Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Resensi Buku + Kunci Jawaban

Resensi adalah pertimbangan atau perbincangan buku. Lihat pembahasan Menulis Resensi Buku PengetahuanBerikut ini kami sajikan soal tentang resensi buku pengentahuan lengkap dengan kunci jawabannya. Soal-soal tentang resensi lainnya dapat juga dilihat pada Contoh Soal Resensi. 

Lihat juga: Soal Teks Ulasan

Contoh Soal Resensi Buku Fiksi

1. Perhatikan data buku berikut:
Judul        : Lelaki di Ujung Sunyi 
Penulis     : Abduh Sempana
Penerbit   : Edu Publisher
Tahun      : 2020
ISBN        : 978-623-7640-29-5
Tebal       : 191 halaman

Sekilas tentang isi buku:
Secara umum kumpulan cerpen “Lelaki di Ujung Sunyi” mengangkat tema kehidupan sehari-hari.  Mulai dari masalah jemuran (Pria yang Takut dengan Tali Jemuran), masalah rumah tangga (Mertua Palsu), masalah sosial (Menolong Orang yang Tak Mau Ditolong), masalah cinta kasih (Jilbab Panjang Kanzha), dan masalah-masalah kehidupan lainnya.

Melalui kisah dalam antologi ini penulis menuangkan ide-ide kreatif tentang kehidupan yang bisa dijadikan hiburan sekaligus memperoleh khazanah, karena masing-masing cerita di dalamnya menyisipkan pesan moral tentang kesabaran, tolong menolong, kegigihan, saling menghargai, dan lain sebagainya.

Pernyataan yang sesuai dengan data buku di atas adalah ....
A. Lelaki di Ujung Sunyi adalah kumpulan cerpen yang ditulis oleh Abdu Sempana dan terbit pertama kali tahun 2020 dengan mengangkat tema kehidupan seseorang.

B. Abduh Sempana menulis buku kumpulan cerpen yang berjudul "Lelaki di Ujung Sunyi" dan diterbitkan oleh Edu Publisher pada tahun 2020 dengan tebal 191 halaman. Dalam buku tersebut penulis menuangkan ide kreatifnya tentang kehidupan yang dapat menjadi hiburan. Penulis juga menyisipkan pesan moral tentang kesabaran, tolong menolong, kegigihan, saling menghargai, dan lain sebagainya.

C. Abduh Sempana menulis buku kumpulan cerpen yang berjudul "Lelaki di Ujung Sunyi" dan diterbitkan oleh Edu Publisher pada tahun 2021 dengan tebal 190 halaman. Buku ini mengangkat tema kehidupan sehari-hari para tokohnya.

D. Lelaki di Ujung Sunyi adalah kumpulan cerpen yang ditulis oleh Abdu Sempana dan terbit pertama kali tahun 2020 oleh Edu Publisher. Dalam buku ini penulis mengangkat ide cerita tentang kehidupan sehari-hari seorang tokoh dengan menyisipkan pesan moral tentang kesabaran, tolong menolong, kegigihan, saling menghargai, dan lain sebagainya.

2. Perhatikan data buku berikut:

(1) Judul buku: Rapijali
Pengarang: Dee Lestari
Penerbit: Bentang Pustaka
Tanggal Terbit: 24 Februari 2021
ISBN: 9786022917724
Tebal halaman: 368 halaman
Lebar: 13.5 cm
Panjang: 20.0 cm
Berat: 0.22 kg

(2) Ping merasa telah memiliki segala yang ia butuhkan. Dunianya yang damai di Pantai Batu Karas, rumahnya yang penuh alat musik di tepi Sungai Cijulang, seorang sahabat terbaik, serta kakek yang menyayanginya. Namun, diam-diam Ping menyimpan kegelisahan tentang masa depannya yang buram. Bakat musiknya yang istimewa tidak memiliki wadah, dan ia tidak berani bercita-cita.Hidup Ping jungkir balik ketika ia harus pindah ke Jakarta dan tinggal bersama keluarga calon gubernur. Ping mesti menghadapi sekolah baru, kawan-kawan baru, dan tantangan baru. Mungkinkah ia menemukan apa yang hilang selama ini? Dan apakah Ping siap dengan yang ia temukan, bahwa hidupnya ternyata tidak sesederhana yang ia duga.

(3) Isi dari cerita Rapijali berlatar belakang seorang anak yang sedang menikmati pengalaman baru untuk mengikuti tren kekinian seperti mempunyai media sosial, smartphone, mengikuti ajang pencarian bakat. Kita akan berkenalan lebih jauh dengan dunia Ping. Ada Oding sahabatnya sejak kecil, yang jago surfing, Mang Acep Mulyana  dan Bu Lilis Sudrajat –orangtua Oding- serta beberapa rekan satu band Kakeknya.

