Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Menentukan Ringkasan Teks

Contoh Soal Menentukan Ringkasan Isi Teks
1. Cermatilah kutipan teks berikut!
Ujian Nasional Perbaikan (UNP) 2015 telah resmi ditutup pada 23 Oktober 2015 ini, namun masih banyak alumni SMA/SMK/MA/MAK/ Sederajat angkatan 2015 dan alumni Paket C 2014 yang belum mengetahui adanya pendaftaran ujian perbaikan ini. Mereka tahu rencana program pemerintah mengenai Ujian Nasional (UN) yang hendak mengadakan perbaikan atau remedial, tetapi kebanyakan dari mereka hanya mengetahui hal tersebut masih dalam rencana. Akibatnya, tak sedikit dari mereka yang beranggapan ujian perbaikan ini hanya sebatas rencana setengah matang yang belum tentu diadakan.

Pendaftaran yang dilakukan secara online ini seharusnya mempermudah untuk mengakses dan mendaftar. Namun, yang terjadi justru sebaliknya, banyak yang tidak mengetahuinya. Kebanyakan dari mereka yang menginginkan perbaikan hanya mengandalkan pemberitahuan dari pihak sekolah. Pasalnya, sewaktu mereka masih berseragam putih abu-abu, mereka tidak diberikan informasi apabila pendaftaran Ujian Nasional Perbaikan akan dilaksanakan secara online.

Banyak variasi tanggapan para alumni SMA sederajat tahun 2015 ini yang ditangkap oleh penulis. Intinya adalah pada sesi pendaftaran UNP ini, kebanyakan dari mereka menilai bahwa Ujian Nasional Perbaikan ini kurang efektif, baik dari segi informasi maupun pelaksanaan. Mereka menilai demikian karena mereka mungkin belum mengetahui tujuan pemerintah mengadakan UNP ini. Tidak ada yang dapat disalahkan dari pihak manapun mengenai hal ini. Namun, bisa dipastikan bahwa kesalahan komunikasilah yang saat ini tampak terjadi.
(Sumber: kompasiana.com dengan penyesuaian)

Ringkasan yang tepat dari teks  di atas adalah...
A. Pemerintah berencana mengadakan Ujian Nasional Perbaikan untuk SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat angkatan 2015 dan alumni Paket C 2014. Namun, pemerintah tidak menjelaskan bahwa ujian ini dilangsungkan secara online. Akibatnya, hingga pendaftaran ditutup, masih banyak calon peserta yang tidak mengetahui keberadaan ujian ini. Sementara bagi peserta yang berhasil mendaftar, ujian ini dinilai tidak efektif.

B. Pemerintah membuat kesalahan dengan menyelenggarakan Ujian Nasional Perbaikan. Penyebabnya adalah ujian ini dilakukan secara online. Sayangnya, banyak calon peserta ujian yang tidak mengetahui hal ini. Akibatnya, banyak calon peserta yang tidak ikut ujian. Mereka pun menuntut Ujian Nasional Perbaikan diadakan lagi secara langsung/bukan online.

C. Pemerintah berencana mengadakan Ujian Nasional Perbaikan untuk SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat angkatan 2015 dan alumni Paket C 2014. Namun, pemerintah tidak menjelaskan bahwa ujian ini dilangsungkan secara online. Akibatnya, banyak calon peserta yang tidak dapat ikut ujian karena keterbatasan sarana dan prasarana.

D. Ujian Nasional Perbaikan ditujukan bagi SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat angkatan 2015 dan alumni Paket C 2014. Namun, kurangnya informasi membuat mereka gagal mengikuti ujian tersebut. Akibatnya, banyak calon peserta ujian yang telantar. Tujuan dari ujian ini juga dianggap tidak tepat sasaran.

2. Cermati kutipan teks berikut!
Transportasi didefinisikan oleh para ahli sebagai kebutuhan dari berbagai kegiatan ekonomi maupun sosial (lihat misalnya Morlock, 1985). Tipe kegiatan sosial ekonomi yang berbeda akan memiliki dampak kegiatan transportasi yang berbeda pula.

Kegiatan transportasi harian relatif menimbulkan pergerakan yang bersifat berulang, misalnya yang terjadi pada para pekerja dan mereka yang menempuh pendidikan di sekolah. Di Yogyakarta, kemacetan terjadi setiap hari pada titik-titik yang menjadi jalur pergerakan para pekerja dan siswa dari tempat tinggal menuju lokasi kerja dan sekolah.

Kemacetan yang berulang pada jangka lebih panjang cenderung terjadi pada musim liburan maupun lebaran. Pada tahap kedatangan dan kepulangan, kemacetan parah akan terjadi pada jalan-jalan arah luar kota (misalnya Jalan Magelang, Jalan Solo, Jalan Palagan dan Jalan Wates). Pada rentang di antara masa tersebut, kemacetan dapat dirasakan di pusat kota sebagai lokasi menginap dan tujuan wisata (seperti Malioboro, Prawirotaman), serta jalan-jalan menuju objek wisata, seperti Jalan Parangtritis.

Kemacetan harian yang banyak ditimbulkan oleh aktivitas masyarakat dalam kota. Kemacetan yang berulang setiap hari merupakan akibat dari pola pergerakan antara tempat tinggal, bekerja dan bersekolah. Upaya mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan lokasi kegiatan merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan. Bentuknya dapat berupa pemberian kemudahan tempat tinggal berupa rumah susun sewa maupun milik yang cukup nyaman untuk beraktivitas. Selama ini sepertinya belum ada upaya pengaturan pola berkegiatan yang sistematis.

