Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Latihan Soal Asesmen Madrasah MTs Tahun 2024


Asslamualaikum wr. wb.
Selamat datang di blog basindon. Semoga kalian kami jumpai dalam keadaan sehat walafiat

Postingan kali ini kami menyajikan contoh Latihan Soal Asesmen Madrasah MTs Tahun 2024. Harapan kami semoga dengan contoh latihan ini bisa membantu memudahkan kalian dalam menjawab soal-soal Asesmen tahun ini. 

Selamat mencoba!



 16. Bacalah teks berikut!

Pojok baca merupakan pemanfaatan sudut ruang kelas sebagai tempat koleksi buku dari para siswa di tiap-tiap kelas. Pengenalan siswa ke pojok bacaan kelas diharapkan bisa menanamkan budaya membaca sejak dari kelas awal. Mengingat budaya baca penduduk Indonesia yang masih tergolong rendah sudah seharusnya lembaga pendidikan berupaya menciptakan pojok baca sebagai pemanfaatan sudut ruang kelas sebagai tempat koleksi buku di tiap-tiap kelas. Pojok baca ini diharapkan dapat merangsang peserta didik untuk lebih gemar membaca dan melakukan aktivitas lain yang dapat megembangkan potensi dan daya pikir mereka.

Kesimpulan teks di atas adalah .....
A. Keberadaan pojok baca penting untuk menanamkan budaya membaca di kalangan siswa serta megembangkan potensi dan daya pikir mereka.
B. Pojok baca bermanfaat untuk kelas awal mengingat budaya baca penduduk Indonesia masih tergolong rendah
C. Pojok baca merangsang peserta didik untuk membaca buku yang mereka sukai
D. Pojok baca harus ada di setiap sekolah agar siswa mau membaca setiap saat

17. Bacalah teks berikut!
Manfaat membaca buku tak hanya menambah wawasan dan pengetahuan, tetapi juga baik untuk kesehatan otak dan memperpanjang peluang hidup. Oleh karena itu, mulailah luangkan waktu Anda untuk membaca, dan ajaklah seluruh anggota keluarga untuk menjadikan hal ini sebagai kebiasaan.

Jika dibiasakan sejak kecil, membaca bisa menjadi salah satu hobi yang menyenangkan dan bermanfaat. Tidak hanya untuk menambah wawasan, membaca juga dapat meningkatkan fungsi otak, mengurangi stres, bahkan mencegah penyakit Alzheimer.

Ringkasan teks tersebut adalah .....
A. Selain menambah wawasan dan pengetahuan, membaca juga baik untuk kesehatan dan fungsi otak. Maka luangkanlah waktu untuk membaca.
B. Jika dibiasakan sejak kecil, membaca bisa menjadi salah satu hobi yang menyenangkan dan bermanfaat.
C. Membaca bisa meningkatkan fungsi otak, mengurangi stres, bahkan mencegah penyakit Alzheimer.
D. Ajaklah seluruh anggota keluarga untuk menjadikan hal ini sebagai kebiasaan.

18. Bacalah kedua kutipan teks berita berikut!
Teks I
Pada April 2021 lalu, Indonesia baru saja selesai membangun sirkuit internasional baru, yaitu Sirkuit Mandalika. Lokasi Sirkuit Mandalika Lombok atau yang juga dikenal sebagai Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika ini ada di kawasan wisata Mandalika di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sirkuit yang megah ini telah menjadi tuan rumah untuk banyak event berkelas dunia seperti Asia Talent Cup dan Superbike World Championship. Nah, ke depannya, Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika ini juga akan menjadi salah satu tuan rumah untuk perhelatan MotoGP 2022.
Teks II
Rider Pata Yamaha, Toprak Razgatlioglu, menjadi juara dunia WSBK 2021. Rider Turki itu memenangi persaingan ketat dengan Jonathan Rea. Dalam race 1 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (21/11/2021), Toprak mengunci gelar juara dunia usai finis kedua. Pertarungan sengit dengan Rea dijalani oleh Toprak dalam 20 lap.

