Latihan Soal UN | Meringkas Isi Teks

Latihan Soal Ujian Nasional | Meringkas Isi Teks

Contoh Soal Menentukan Ringkasan Isi Teks

1. Bacalah teks berikut!
Tiap wanita tentu ingin memiliki kulit bersih supaya terlihat cantik dan menawan. Kulit yang bersih juga dapat menciptakan rasa percaya diri bagi wanita. Beberapa kalangan, terutama remaja, sering berupaya mendapatkan kulit mulus secara instan. Mereka berlomba-lomba mencari obat perawatan kulit terbaik supaya meraih hasil yang maksimal.

Ada cara-cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit agar tampak cerah dan segar. Ini dilakukan secara alami sehhingga membuat kulit tampak alami pula. Di antara cara tersebut adalah mencuci muka secara rutin, mengonsumsi buah-buahan segar yang kaya nutrisi, menggunakan handuk untuk membersihkan wajah, dan memperbanyak minum air mineral delapan gelas sehari.

Ringkasan teks tersebut adalah ...
A. Wanita yang menginginkan kulit bersih dapat melakukannya dengan cara-cara yang sangat sederhana.
B. Wanita berkulit putih merasa penuh percaya diri, sehingga mereka menjaganya dengan cara-cara yang sederhana.
C. Wanita sangat cantik, bersih, dan terlihat awet muda karena sering mengkonsumsi buah-buahan.
D. Wanita terlihat cantik bila kulitnya putih, segar, dan terjaga dengan cara sederhana.

2. Bacalah teks berikut!
Pendidikan karakter penting bagi pelajar. Pelajar tidak hanya diterapkan di sekolah, tetapi juga di rumah dan di lingkungan sosial. Pendidikan karakter penting bagi pelajar karena kelangsungan hidup bangsa indonesia ke depan di tangan mereka.

Pelajar merupakan generasi penerus bangsa yang harus memiliki karakter kuat dan tangguh untuk menghadapi segala tantangan yang akan datang. Banyak kasus korupsi, penurunan nilai moral, dan penurunan kualitas sumber daya manusia (SDM) merupakan alasan utama pendidikan karakter penting di terapkan di sekolah. Tuntutan kualitas SDM pada tahun 2021 juga menjadi faktor penting pendidikan karakter bagi pelajar.

Ringkasan teks tersebut adalah ...
A. Pendidikan karakter harus diterapkan baik di sekolah maupun lingkungan sosial.
B. Pelajar harus berkarakter kuat dan tangguh agar dapat menghadapi tantangan dan memenuhi tuntutan kualitas SDM 2021.
C. Pelajar adalah generasi bangsa yang harus berkarakter kuat agar dapat menggantikan generasi tua.
D. Pendidikan karakter penting bagi pelajar sehingga tangguh menghadapi tantangan.

3. Bacalah teks berikut!
Pendidikan karakter penting bagi pelajar. Pendidikan karakter tak hanya diterapkan di sekolah saja, tapi di rumah dan di lingkungan sosial. Peserta pendidikan karakter tidak hanya anak usia dini hingga remaja, tetapi juga usia dewasa. Pendidikan karakter penting bagi pelajar karena kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Sudahkah kalian menyadarinya?

Pelajar merupakan generasi penerus bangsa yang harus memiliki karakter kuat dan tangguh untuk menghadapi segala tantangan yang akan datang. Banyak kasus korupsi, penurunan moral, dan penurunan kualitas sumber daya manusia merupakan alasan utama pendidikan karakter penting diterapkan di sekolah. Tentukan kualitas sumber daya manusia pada tahun 2021 juga menjadi faktor penting pendidikan karakter bagi pelajar.

Ringkasan yang tepat dari teks tersebut adalah ....
A. Pendidikan karakter harus diterapkan baik di sekolah maupun di lingkungan sosial.
B. Pendidikan karakter penting bagi pelajar mengingat pelajar adalah generasi penerus bangsa.
C. Pendidikan karakter remaja penting diberikan baik di sekolah, maupun di lingkungan sosial.
D. Pelajar harus memiliki karakter yang kuat karena adanya penurunan kualitas sumber daya manusia saat ini.

4. Bacalah paragraf berikut!
Polusi udara dapat didefinisikan sebagai udara yang mengandung zat kimia ataupun memiliki kondisi fisik (misal panas) yang melewati batas tertentu, sehingga dapat membahayakan manusia, makhluk hidup lain (hewan, tumbuh-tumbuhan) ataupun lingkungan abiotik. Polusi udara dengan demikian merupakan ancaman yang sangat serius bagi kelangsungan hidup di bumi.

Polusi udara memang terjadi secara alamiah, sejak bumi terbentuk. Sebab, fenomena alam seperti letusan gunung berapi, kebakaran hutan, badai debu, bangkai tumbuh-tumbuhan dan hewan yang membusuk, dan garam dari laut, semua dapat mencemari udara. Tapi, semua itu boleh dikatakan masih dalam batas-batas yang dapat ditoleransi, artinya laju proses pembersihan polusi dari udara dan laju proses pencemaran itu masih dalam keseimbangan alam.

Rangkuman yang tepat untuk bacaan di atas adalah ....
A. Polusi udara yang terjadi secara alamiah yang melewati batas tertentu dapat membahayakan makhluk hidup ataupun lingkungan abiotik.
B. Polusi udara adalah udara yang mengandung zat kimia, sehingga dapat membahayakan yang merupakan ancaman serius.
C. Polusi udara adalah udara yang mengandung zat kimia dan panas tertentu yang membahayakan manusia, hewan,  tumbuh-tumbuhan dan terjadi sejak bumi terbentuk.
D. Polusi udara adalah udara yang mengandung panas yang melewati panas tertentu, dapat mengancam kelangsungan hidup di bumi secara serius, baik pada manusia, hewan ataupun tumbuh-tumbuhan.

5. Bacalah teks berikut!
Di banyak kota besar, kemacetan lalu lintas di jalan raya menjadi persoalan yang pelik. Sebenarnya ini merupakan keadaan yang menjengkelkan kita sebagai pengguna jalan.

Kemacetan lalu lintas terjadi pada waktu tertentu saja. Pada pagi hari, kemacetan lalu lintas mulai terasa ketika warga mulai berangkat ke tempat bekerja dan pelajar mulai berangkat ke sekolah. Pada siang hari kemacetan lalu lintas mencapai puncaknya.

Ringkasan yang tepat teks tersebut adalah ....
A. Kemacetan lalu lintas di jalan raya terutama siang hari.
B. Kemacetan lalu lintas di jalan raya menjadi persoalan pelik.
C. Kemacetan terutama di siang hari, mencapai puncaknya.
D. Kemacetan lalu lintas di jalan raya pada waktu-waktu tertentu.


Jawaban: 1) A, 2), D


Sumber: Naskah Soal UN SMP/MTs 2016, 2017

No comments:

Post a Comment