Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Bahasa Indonesia Kelas VIII K13

Berikut ini dalah Contoh Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Bahasa Indonesia Kelas VIII K13 TP 2020/2021

1. Bacalah kutpan berikut!

Dibandingkan dengan karya sastra sejenis lainnya, novel ini kurang berbobot. Lukisan perwatakan kurang begitu mendalam, jalan ceritanya terkesan mendatar saja, tidak ada hal-hal yang menarik perhatian pembaca.

Penggalan teks ulasan di atas merupakan bagian... 

A. Simpulan teks 

B. Kelemahan teks 

C. Latar teks 

D. Keunggulan teks

semester bahasa indonesia

2. Cermatilah teks berikut

Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia, sederet film asing mengenai lingkungan hidup diputar. Film-film tersebut mengupas berbagai kasus dan kondisi bumi saat ini serta orang-orang pelestari bumi yang penuh inspirasi. Sebagian besar film tersebut menceritakan sosok yang mengabdi secara total kepada alam. Meraka gigih meraat kondisi bumi di lingkungan masing- masing.

Ide pokok teks ulasan tersebut adalah ….

A. Pemutaran film dalam rangka memperingati Hari Bumi

B. Film yang mengupas proses pelestarian lingkungan

C. Film yang menceritakan pengabdian seorang pelestari bumi

D. Cara melestarikan lingkungan yang baik


3. Cermati teks ulasan berikut!

(1) Rindu, karya sastra dari penulis besar, Darwis Tere Liye. (2) Novel Rindu ini diterbitkan pada tahun 2014. (3) Di dalamnya menceritakan tentang perjalanan panjang sebuah kerinduan.(4) Perjalanan kerinduan yang banyak menimbun beban di hati. (5) Mulai dari bagaimana ia menempuh perjalanan dengan dosa yang tak terhitung di masa lalu.(6) Kemudian seseorang yang menempuh perjalanannya dengan penuh kebencian.(7) Sebuah perjalanan yang disebabkan karena dia yang kehilangan cintanya.(8) Latar waktu pada novel menceritakan pada masa pemerintah Hindia Belanda, yaitu saat Belanda masih menjajah Indonesia.

Bagian orientasi pada teks ulasan di atas ditandai dengan nomor ….

A. (1) dan (2)               

B. (3) dan (4)   

C. (5) dan (6)       

D. (7) dan (8)


4. Bacalah teks berikut!

(1) Buku berjudul Tidur Berbantal Koran merupakan autobiografi pengarangnya, yaitu N. Mursidi. Semua pengalaman N. Mursidi mulai menjadi penjaja koran hingga menjadi penulis dan wartawan ibu kota disajikan dengan jelas dalam autobiografi ini. (2) Sampul buku ini cukup menarik. Tulisan disajikan secara mengalir dan diselingi cerita-cerita pengalaman menarik dan lucu. Bahasa yang digunakan pun mudah dicerna. (3) Satu-satunya kritik terhadap buku ini tertuju pada label yang diberikan penerbit. Pada sampul buku ini tertulis “Sebuah Novel”, padahal pada bagian pendahuluan disebutkan autobiografi. (4) Singkatnya, buku ini akan mendorong pembaca untuk tidak menyerah dalam menggapai mimpi walau seribu kesulitan dan tantangan menghadang.

Pernyataan berupa keunggulan buku terdapat pada bagian …. 

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)


5. Bacalah kutipan teks ulasan berikut!

(1) Film ini juga dapat ditonton oleh semua umur karena tidak ada satupun adegan kekerasan atau sensual. (2) Diharapkan di waktu mendatang, semakin banyak produser film Indonesia yang termotivasi untuk membuat film dengan kualitas yang sama, bahkan bisa melebihi film Laskar Pelangi. (3) Film Laskar Pelangi layak disebut sebagai salah satu film terbaik Indonesia sepanjang masa. (4) Meskipun film ini diproduksi pada tahun 2008, Laskar Pelangi masih layak untuk ditonton kapanpun secara berulang-ulang.