Perbedaan pola penyajian kedua teks di atas adalah ...
A. Teks I: Kapan-apa-di mana-bagaimana, Teks II: Apa-siapa-di mana-bagaimana
B. Teks I: Kapan-apa-di mana-bagaimana, Teks II: Siapa-apa-di mana-bagaimana
C. Teks I: Apa-kapan-di mana-bagaimana, Teks II: Siapa-apa-di mana-bagaimana
D. Teks I: Apa-bagaimana-di mana-kapan, Teks II: Apa-siapa-di mana-bagaimana
19. Cermati teks ulasan berikut!
(1) Penerbit Wayang menerbitkan buku terbaru yang berjudul Sudah Saatnya Menjadi Penulis Hebat. 2) Buku ini ditulis oleh Bendi Derajat. 3) Judulnya menarik, isinya lengkap, bahasanya ringan dan mudah dipahami serta bermanfaat bagi pembaca.   4) Hanya saja buku tersebut menggunakan banyak istilah akademik yang sulit dipahami pembaca awam.   

Kelemahan karya sastra yang terdapat pada ulasan buku tersebut ditandai nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
20. Cermati teks ulasan berikut dengan seksama!
Buku Kacamata Tanpa Bingkai menarik karena memiliki tema beragam kehidupan. Buku Kacamata Tanpa Bingkai menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh pembaca. Selain itu buku tersebut dilengkapi dengan kamus kecil berisi kata-kata sukar yang tidak diketahui oleh pembaca. Akan tetapi, masih ada kata-kata yang belum dicantumkan artinya pada kamus tersebut. Ada beberapa cerita yang mungkin sulit dipahami. Pembaca harus membacanya berulang-ulang agar mengerti isi dan maksud dari cerpen tersebut. Buku kumpulan cerpen Kacamata Tanpa Bingkai cocok dibaca oleh kaum remaja, dewasa, bahkan pelajar. Buku tersebut mengandung pesan-pesan menarik dan sesuai dengan keadaan kita saat ini.

Keunggulan buku Kacamata Tanpa Bingkai adalah .....
A. Cerita ditulis oleh pengarang muda berbakat
B. Bahasa dalam buku mudah dipahami oleh pembaca
C. Pengarang banyak menggunakan kosakata asing
D. Pesan yang disampaikan sesuai keadaan remaja Indonesia
21. (1) Banyak sekolah melarang siswanya membawa telepon seluler ke sekolah. (2) Sebagian besar menganggap bahwa membawa telepon seluler ke sekolah dapat memengaruhi konsentrasi siswa dalam menerima pelajaran. (3) Hal itu memang benar, ketika telepon berdering di kelas, maka kegiatan pembelajaran akan terganggu. (4) Meskipun begitu ada beberapa sekolah yang tidak sepakat dengan pernyataan tersebut ....

Kalimat yang menyatakan pesetujuan pada teks tersebut adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

22. (1) Kuatnya penggunaan internet sebagai sarana berbagai informasi memang memudahkan. (2) Namun, di sisi lain pengguna juga kesulitan mencari informasi yang diinginkan. (3) Misalnya, acara untuk bidang atau segmen tertentu. (4) Misalnya, AdaAcara.com menyelenggarakan berbagai event yang ditujukan untuk segmen mahasiswa. (5) AdaAcara.com merupakan platform yang menghubungkan pihak penyelenggara acara untuk mahasiswa dengan teman-teman mahasiswa.

Kalimat yang menyatakan pendapat menolak terhadap masalah pada teks tersebut ditandai dengan nomor...
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)
23. Cermati teks berikut!
Perlunya Resapan Air untuk Mencegah Banjir  
Banjir sudah menjadi agenda tahunan bagi masyarakat Indonesia. Tidak heran bila pemerintah berjuang keras dan mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk menyelesaikan masalah ini. Membangun saluran air yang bagus merupakan salah satu cara pemerintah menanggulangi banjir. Namun, itu semua tidak akan berhasil apabila tidak diimbangi dengan pembangunan daerah resapan air. Jadi, resapan air ini merupakan syarat mutlak untuk menanggulangi banjir.

