Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Menyimpulkan Berita

Contoh Soal Menyimpulkan Berita
1. Bacala teks berita berikut ini!
Jumlah kerusakan dan kerugian yang diakibatkan oleh gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) terus bertambah. Sebelumnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi kerusakan dan kerugian mencapai Rp 7,45 triliun, sekarang bertambah menjadi Rp 8,8 triliun. "Kita sudah melakukan kaji kebutuhan pasca bencana. Kita cek berapa besar kerugian. Untuk sementara kita memperoleh nilai Rp 8,8 triliunan untuk kerusakan dan kerugian," kata Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Harmensyah di Jakarta, Senin (27/8/2018).

Kesimpulan berita di atas adalah ....
A. BNPB memprediksi kerugian akibat gemba di Lombok
B. Kerugian akibat gempa di Lombok mencapai Rp 7,45 triliun
C. Total jumlah kerugian akibat gempa
D. Jumlah kerusakan dan kerugian akibat gempa di Lombok terus bertambah

2. Bacalah teks berita berikut!
Ratiyono, selaku Kadis Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta mengutarakan, bonus untuk para atlet DKI Jakarta yang meraih medali di Asian Games 2018 diperkirakan cair pada Oktober mendatang. Bonus itu akan cair tepatnya usai peraturan daerah (perda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2018 disahkan. "Penyerahannya setelah uangnya ada, setelah perdanya jadi. Kalau perdanya bisa jadi di September, ya (penyerahan bonus) awal Oktober. Tapi kalau perdanya selesainya di awal Oktober, ya akhir Oktober," ujar Ratiyono.

Kesimpulan kutipan berita di atas adalah ....
A. Bonus atlet cair bulan Oktober
B. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta mencairkan bonus Asian Games
C. Bonus atlet-atlet Asian Games DKI Jakarta akan cair Oktober 2018
D. Bonus atlet Asian Games telah dicairkan.

3. Bacalah teks berita di bawah ini!
Atlet pencak silat berpeluang besar untuk menyumbang medali emas Asian Games 2018 untuk Indonesia. Hal itu terlihat usai delapan pesilat Indonesia menang di babak semifinal  di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Minggu 26 Agustus 2018. Setidaknya sudah ada lima pesilat Indonesia yang memastikan tiket final nomornya masing-masing. Ada Komang Harik Adi Putra di kategori putra kelas E (65kg hingga 70kg), Iqbal Candra Pratama di kategori putra kelas D (60kg hingga 65kg), Abdul Malik di kategori putra kelas B (50kg hingga 55kg), dan Wewey Wita di kategori putri kelas B (50kg hingga 55kg). Serta Monita di kategori putri kelas C (55 kg hingga 60 kg).

Kesimpulan berita di atas adalah ....
A. Lima pesilat Indonesia medapatkan emas
B. Atlet pencak silat berpeluang menyumbang medali emas.
C. Atlet pencak silat mendapat medali emas
D. Medali emas diraih oleh atlet pencak silat


Sumber berita:
1. Kompas.com - 27/08/2018, 19:00 WIB)
2. Kompas.com - 05/09/2018, 11:42 WIB)
3. Pikiran-rakyat.com, 26 Agustus, 2018 - 22:22 WIB)
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Contoh Soal Menyimpulkan Berita"