Urutan teks tersebut agar menjadi teks ulasan yang baik adalah... 

A. (3)-(4)-(1)-(2)

B. (1)-(4)-(3)-(2)

C. (1)-(2)-(4)-(3)

D. (3)-(1)-(4)-(2)


6. Perhatikan data buku berikut:

Judul        : Lelaki di Ujung Sunyi 

Penulis     : Abduh Sempana

Penerbit   : Edu Publisher

Tahun      : 2020

ISBN        : 978-623-7640-29-5

Tebal       : 191 halaman


Sekilas tentang isi buku:

Secara umum kumpulan cerpen “Lelaki di Ujung Sunyi” mengangkat tema kehidupan sehari-hari.  Mulai dari masalah jemuran (Pria yang Takut dengan Tali Jemuran), masalah rumah tangga (Mertua Palsu), masalah sosial (Menolong Orang yang Tak Mau Ditolong), masalah cinta kasih (Jilbab Panjang Kanzha), dan masalah-masalah kehidupan lainnya.

Melalui kisah dalam antologi ini penulis menuangkan ide-ide kreatif tentang kehidupan yang bisa dijadikan hiburan sekaligus memperoleh khazanah, karena masing-masing cerita di dalamnya menyisipkan pesan moral tentang kesabaran, tolong menolong, kegigihan, saling menghargai, dan lain sebagainya.

Pernyataan yang sesuai dengan data buku di atas adalah ....

A. Lelaki di Ujung Sunyi adalah kumpulan cerpen yang ditulis oleh Abdu Sempana dan terbit pertama kali tahun 2020 dengan mengangkat tema kehidupan seseorang.

B. Abduh Sempana menulis buku kumpulan cerpen yang berjudul "Lelaki di Ujung Sunyi" dan diterbitkan oleh Edu Publisher pada tahun 2020 dengan tebal 191 halaman. Dalam buku tersebut penulis menuangkan ide kreatifnya tentang kehidupan yang dapat menjadi hiburan. Penulis juga menyisipkan pesan moral tentang kesabaran, tolong menolong, kegigihan, saling menghargai, dan lain sebagainya.

C. Abduh Sempana menulis buku kumpulan cerpen yang berjudul "Lelaki di Ujung Sunyi" dan diterbitkan oleh Edu Publisher pada tahun 2021 dengan tebal 190 halaman. Buku ini mengangkat tema kehidupan sehari-hari para tokohnya.

D. Lelaki di Ujung Sunyi adalah kumpulan cerpen yang ditulis oleh Abdu Sempana dan terbit pertama kali tahun 2020 oleh Edu Publisher. Dalam buku ini penulis mengangkat ide cerita tentang kehidupan sehari-hari seorang tokoh dengan menyisipkan pesan moral tentang kesabaran, tolong menolong, kegigihan, saling menghargai, dan lain sebagainya.


7. Bacalah kutipan teks ulasan berikut!

Atheis merupakan salah satu novel terbaik yang memperoleh hadiah tahunan Pemerintah RI tahun 1969. R.J. Maguire menerjemahkan novel ini ke bahasa Inggris tahunn 1972. Sementara itu Sjuman Djaya mengangkatnya ke layar perak tahun 1974 dengan judul yang sama.

Kutipan teks tersebut merupakan teks ulasan bagian …

A. identitas karya

B. orientasi

C. sinopsis

D. analisis


8. Perhatikan teks berikut!

Judul buku : Atheis

Pengarang : Achdiat Karta Miharja

Penerbit : Balai Pustaka

Tahun Terbit : 1949 (cetakan pertama)