Tanggapan positif kutipan teks  tersebut adalah ....
A. Solusi tersebut hanya akan menghamburkan uang negara. 
B. Solusi seperti itu sudah tepat sehingga harus segera direalisasikan. 
C. Solusi yang dipilih pemerintah tidak akan mampu menanggulangi banjir. 
D. Solusi tersebut masuk akal, tetapi sulit membangun resapan air di perkotaan.
24 Sikap individualis atau lebih mementingkan diri sendiri merupakan gaya hidup orang barat. Gaya hidup tersebut tidak selaras dengan budaya kebersamaan dan gotong royong. Selain itu, sikap individualis, menimbulkan sikap apatis atau acuh tidak acuh terhadap situasi lingkungan. Mereka hanya sibuk bekerja dan jarang berinteraksi dengan lingkungan sosial di sekitarnya.

Kalimat tanggapan negatif dalam teks tersebut adalah...
A. Berorganisasi bagi masyarakat sangat diperlukan untuk kebersamaan.
B. Sikap individualistis mencerminkan ciri masyarakat barat.
C. Sikap individualis tidak selaras dengan budaya gotong royong.
D. Penyebab lunturnya budaya gotong royong adalah arus modernisasi.
25. Cermati teks cerpen berikut!
Langit menjadi kelabu. Awan hitam mulai tak mampu lagi membendung butiran air. Matahari pergi. Sinarnya pun tak berbekas. Di samping rumah Nada, nampak Dio masih asyik bermain dengan merpatinya. Nada tersenyum menatapnya dari balik jendela kamarnya. Ya, tetangganya itu memang sangat menyukai merpati. Bahkan di samping rumahnya ada sebuah kandang merpati yang cukup luas miliknya sendiri. Ia biasa menyebutnya istana Merpati Dara Dori. Begitu banyak jenis merpati yang ia piara. Semuanya sepasang. Ada merpati lokal, merpati kipas, merpati gondok, merpati Lahore, dan masih banyak lagi. Namun, di antara semua merpatinya, merpati lokal berwarna seputih saljulah yang paling ia sukai. Dara dan Dori.
Makna kata yang bercetak miring pada kutipan cerpen tersebut ialah …. 
A. menahan 
B. menampung 
C. membentengi 
D. mengumpulkan
26. Perhatikan teks berikut!
Di ruangan kedap suara sederhana berukuran 4x4 meter, Yohana Sepriana Puling (16), atau biasa dipanggil Rina, tampil bak penyiar radio profesional. Ia begitu percaya diri menyapa para pendengar radio komunitas 'Suara Kenari' FM 107,7 MHz yang menjangkau radius tujuh kilometer.
 
Makna kata kedap suara pada teks di atas adalah ...
A. dapat dimasuki suara
B. tidak dapat dimasuki suara
C. suara terdengar besar
D. suara terdengar menggelegar
27. Cermati kutipan teks fabel berikut ini !
“Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong....., tolong ......!” Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut.“Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.” Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.

Makna tersurat yang terkandung dalam cuplikan teks tersebut adalah .....
A. kerja sama
B. tolong menolong
C. gotong royong
D. bakti sosial
28 Cermati teks cerpen berikut!
Deras hujan agak berkurang. Sekitar rumah tempat Pak Sarman berteduh masih sangat sepi. Dia menengok ke dalam rumah itu, juga tampak sangat sepi. Tetapi anehnya, pintu rumah tidak dikunci, bahkan sedikit terbuka. Dia mengamati isi rumah itu. Tampak barang- barang berharga di situ. Ada pesawat TV yang cukup besar, jam dinding, tape recorder, dan yang paling menarik adalah arloji berwarna emas yang tergeletak di atas meja. Jam itu tentu harganya  sangat mahal, pikirannya. Jam itu bagai membisikkan sesuatu ke telinganya. Pak Salman pun ingat keluarganya yang bentar lagi kelaparan. Seandainya aku dapat menjualnya, tentu saat yang mengerikan itu dapat tertunda lebih lama lagi dan aku mempunyai peluang dan ongkos untuk melakukan pekerjaan lagi. …Tapi bagaimana nanti kalau ketahuan? Ia berpikir kembali. ―Ah, kenapa aku tiba-tiba ingin jadi maling? Betapa terkutuknya!
(Cerpen: Balada sang Korban, Ahmadun Yosi Herfanda)

