menutup pelajaran dan memberitahukan materi ajar selanjutnya.
  C. Penilaian Pembelajaran
  1. Sikap: Kolaborasi menggunakan Whatsapp dan Google Clasroom, rasa ingin tahu,  tanggung jawab akan tugas, kreatifitas
  2. Pengetahuan: Struktur retorika teks cerita inspiratif
  3. Keterampilan: presentasi kegiatan bercerita dan menjelaskan struktur retorika teks cerita dalam format video atau audio. Kriteria penilaian : artikulasi (lafal pengucapan) harus jelas, intonasi dan jeda dilakukan dengan baik, dan kelancaran serta percaya diri.

Silakan UNDUH Contoh RPP Satu Halaman Materi Cerita Inspiratif Kelas 7 (Daring)
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Contoh RPP Satu Halaman Materi Cerita Inspiratif Kelas 7 (Daring)"