Tebal halaman : 232 halaman

Kutipan teks tersebut merupakan teks ulasan bagian …

A. Analisis

B. Sinopsis

C. Orientasi

D. Identitas karya


9. Struktur teks ulasan yang benar berikut ini adalah …

A. Orientasi, Sinopsis, Identitas karya, Analisis, Evaluasi, Rekomendasi

B. Identitas karya, Analisis, Orientasi, Sinopsis, Evaluasi, Rekomendasi

C. Identitas karya, Orientasi, Sinopsis, Analisis, Evaluasi, Rekomendasi

D. Identitas karya, Analisis, Orientasi, Sinopsis, Rekomendasi, Evaluasi


10. Struktur teks ulasan yang berupa ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi novel disebut dengan …

A. Identitas karya

B. Orientasi

C. Sinopsis

D. Analisis


11. Perhatikan teks berikut!

Buku kumpulan puisi berjudul Rumah Penuh Bunga: Kumpulan Puisi untuk Siswa SMP/MTs merupakan jawaban atas kelangkaan antologi puisi untuk anak SMP. […] Buku kumpulan puisi ini akan membuat pembaca akrab dengan puisi. Sayang kualitas cetakan kurang bagus karena hanya memakai kertas buram.

Kalimat berisi keunggulan buku untuk melengkapi teks tersebut adalah …

A. Bahasanya mudah dipahami.

B. Cerita menggunakan alur maju.

C. Banyak kata serapan dari bahasa asing.

D. Tema yang diangkat seputar kehidupan pesantren.


12. Bacalah teks berikut!

Sejak saat itulah pemahaman Hasan tentang agama mulai berubah. Ia mulai meragukan keberadaan Tuhan. Hasan semakin tersesat dari agama. Pergaulannya semakin bebas.

Unsur kebahasaan pada kalimat tersebut adalah ….

A. konjungsi penyebab

B. konjungsi penerang

C. konjungsi temporal

D. kalimat saran


13. Teks yang berisi ajakan atau bujukan yang mendorong seseorang untuk mengikuti harapan atau keinginan-keinginan penulis maruapakan …

A. Teks persuasi

B. Teks ulasan

C. Teks drama

D. Teks eksplanasi


14. Kalimat berikut yang merupakan kalimat persuasi adalah...

A. Kelas kami mengadakan study tour ke Jungle land,Bogor, namun dia memilih untuk tidak ikut.

B. Mengapa kamu tidak mengerjakan tugasnya ?

C. Mari membiasakan membuang sampah pada tempatnya demiterciptanya lingkungan yang bersih dan nyaman.

D. Aku menolak hadir dalam acara tersebut.


15. Bacalah teks berikut dengan cermat!

Demikianlah dampak buruk dari penggunaan internet bagi anak-anak apabila orang tua tidak mengawasinya.

Paragraf diatas merupakan cuplikan teks persuasi bagian….

A. Pengenalan isu

B. Rangkaian argument

C. Penegasan kembali

D. Pernyataan ajakan


16. Bacalah teks berikut!

Banyak situs di internet yang menyediakan berbagai informasi seksualitas dan reproduksi bagi remaja. Cuma kemajuan teknologi termasuk internet, biasanya bagai pisau bermata dua. Dia bisa bersifat sebagai teman alias penyedia informasi yang tepat, tetapi bisa juga sebagai devil advocate, teman yang malah justru menjerumuskan kita ke perbuatan yang tidak baik. Nah! Sekali lagi kita harus berhati-hati sekali dan ekstra waspada dengan situs-situs yang kita kunjungi.

Simpulan paragraph teks persuasi tersebut di atas adalah....

A. Internet memungkinkan kita menemukan semua informasi kebutuhan.

B. Banyak informasi yang bisa diperoleh melalui internet.

C. Internet bisa jadi teman yang baik dan bisa juga menjadi teman yang menjerumuskan.

D. Kita harus bijak dalam menggunakan internet supaya bisa mendapat mamfaat positif.


17. Bacalah teks berikut!

Belajarlah dengan tata cara yang baik yaitu berdoa sebelum belajar dengan niat tulus akan belajar dengan sungguh-sungguh. Pusatkan pikiran ketika belajar.

Isi yang terkandung dalam paragraf persuasi tersebut adalah....