Makna tersurat pada kutipan kutipan cerpen tersebut adalah … 
A. Seorang pencuri yang taubat. 
B. Seorang ayah yang mudah menyerah. 
C. Seorang yang mampu mengalahkan keinginan jahatnya. 
D. Seseorang yang mengutuk diri sendiri karena telah menjadi pencuri.
29 Bacalah kutipan cerpen berikut!
Kukruyuuuuuuuuk!!! Suara ayam tetangga, dan dengan setengah tak percaya aku masih dapat bangun. Kulihat jam menunjukkan setelah lima pagi. Kutampar pipiku dengan keras, dan rasanya begitu sakit. Alhamdulillah aku ucapkan. Tuhan masih menjagaku. Aku pun sadar tidak semua rasa sakit adalah penderitaan. (Cerpen: Tidak Bisa Tidur, Novita Sari)
A. Orientasi
B. Komplikasi
C. Resolusi
D. Penyelesaian
30 Bacalah kutipan fabel berikut!
Di sebuah rumah, ada dua ekor burung yang dipelihara oleh pemiliknya. Yang pertama burung merpati, dan yang kedua burung Tekukur. Setiap hari pemiliknya memberi makanan berupa jagung untuk masing-masing burung. Namun Sang Merpati merasa iri hati karena Tekukur selalu mendapatkan jagung dengan jumlah yang lebih banyak.
 
Bagian kutipan fabel di atas adalah ....
A. orientasi
B. komplikasi
C. resolusi
D. penyelesaian
31 Bacalah kutipan cerpen berikut!
Nyonya notaris sudah kesal menunggu Salamah di dekat mobilnya.
“Lama sekali kau! Kami kesal menunggumu, Bik!” hardik nyonya itu.
“Maaf, Nya,” jawab Salamah dengan tersengal-sengal. Peluhnya bercucuran membasahi badan. Alangkah beratnya terigu ini. Terigu yang nanti akan diolah oleh ibu notaris itu jadi kue-kue lezat. Salamah yang menggendong terigunya, dengan tersengal-sengal nafasnya, tak akan ikut menikmatinya.
“Ayuh. Taruh di bagasi belakang. seperti keong jalanmu. Kau malas begitu tak usahlah kau bekerja. Pekerjaan apaan. Aku bisa pilih yang muda-muda.”

Watak tokoh nyonya notaris pada kutipan cerpen di atas adalah ...
A. lemah lembut
B. kasar
C. penyabar
D. baik hati
32 Bacalah teks berikut!
Sekumpulan semut hitam terus merayap di dahan dan terus berjalan cepat ke ujung ranting. Didapatinya sepucuk daun dan dibawanya beramai-ramai ke dalam sarangnya. Daun yang lebar dan berat dapat dengan mudah diangkat beramai-ramai.

Daun pada teks tersebut simbol dari ....
A. doa
B. nasihat
C. rezeki
D. pekerjaan
33 “Hai kepompong sangat jelek nasibmu. Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu . Ayo jalan-jalan lihat dunia yang luas ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?” Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi itu ketempat ia suka.

Makna gramatikal kata membanggakan diri pada teks tersebut adalah  .....
A. Sombong
B. Rendah hati
C. Bersahaja
D. Lapang hati
34 Cermati teks cerpen berikut!
Kakek duduk di kursi malas sambil merokok, nenek diam saja, aku dan Bi Ijah menjahit pakaian yang perlu untuk perkawinanku. Sambil menjahit, Bibi mengajariku bagaimana seorang wanita harus bercakap-cakap secara halus, melayani orang dengan baik, berbicara dengan calon suaminya dan lain-lain.

Isi tersirat pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Seorang kakek harus duduk di kursi malas. 
B. Orang tua selalu mengurusi keperluan anaknya.
C. Nasihat orang tua kepada anak wanita yang mau menikah.  
D. Orang tua senantiasa memberi nasihat pada semua anaknya.
35 Cermati teks fabel berikut!
Di sebuah hutan, musim kemarau, burung-burung dan hewan-hewan  lain sangat sulit untuk mendapatkan air.  Namun, ada seekor burung perkutut yang menemukan kendi tua yang berisi sedikit air. Kendi tersebut memiliki bentuk yang tinggi dan juga sempit, sehingga burung tersebut  tidak bisa menjangkau air didalam kendi tersebut. Burung perkutut tersebut tetap mencoba untuk meminum air yang ada di dalam   kendi, tetapi tetap saja  tidak bisa. Burung itu putus asa hingga muncullah sebuah ide.