(4)  Kabarnya buku ini akan ada seri lanjutannya, kisah yang tertuang cukup menarik sebagai hiburan untuk anak muda yang doyan dengan dunia musisi. (5) Konflik yang diceritakan sangatlah halus.

Sinopsis buku ditunjukkan dengan nomor .....
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)

Contoh Soal Resensi Buku Ilmu Pengetahuan
1. Perhatikan data buku berikut.

Identitas Buku :
Pengarang: Mark Manson
Penerbit: Gramedia Widiasarana Indonesia
Tanggal Terbit: 20 Februari 2005
ISBN: 9786024526986
Tebal halaman: 256 halaman
Lebar: 14.0 cm
Panjang: 21.0 cm

(1) “Apapun masalahnya, konsepnya sama: selesaikan masalah, lalu berbahagialah. Sayangnya bagi banyak orang, rasanya hidup tidak sesederhana itu. Itu karena mereka menghadapi masalah dengan paling tidak satu dari dua cara berikut: penyangkalan atau mentalitas korban” (hal 37)

(2) Buku ini menceritakan seorang Charles Bukowski seorang pecandu alkohol senang bermain perempuan,penjudi kronis,kasar, kikir,dan tukang utang.Ia bercita-cita menjadi seorang penulis. Karya Bukowski selalu ditolak oleh hampir setiap majalah, tetapi hal tersebut tidak membuatnya menyerah ia tetap menulis dan membuat puisi. Sehingga dengan pengalamannya ia memiliki sikap bodo amat

(3) Melalui karakter tokoh Charles Bukowski yang kuat dan gigih, kita mendapat makna tersendiri untuk bersikap cuek, dan tetap bahagia menatap masalah yang sedang dialami

(4) Meskipun judulnya seolah memberi kesan tentang kiat-kiat cuek, tapi ternyata tidak cuek disini menggambarkan seorang pejuang yang meraih impian dengan segala rintangan.

Kelebihan buku terdapat pada paragraf nomor .....
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)

2. Perhatikan data buku berikut!
Judul
:
Akhlak Mulia bagi Remaja
Penulis
:
Agus Sulaiman
Penerbit
:
PT Pijar
Cetak
:
Pertama tahun 2010 Bekasi
Keunggulan
:
Penyampaian masalah yang kompleks dengan bahasa yang sederhana dan tata letak yang baik.
Kelemahan
:
Ada beberapa contoh studi kasus yang tidak sesuai dengan kehidupan ramaja.

Paragraf yang sesuai
data tersebut adalah ...
A. Buku karya sulaiman ini cukup berhasil menyampaikan persoalan remaja. Sebenarnya persoalannya cukup kompleks. Namun, karena dikemas dengan bahasa sederhana dan didukung dengan tata letak yang baik, buku ini menjadi menarik. Walaupun masih ada contoh yang menyimpang, tetapi buku ini layak dibaca para pembaca.

B. PT Pijar sering menerbitkan buku-buku remaja bermutu. Salah satunya buku Akhlak Mulia bagi Remaja. Buku tersebut menyampaikan contoh-contoh kasus yang sesuai dengan kehidupan remaja. Bahasanya pun sederhana cocok dan sesuai dengan bahasa remaja.

C. Buku yang dicetak pertama kali tahun 2010 sudah habis terjual. Ini menunjukkan anak remaja harus akan baca yang berkenaan dengan pergaulan meskipun ada beberapa contoh kasus yang tidak sesuai, ini tidak mengurangi antusias remaja untuk membacanya.

D. Agus Sulaiman seorang pemerhati kehidupan remaja. Dia begitu piawai menyampaikan tip-tip untuk remaja, sehingga sayang jika remaja tidak memiliki buku ini. Buku ini layak dibaca.

3. Perhatikan data buku berikut!
Judul            : Mengarang, Apa Susahnya?
Pengarang    : Saya Harto
Penerbit       : Pustaka Cahaya
Tahun terbit  : 2015
Tebal           : 180 halaman
Kelebihan    : Mampu menyajikan ide-ide kreatif dan motivasi dalam proses belajar mengarang
Kekurangan : Buku tersebut terkesan mahal

Paragraf yang tepat berdasarkan buku tersebut adalah ....
A. Buku ini telah menjadi pedoman awal bagi orang yang ingin belajar. Ada beberapa teori yang menjadi acuan dalam mengarang bisa gampang.

B. Buku setebal 180 halaman  ini sangat baik sebagai acuan dalam mengarang. Tiap bagiannya pun dijelaskan dengan baik.

C. Buku setebal 180 halaman ini sangat baik sebagai acuan dalam mengarang. Tiap bagiannya pun dijelaskan dengan baik. Idenya kreatif, tapi harganya mahal.