A. Pemberitahuan

B. Penyampaian informasi

C. Himbauan dan ajakan

D. Larangan untuk belajar.


18. Fungsi fakta dalam sebuah teks persuasi adalah ....

A. agar pembaca bisa merasakan, mendengar, dan melihat

B. agar pembaca bisa mengetahui keunggulan dan kelemahan

C. agar bisa mengembangkan imajinasi pembaca

D. agar bisa meyakinkan dan memengaruhi pembaca


19. Struktur teks persuasi adalah…..

A. Pengenalan isu, pernyataan ajakan, rangkaian argumen, penegasan kembali.

B. Pengenalan isu, rangkaian argumen, pernyataan ajakan, penegasan kembali.

C. Pernyataan ajakan, pengenalaan isu, rangkaian argumen, penegasan kembali.

D. Rangkaian argumen, pernyataan ajakan, pengenalan isu, penegasan kembali.


20. Yang termasuk ciri teks persuasi dibawah ini adalah....

A. Bersifat mengajak kepada pendengarnya

B. Kalimat berbentuk dialog

C. Membuat informasi suatu karya

D. Menggunakan kalimat yang imajinatif.


21. Secara tersurat (eksplisit), kalimat persuasif biasanya ditandai oleh kata-kata berikut, kecuali ....

A. harus

B. hendaknya

C. meski

D. jangan


22. Bacalah teks berikut!

Pembangunan kota di Jakarta dan sekitarnya [...] betul-betul mengacu pada peruntukan wilayah. Perusahan lingkungan di wilayah resapan air seperti Puncak dan Bogor juga [...] bisa dihentikan. 

Kata-kata ajakan yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang di atas adalah 

A. harus, harus

B. maka, harus

C. harus , jika

D. maka,  jika


23. Paragraf yang merupakan kutipan teks persuasi adalah ....

A. Grup detektif Tiga Sekawan yang dibentuk Dika memiliki anggota berbeda antara di buku dan di film. Gimmick yang dipakai pun berbeda. Ada kreativitas yang menekankan bahwa humor sebaiknya sambung-sinambung menjadi satu dan karakterisasi sangat penting dalam mewujudkan misi itu.

B. Penyebab seseorang mengalami gangguan pencernaan, antara lain, pola makan tidak teratur. Misalnya, sering terlambat makan, kurang mengonsumsi sayur dan buah, dan kurang memperhatikan gizi makanan. Salah satu upaya menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat, makanlah dengan pola makan sehat dan seimbang.

C. Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke masa awal dewasa. Usia remaja berada pada kisaran usia 10 tahun sampai dengan 21 tahun. Pada masa itu remaja sedang mencari identitas dirinya.

D. Bertepatan dengan Hardiknas, siswa-siswa SMP se-Kalimantan Selatan mengadakan pameran inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se-Kalimantan Selatan. Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur dan pejabat yang terkait dengan acara. Acara ini digunakan sebagai sarana mengekspresikan kreativitas, komunikasi antar sekolah, serta perkembangan Iptek.


24. Bacalah teks berikut!

(1) Sejak terjadinya bencana gempa bumi dan gelombang tsunami itu sering kali bencana tersebut dijadikan sarana untuk memungut uang dari masyarakat. (2) Banyak organisasi atau kelompok orang tak bertanggung jawab meminta sumbangan untuk korban bencana tersebut. (3) Mereka beroperasi di atas bus kota, lampu merah, dan pinggir-pinggir jalan lainnya yang mengatasnamakan dinas sosial. (4) Oleh karena itu, masyarakat harus berhati-hati terhadap ulah oknum tersebut. (5) Kami organisasi Sosial Peduli Kasih, tidak pernah meminta sumbangan dengan cara-cara seperti itu.

Kalimat persuasi dalam kutipan di atas adalah kalimat ke-....

A. (1)

B. (2)

C. (4)

D. (5)


25. Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama kemudian kerjakan dua soal berikut:

Masut : Guru, terima kasih atas ilmu yang guru berikan kepadaku. Apalah artinya diriku andai tidak ada guru.