Isi tersirat pada kutipan fabel tersebut adalah ...
A. Musim kemarau hewan-hewan di hutan sulit mendapatkan air.
B. Burung perkutut putus asa setelah tidak dapat menjangkau kendi.
C. Tuhan akan selalu memberi rezeki bagi hambanya yang mau berusaha.
D. Jangan mudah putus asa, berusahalah untuk mencapai apa yang diinginkan.
36 Bacalah kutipan cerpen berikut!
“Nada, minggu depan kita harus pindah ke Jogjakarta. Ayah dipindahtugaskan di sana.” 
Bagaikan petir di siang bolong menyambar Nada yang seketika itu langsung diam mematung. “Kenapa mendadak, Bunda? Nada senang tinggal di sini. Apa Nada tidak bisa tetap tinggal di sini? Sekolah Nada gimana?” 
“Tidak bisa, sayang. Kamu mau tinggal sama siapa di sini? Masalah sekolah, semua
sudah diurus Ayah. Kamu hanya tinggal mengemasi barang-barangmu.” Nada terdiam. Tak mungkin mampu ia membantah. Minggu depan ia harus meninggalkan tempat ini. Tepat di hari ulang tahun Dio yang ke-18. Terasa berat untuknya meninggalkan tempat ini. Terlalu banyak kenangan yang terukir. Semakin terasa berat ketika harus meninggalkan Dio.
 
Penyebab terjadinya konflik pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Perasaan berat hati Nada harus meninggalkan Dio.
B. Nada merasa bingung dengan masalah sekolahnya.
C. Kepindahan tempat tugas ayah Nada yang mendadak.
D. Nada merasa berat meninggalkan tempat tinggal yang sekarang.
37 Bacalah kutipan cerita berikut!
“Maaf Bu!” pintaku santun pada Bu Laras. “Saya mengantuk, Bu”.
“Tidak apa-apa, Sab. Silakan cuci muka kalau kau mengantuk, Sab!”
Serentak seisi kelas menertawakanku dan membuatku malu serta kesal pada diriku sendiri. leherku terasa sakit karena menahan tangis kekesalanku.
“Sudah-sudah! Anak-anak mengantuk itu manusiawi. Suatu saat kalian bisa saja mengantuk.” Nasihat Bu Laras dengan lembut dan tenang.

Konflik kutipan novel tersebut adalah ...
A. Permintaan Sab kepada Bu Laras.
B. Bu Laras mempersilakan Sab mencuci muka.
C. Sab kesal ditertawakan seisi kelas.
D. Bu Laras menghibur Sab yang kesal.
38 Bacalah kedua kutipan teks berikut!
Teks I
Entah sudah berapa kali, Taka bangkit dari duduknya di bangku taman itu. Bangku yang terbuat dari batu alam itu, dipahat menjadi balok panjang yang nyaman diduduki. Semak-semak shododendron di belakang bangku itu masih menampakkan rona ungu dari bunga-bunga yang telah mekar sejak awal musim semi. Mungkin karena perdu itu terlindungi dari sinar matahari langsung oleh sederetan pohon cemara rendah, bunga-bunga ungu itu tak cepat menjadi layu.

Teks II
Pada zaman dahulu, Tuan Serigala dan Nyonya Bangau berteman, mereka selalu menghabiskan waktu bersama. Pada suatu pagi yang cerah, Tuan Serigala mengundang Nyonya Bangau untuk makan siang di rumahnya. “Saya harap Anda datang, Nyonya Bangau. Saya akan menyediakan daging yang lezat,” kata Tuan Serigala. Nyonya Bangau mengangguk, menandakan bahwa ia menerima undangan. Tuan Seriggala melonjak kegirangan, ia segera membuat kasha yang lezat dan disajikan di piring yang lebar untuk menyambut Nyonya Bangau.