D. Buku setebal 180 halaman ini sangat baik. Ide-ide kreatif dan motivasi dalam proses belajar mengarang disajikan dengan baik pula. Sayangnya, buku ini terkesan mahal.

4. Perhatikan data buku berikut!
Judul buku      : Mengenal Tanaman Obat Nusantara
Penulis            : Dani Hamdani
Penerbit          : Panca Anugerah Sakti
Tebal               : 72 Halaman
Keunggulan    : Memaparkan 50 jenis tanaman obat nusantara yang berkhasiat dan berguna untuk mengobati berbagai macam penyakit.
Kelemahan      : Tidak dijelaskan cara meracik hingga menjadi obat tradisional.

Paragraf resensi yang tepat berdasarkan data  buku tersebut ialah ...
A. Buku yang berjudul "Mengenal Tanaman Obat Nusantara" karya Dani Hamdani ini sangat cocok dimiliki pelajar. Buku ini menjelaskan 50 jenis tanaman obat dan khasiatnya, hanya tidak diceritakan cara meraciknya menjadi obat.

B. Buku yang berjudul "Mengenal Tanaman Obat Nusantara" ini tidak terlalu bagus karena hanya 72 halaman dan tidak memaparkan/menjelaskan cara meracik tanaman menjadi obat.

C. Buku yang ditulis oleh Dani Hamdani ini masih perlu dipertimbangkan peredarannya karena menjelaskan apa-apa tentang tanaman obat. Selain itu juga terlalu tipis dan tidak menjelaskna.

D. Memaparkan 50 jenis tanaman obat, walaupun tidak menjelaskan cara menjadi obat. Setidaknya itulah yang dapat saya peroleh dari sebuah buku yang berjudul "Mengenal Tanaman Obat Nusantara".

5. Perhatikan data buku berikut!
Judul            : Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara
Penulis         : Rahmi Fitriani
Keunggulan : Isi buku ini menjelaskan tentang keanekaragaman kerajinan Nusantara. Bahasanya mudah dipahami. Sampul berwarna-warni disertai gambar.
Kelemahan   : Halaman buku ini terlalu sedikit sehingga tidak terlalu lengkap uraiannya.

Paragraf resensi yang tepat adalah ...
A. Buku berjudul Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara ini sangat bagus dan banyak manfaatnya buat Anda. Karena dengan mudah Anda dapat mengenali produk-produk dari berbagai daerah.

B. Buku Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara karya Rahmi Fitriani dengan sampul yang berwarna-warni perlu Anda beli sebagai koleksi. Buku ini tidak membosankan. Gambarnya sangat bagus.

C. Buku Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara dengan warna sampul berwarna-warni dan bahasanya mudah dipahami, layak Anda miliki. Anda dapat dengan mudah mengenali keanekaragaman kerajinan Nusantara, namun tidak terlalu lengkap uraiannya.

D. Buku Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara perlu anda miliki sebagai koleksi. Isinya sangat lengkap, gambarnya bagus, dan bahasanya tidak membosankan. Marilah kita membeli buku ini di toko buku.

6. Perhatikan data buku berikut!
Judul           : Sejarah Gelap Para Raja dan Ratu Eropa
Penulis        : Brenda Ralph Lewis
Penerbit       : PT Elex Media Media Komputinda
Keunggulan : Menggunakan jenis kertas yang berkualitas, gambar dan ilustrasi menarik
Kelemahan  : Urutannya tidak sistematis

Paragraf resensi sesuai data tersebut adalah ...
A. Buku ini banyak mengungkap fakta kehidupan Raja dan Ratu Eropa. Buku setebal 500 halaman sudah banyak dibaca orang. Buku ini dicetak dengan menggunakan kertas berkualitas. Sayang ilustrasinya kurang menarik.

B. Brenda Ralph Lewis ahli sejarah, khusus sejarah Eropa. Beliau banyak menulis kehidupan seputar istana. Buku ini dicetak dengan menggunakan kertas berkualitas. Sayang ilustrasinya kurang menarik.

C. Buku ini disajikan dengan gambar dan ilustrasi yang tidak membosankan. Kertas yang digunakannya pun berkualitas baik. Brenda memang pakar sejarah Eropa handal. Meski urutannya tidak sistematis, buku ini tetap layak dibaca.

D. Banyak buku yang mengungkapkan raja dana ratu Eropa. Namun buku ini lebih detail dan mendalam. Inilah salah satu kelebihan buku ini. Namun buku ini tidak disertai gambar dan ilustrasi yang mendukung isi.