Guru : Masut, Masut! Kamu harus tahu, meskipun kita mempunyai ilmu hanya sedikit, namun tetap harus diberikan kepada orang lain.

(Istri Masut masuk ke ruangan membawa teh hangat).

Istri Masut : Lebih baik kalau ngobrolnya, sambil minum teh hangat (menyodorkan cangkir)

Guru : Bisa saja istri kamu, Ut.


25. Suasana yang tergambar pada drama tersebut adalah ...

A. santai

B. tegang

C. haru

D. seram


26. Latar tempat kutipan drama tersebut adalah ....

A. rumah guru

B. rumah Masut

C. ruang kerja

D. ruang kelas


Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama kemudian kerjakan dua soal nomor di bawahnya!

Brilian : Sekarang serahkan hp kalian, kami akan minta uang tebusan!!! (mendorong Dimi masuk)

Dimi : Ka …ka ... kami tidak bawa hp (gugup).

Brilian : Periksa kantongnya!!

Timmy : Siap, bos. (memeriksa kantong)

Markus: Ada gak? Ini tempat apa? (matanya melotot)

Timmy : Ruang menyimpan perkakas bekas (sambil meraba kantong si anak). Ini bos, hpnya (mengeluarkan hp N.95).

Markus : Tanyakan nomor hp orang tuanya! Hubungi untuk minta tebusan!

Timmy : Siap, bos!


27. Suasana kutipan drama tersebut adalah ...

A. haru

B. tegang

C. sedih

D. seram


28. Latar kutipan tersebut adalah ...

A. gudang

B. kamar

C. garasi

D. rumah


29. Bacalah kutipan drama berikut!

Inu : “Tenang, Jati. Tidak ada apa-apa!"

Jati : “Enak saja! Senang ya dapat membuat orang lain menangis?"

Inu : “Jati, apakah setiap tangis itu duka?"

Jati : “Tetapi, dia jelas tampak menderita!"

Inu : “Tampak menderita tidak sama dengan nyata-nyata menderita, kan?"

Dikutip dari: Tangis, P. Harianto


Suasana yang tergambar dalam cuplikan drama tersebut adalah…

A. Ketakutan

B. Kekhawatiran

C. kemarahan

D. Kejengkelan


30. Perhatikan kutipan naskah drama berikut!

Rina : Apa-apaan sih? Kok posterku disobek?

(menahan marah)

Aji : […]

Rina : Maaf..maaf enak saja!

Aji : (dengan amat menyesal)

Iya deh, aku ganti postermu. Tapi kamu mau maafin aku kan?

Rina : Ya. Lain kali kamu jangan ceroboh.

Aji : (dengan tersenyum)

Oke, Bos!

Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kutipan drama tersebut adalah...

A. Begitu saja kok kamu marah, Rin.

B. Maafin aku Aji. Aku tidak sengaja.

C. Maafin aku Rina. Aku tidak sengaja.

D. Baiklah aku akan beli yang baru.


31. Bacalah teks berikut!

Suatu ketika , terdapat sebuah kerajaan yang diperintah seorang raja yang bijaksana . Namanya Raja Henry. Raja Henry memiliki seorang anak bernama pangeran Arthur.pada suatu hari datanglah seorang pemuda pengembara. Ia datang ke kerajaan dan menemui pangeran yang sedang melamun di taman istana.

Teks di atas merupakan bagian struktur…

A. Epilog

B. Dialog

C. Prolog

D. Resolusi


32. Perhatiakan kutipan drama berikut!

Copet, copet. (terdengar suara teriakan)

Polisi : He.. berhenti! Door (terdengar suara letusan)

Pencopet : Ampun Pak.

Penumpang : Periksa kantongnya. Hajar saja.

Pencopet : Ampun Pak, saya mencopet karena anak saya sakit.

Polisi : Sekarang ikut saya ke kantor Polisi.

Konflik pada kutipan drama tersebut adalah …

A. Seorang pencopet di periksa  polisi.

B. Seseorang mencopet karena anaknya sakit.

C. Seorang pencopet  yang tertembak polisi.

D. Seorang pencopet yang di bawa ke pos polisi.


33. Bacalah penggalan naskah di bawah ini!

Ibu : Kenapa kamu mencontek lagi? Rani : Tidak, Bu.