Ringkasan isi teks di atas yang paling tepat adalah...
A. Transportasi merupakan kebutuhan berbagai ekonomi maupun sosial.
B. Kemacetan harian disebabkan oleh pergerakan rutin antara tempat tinggal dengan lokasi kegiatan.
C. Kemacetan jangka panjang cenderung terjadi pada musim liburan.
D. Mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan lokasi kegiatan merupakan upaya mengatasi kemacetan.

3. Cermatilah paragraf berikut!
Laut memiliki peranan yang sangat penting dalam mengontrol iklim di bumi dengan memindahkan panas dari daerah ekuator menuju ke kutub. Tanpaperanan laut, maka hampir keseluruhan planet bumi akan menjadi terlaludingin bagi manusia untuk hidup. Laut juga merupakan sumber makanan,energi (baik yang terbarukan maupun tak terbarukan), dan obat-obatan.
Lautan juga berperan menangkap karbondioksida (CO2) dari atmosfer dalam
jumlah yang sangat besar. Sekitar seperempat CO2 yang dihasilkan olehmanusia dari hasil pembakaran bahan bakar fosil diserap dan disimpan dilautan. Di beberapa bagian laut, CO2 dapat tersimpan hingga berabad-abadlamanya dan berperan sangat besar dalam mengurangi pemanasan global.

Ringkasan isi teks tersebut adalah …
A. Laut memiliki peranan yang sangat penting dalam mengontrol iklim di bumi dan dapat mengurangi dampak pemanasan globlal.
B. Peranan laut yang sangat penting adalah mengontrol iklim di bumi dan menangkap karbondioksida dari atmosfer.
C. Laut merupakan sumber makanan sekaligus tempat tersimpannya CO2 yang dapat mengurangi pemanasan globlal.
D. Laut memiliki peranan memindahkan panas dari daerah ekuator menuju ke kutub dalam jumlah yang sangat besar.

4. Cermatilah kutipan teks berikut.
Arus modernisasi merupakan salah satu faktor penyebab lunturnya budaya gotong royong. Arus modernisasi memberi dampak bagi pembentukan karakter masyarakat Indonesia. Sikap individualitis dan penutup diri terhadap lingkungan sosial sering terjadi pada masyarakat yang mengikuti arus modernisasi.

Sikap individualitis atau lebih memetingkan diri sendiri merupakan gaya hidup orang barat. Gaya hidup tersebut tidak selaras dengan budaya kebersamaan dan gotong royong. Selain itu, sikap individualitis menimbulkan sikap apatis atau tidak acuh terhadap situasi lingkungan. Mereka hanya sibuk bekerja dan jarang berinteraksi dengan lingkungan sosial di masyarakat.

Sikap individualitis tidak boleh menguasai jiwa masyarakat Indonesia. Cara menghidupkan kembali semangat kebersamaan dalam komunitas bersama yaitu berorganisasi, seseorang akan berinteraksi dengan individu lain sehingga tercipta rasa kebersamaan dan kekeluargaan.

Ringkasan tepat sesuai isi teks tanggapan kritis tersebut adalah ...
A. Pada zaman modern remaja memiliki peranan penting. Remaja dapat mencegah terjadinya perubahan karakter masyarakat individualistis. Karakter tersebut tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. Karakter tersebut dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

B. Faktor penyebab lunturnya budaya gotong royong adalah modernisasi. Masyarakat cenderung bersikap individualistis. Sikap individualistis tersebut tidak selaras dengan budaya Indonesia. Sikap individualistis menimbulkan sikap apatis atau tidak acuh terhadap situasi lingkungan. Cara menghidupkan kembali semangat gotong royong yaitu aktif berorganisasi.

C. Globalisasi berdampak lunturnya semangat gotong royong pada masyarakat. Masyarakat enggan melakukan gotong royong. Mereka lebih mementingkan diri sendiri. Sikap tersebut selaras dengan budaya barat. Sikap individualistis menimbulkan sikap apatis atau tidak acuh terhadap situasi lingkungan. Akibatnya mereka tidak pernah berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

D. Era globalisasi memiliki dampak negatif bagi bangsa Indonesia. Salah satu dampaknya adalah lunturnya semangat gotong royong pada diri masyarakat. Kini masyarakat mulai enggan berurusan dengan orang lain. Mereka merasa nyaman hidup sendiri tanpa diganggu dan mengganggu orang lain. Keadaan tersebut berakibat buruk bagi kesatuan Indonesia.

5. Cermatilah teks berikut!
Laut memiliki peranan yang sangat penting dalam mengontrol iklim di bumi dengan memindahkan panas dari daerah ekuator menuju ke kutub. Tanpa peranan laut, maka hampir keseluruhan planet bumi akan menjadi terlalu dingin bagi manusia untuk hidup. Laut juga merupakan sumber makanan, energi (baik yang terbarukan maupun yang tak terbarukan), dan obat-obatan.

Lautan juga berperan menangkap karbondioksida (CO2) dari atmosfer dalam jumlah yang sangat besar. Sekitar seperempat CO2 yang dihasilkan oleh manusia dari hasil pembakaran bahan bakar fosil diserap dan disimpan di lautan. Di beberapa bagian laut, CO2 dapat tersimpan hingga berabad-abad lamanya dan berperan sangat besar dalam mengurangi pemanasan global.

Ringkasan isi teks tersebut adalah ...
A. Laut memiliki peranan yang sangat penting dalam mengontrol iklim di bumi dan dapat mengurangi dampak pemanasan global.
B. Peranan laut yang sangat penting adalah mengontrol iklim di bumi dan menangkap karbondioksida dari atmosfer.
C. Laut merupakan sumber makanan sekaligus tempat tersimpannya CO2yang dapat mengurangi pemanasan global.
D. Laut memiliki peranan memindahkan panas dari daerah ekuator menuju ke kutub dalam jumlah yang sangat besar.

BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Contoh Soal Menentukan Ringkasan Teks"