7. Perhatikan data buku berikut!
Judul buku : Gunung Meletus dan Antisipasinya
Pengarang : Dewayani C. Tiyas
Penerbit : CV. Aneka Ilmu Demak, 2208
Kelebihan : pembahasan sangat menarik
Kekurangan : ada beberapa gambar sulit dimengerti

Paragraf resensi yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah ...
A. Buku ini mendeskripsikan seluk beluk gunung berapi. Kita diajak untuk memahami gunung meletus dan antisipasinya.

B. Meskipun ada beberapa gambar yang sulit dimengerti, buku tulisan Dewayani C. Tiyas ini layak dibaca. Pembahasan tentang gunung meletus disajikan secara menarik.

C. Buku yang ditulis oleh Dewayani C. Tiyas ini layak untuk dibaca. Selain gambar yang menarik, bahasanya mudah dipahami.

D. Buku setebal 60 halaman ini membahas gunung meletus dengan menarik. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan gambar yang jelas.

8. Perhatikan data buku berikut!
Judul : Jejak Sang Pencerah
Penulis  : Didik L. Hariri
Penerbit : Best Media Utama
Cetakan : Pertama, Juli 2010
Tebal : 278 halaman

Keunggulan :
- Penggambaran realita kehidupan KH. Ahmad Dahlan mengesankan
- Bahasanya mudah dipahami
- Penyajiannya yang lancar dan enak dibaca
Kelemahan :
- Keterangannya terlalu panjang
- Jarak antara paragraf jauh
- Menjemukan

Paragraf resensi sesuai data-data tersebut adalah ...
A. Membaca biografi dari KH. Ahmad Dahlan ini, seolah-olah pembaca bisa melihat realita kehidupan beliau. Penyajian yang lancar dan enak dibaca. 3. Namun sayang keterangannya terlalu panjang dan jarak antara paragraf jauh sehingga menjemukan. Walaupun begitu, buku ini tetap layak untuk dibaca.

B. Membaca buku karya Didik L. Hariri tentang KH. Ahmad Dahlan ini membuat pembaca seolah-olah bisa melihat realita kehidupan beliau. Penyajian yang lancar dan bahasanya yang mudah dipahami dan enak dibaca.

C. Buku Sang Pencerah ini menyajikan penggambaran realita kehidupan beliau dan disajikan secara lancar agak enak dibaca. Namun sayangnya jarak paragraf cukup jauh sehingga keterangannya jadi begitu panjang dan membosankan.

D. Buku karya Didik L. Hariri dengan tebal 278 ini mampu mengajak pembaca untuk melihat realita kehidupan KH. Ahmad Dahlan yang mengesankan dan enak dibaca karena mudah dipahami. Namun sayang keterangannya panjang dan menjemukan.

9. Perhatikan data buku berikut!
Judul : Berguru Sukses pada Para Motivator Dunia
Penulis : Eltaris Nestari
Penerbit : Pinang Merah Publisher
Tebal Buku : 125 halaman

Keunggulan :
- Memotivasi supaya hidup menjadi sukses
- Menceritaka kisah orang-orang sukses
- Bahasa mudah dipahami
Kelemahan :
- Sampul bukunya terlalu tipis
- Ilustrasi gambarnya kurang

Paragraf resensi yang tepat berdasakan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Buku ini memotivasi pembaca supaya hidup menjadi sukses. Selain itu, juga dilengkapi dengan kisah orang-orang sukses. Bahasa yang digunakan mudah dipahami.  Hanya sayang, sampul bukunya sangat tipis dan ilustrasi gambarnya kurang, meskipun begitu buku ini layak dibaca.

B. Tujuan penulis buku ini ingin membuat pembaca termotivasi untuk meraih kehidupan yang sukses di masa depan. Siapan pun yang membaca buku ini akan termotivasi karena buku ini dilengkapi kisah orang-orang yang sukses di bidangnya.

C. Pembaca digiring untuk mencapai kehidupan yang sukses. Buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar menarik. Hanya sangat disayangkan, penggunaan bahasanya berbelit-belit sehingga sulit dipahami pembaca.

D. Buku ini secara garis besar menjelaskan bagaiman menjadi orang yang sukses dalam kehidupan. Buku ini sangat disarankan dibaca oleh mereka yang ingin hidup sukses. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar.


Kunci contoh soal resensi buku fiksi: 
1) B, 2) C

Kunci contoh soal resensi buku pengetahuan: 
1) C, 2) A, 3) D, 4) A, 5) C, 6) C, 7) B, 8) A, 9) A
Rekomendasi buku terbaru (pdf)
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Contoh Soal Resensi Buku + Kunci Jawaban"