Ibu : Jangan bohong saya punya saksi. Rani : …

Ibu : Bagus kamu sudah jujur, sekarang silahkan kamu belajar dulu, setelah itu mengulang tes.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog yang rumpang di atas adalah …

A. Ibu tidak percaya.

B. Ya Bu, saya mengaku. 

C. Tidak mau ah malas.

D. Mencontek itu tidak baik.


34. Perhatikan kutipan drama berikut!

Hendra : Terima kasih , Dik.

Erwin : Sebenarnya, sudah lama aku ingin mengajakmu ke kota, tapi mengingat ibumu masih Sakit, ya ku tunda sampai hari ini.

Hendra : Sekarang ibuku sudah sehat. Kapan kita berangkat?

Erwin : Seminggu lagi? Bagaimana?

Hendra : Baiklah aku nanti minta izin kepada ibu ku dulu.

Isi penggalan drama di atas adalah ….

A. Ibu hendra sedang sakit dan Hendra harus menungu.

B. Erwin ingin mengajak Hendra ke kota.

C. Hendra merasa kecewa karena ibunya sakit.

D. Erwin menengok Hendra karena  ibunya  sakit.


35. Istilah sandiwara diciptakan oleh Mangkunegara VII, berasal dari bahasa Jawa yaitu shandi dan warah yang masing-masing berarti ....

A. rahasia, pengajaran

B. cerita, pelajaran

C. dongeng, pengajaran

D. kode, pemberitahuan


36. pertunjukan serangkaian tarian-tarian yang dilakukan oleh sekelompok orang penari dan mengisahkan suatu cerita dengan tanpa menggunakan percakapan adalah ....

A. Lakon

B. Tonil

C. Sendratari

D. Tablo


37. Di bawah ini yang termasuk buku fiksi adalah….

A. Buku pelajaran

B. Buku biografi

C. Buku kumpulan dongeng

D. Buku ilmiah


38. Cermati kutipan cerita fiksi berikut!

“Mohammad-san inilah rumahku.” Toshihiko berkata ketika kami sampai di depan sebuah rumah kayu yang sederhana. Lalu berteriak, “Ibu! Ibu! Inilah  tamu yang kita tunggu. Lihatlah, seorang Indonesia yang tersesat di kebun anggur Katsunuma. Bukankah ini suatu kehormatan bagi kita?”

Paragraf di atas termasuk teks fiksi karena…

A. Ditinjau dari struktur teks, paragraf  tersebut dibangun berdasarkan unsur-unsur intrinsik.

B. Struktur teks bersifat sistematis berdasarkan fakta yang ada.

C. Narasi dan dialog menggunakan ragam bahasa baku.

D. Penggunaan peribahasa untuk memperjelas atau membandingkan suatu hal.


39. Paragraf yang merupakan teks nonfiksi adalah…

A. Nurhayati Sri Handini Siti Nukatin atau yang lebih akrab disapa N.H. Dini merupakan sastrawan dan novelis Indonesia. Pada usia itu ia telah menulis karangan yang berjudul "Merdeka dan Merah Putih''. Tulisan itu dianggap membahayakan Belanda sehingga ayahnya harus berurusan dengan Belanda. Namun, setelah mengetahui penulisnya anak-anak, Belanda mengalah.

B. Ku tak mungkin jatuh cinta kan? Tidak sekarang, tidak denganmu. Pesonamu menjeratku tapi aku tak kan membiarkan diriku jatuh cinta kepadamu. Tak kan pernah kupercaya segala tuturmukepadaku, dan ku akan selalu menganggap bohong apa pun yang kau ucapkan kepadaku sejak itu, termasuk yang itu.

C. Fitri yakin, yang mengambil uangnya bukan Tineke walaupun uangnya ditemukan di tas Tineke. Tineke berusaha tidak terpancing dengan ejekan teman-temannya dan menenangkan hati dengan membaca buku. la ingin sekali masalah ini cepat selesai tetapi ia tidak ingin menyusul Fajar yang sedang bersarapan di kantin, ia tetap menunggu di kelas.

D. Kuingin kau berbohong padaku. Seperti yang kau utarakan kemarin, dan yang kemarin dulu itu. Ketika mentari meredup berpendar di pucuk daun sebelah barat rumah dan ketika kerumunan itu tak lagi bersamamu, kau mulai dengan kisah kebohonganmu yang pertama kepadaku


Cermati pernyataan berikut untuk menjawab soal nomor 40 dan 41!

1) Menggapai Mimpi berisi tentang kiat meraih sukses dalam hidup. Selain itu, juga dilengkapi testimoni beberapa pesohor negeri yang  sukses membangun usaha di berbagai bidang. Berawal dari sebuah mimpi mereka kemudian berjuang mewujudkan mimpi itu menjadi sebuah realita. 

2) Sang Pemimpi menceritakan tentang betapa susahnya hidup ditanah Belitung yang diperankan oleh anak-anak yang mempunyai sejuta impian. Mereka adalah seorang bocah yang berjuang untuk hidup dengan banyak tantangan.

3) Laskar Pelangi  menceritakan tentang kehidupan di pedalaman daerah Belitung yang kontras dan kaya akan hasil timahnya. Akan tetapi masyarakatnya tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

4) Sang Pencerah ini menyajikan penggambaran realita kehidupan KH. Ahmad Dahlan dan disajikan secara lancar agak enak dibaca. Sisi kemanusiaan beliau yang  diungkap mulai dari hal-hal yang terbilang kecil hingga sederet dilema hidup yang menekan batinnya.


40. Berdasarkan sinopsis di atas, buku nonfiksi ditandai dengan nomor ….

A. (1) dan (3) B. (3)  dan (4) C.  (2)  dan  (4) D. (1) dan  (4)


41. Penggunaan diksi yang menarik dalam kutipan teks 1 di atas adalah..

A. sukses B. testimoni C. pesohor negeri D. mimpi


42. Cermati teks cerita berikut!

Kenari merasa malu dan kurang percaya diri kalau berkumpul dengan teman-temannya. Tubuhnya kecil dan mengeluarkan bau tak sedap. Teman-temannya sering mengejek dan menggodanya. Kenari ingin penampilannya berubah. Dia ingin buktikan kepada teman-temannya bahwa ia bisa tampil bersih dan tidak kalah besar. Kenari pun bangun pagi dan rajin membersihkan diri. Ia tidak malas lagi mencari makan. Berkat ejekan teman-temannya, dirinya membuang jauh-jauh sifat malas.

Kemenarikan tokoh pada cerita di atas adalah….

A. seekor burung kenari yang pandai bicara

B. seekor burung kenari yang pemalu dan kurang percaya diri

C. keberanian kenari memperbaiki diri untuk tidak bersikap malas 

D. teman teman kenari suka menggoda dan mengejek


43. Cermati kutipan teks non fiksi berikut!

Perempuan yang cerdas sesuai syariat adalah seseorang yang dengan kecerdasannya akan semakin menambah keimanannya. Perempuan cerdas itu tidak diukur dari seberapa tinggi IQ-nya. Tetapi bagaimana ia mampu menyelesaikan seluruh permasalahan dalam kehidupannya dengan satu tolak ukur tertentu yang bertanggung jawab.

Makna kata bercetak miring di atas adalah …

A. tajam pikiran

B. pandai

C. pintar

D. panjang akal


44. Buku non-fiksi di bawah ini adalah ....

A. novel

B. cerpen

C. puisi

D. buku pelajaran


45. Tema, alur, tokoh, gaya bahasa, latar, dan amanat merupakan unsur dari

A. fiksi

B. nonfiksi

C. ilimiah

D. biografi


*** Selamat Mengerjakan ***


BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Contoh Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Bahasa Indonesia Kelas VIII K13"