Perbedaan karakteristik kedua teks tersebut adalah ... .
A. Teks I menunjukka latar tempat, sedangkan teks II menunjukkan latar suasana.
B. Teks I menunjukkan latar waktu, sedangkan teks II menunjukkan latar tempat.
C. Teks I menunjukkan latar tempat, sedangkan teks II menunjukkan latar waktu.
D. Teks I menunjukkan latar suasana, sedangkan teksII menunjukkan latar waktu.
39 Bacalah kedua kutipan berikut!
Kutipan 1:
Aku punya seorang abang: Paiman. Dia lahir pada hari pasaran paing, maka dinamai dia dengan suku depan Pai. Aku tiga tahun lebih muda dinamai: Sanikem. Ayahku bernama Sastro Tomo setelah kawin.
 
Kutipan 2:
Dua tahun sudah terlampau setelah kejadian hal ihwal yang diceritakan di atas. Bagi keluarga Hanafi sudah dipandang keluar dari kaum. Ia sudah menjadi 'Olando'.
 
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan novel tersebut adalah ...
A. Kutipan 1: menggunakan bahasa melayu
Kutipan 2: menggunakan bahasa pergaulan
B. Kutipan 1: menggunakan bahasa sehari-hari
Kutipan 2: menggunakan bahasa resmi
C. Kutipan 1: menggunakan bahasa bebas
Kutipan 2: menggunakan bahasa bebas
D. Kutipan 1: menggunakan bahasa melayu
Kutipan 2: menggunakan bahasa daerah
40 Cermati cerpen berikut ini!
Cahaya kemerahan mulai tampak mewarnai langit di ufuk timur. Angin sepoi berembus dari sela-sela bukit. Suhu dengan temperatur 13 derajat Celcius menyergap tubuh hingga menggigil, namun tak menghalangi kesibukan di desaku yang pernah terpilih sebagai Destinasi Wisata Muslim Terbaik pada ajang World Halal Tourism Award (WHTA) di Abu Dhabi.  Desa yang berada pada ketinggian 800-1200 mdpl ini memang akan selalu membuat kenangan indah bagi pengunjungnya. Namun kali ini, bukan kenangan manis yang akan tertulis, melainkan sebuah petaka yang sudah tersurat, yang akan melumat segalanya. Di mana hari itu bertepatan dengan hari lahirku dan aku harus merelakannya ikut terkubur bersama puing-puing reruntuhan. 

Latar yang tergambar dalam kutipan cerpen di atas atas adalah .....
A. Waktur sore hari, di sebuah desa, suasana dingin.
B. Waktu pagi hari, di sebuah desa, suasana dingin.
C. Waktu malam hari, sebuah desa, suasana dingin.
D. Waktu siang hari, di sebuah desa, suasana sejuk.
41. Cermati kutipan cerpen berikut!
(1)“Ma, perut Bogi sakit sekali. Sebelah sini, Ma.” (2) Aku menunjuk bagian lambung. Mama tampak lebih khawatir lagi, karena takut terjadi apa-apa denganku, Mama lalu mengajakku ke dokter. (3)“Tapi Ma, hari ini kan Bogi ada ulangan Matematika jam pertama, masa Bogi tidak ikut.” (4)“Nanti ulangan susulan saja. Kalo tidak diobati sekarang, nanti makin parah. Kalau kamu masuk rumah sakit saat ulangan umum minggu depan, bagaimana?” bujuk Mama.

Bukti watak tokoh Mama tersebut penyanyang ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (3)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
42 Cermati kutipan fabel berikut!
“Awas hujan batu,” teriak para binatang kelompok singa sambil melarikan diri. Sang kelelawar merasa cemas dengan hal tersebut sehingga ia berpikiran untuk kembali bergabung dengan kelompok burung. Ia menemui sang raja burung yaitu burung Elang. “Lihatlah sayapku, Aku ini seekor burung seperti kalian”. Elang menerima kelelawar dengan senang hati.

Pertempuran berlanjut, kera-kera menunggang gajah atau badak sambil memegang busur dan anak panah. Kepala mereka dilindungi dengan topi dari tempurung kelapa agar tidak mempan dilempari batu. Setelah kelompok singa menang, apa yang dilakukan kelelawar ?. Ia bolak balik berpihak kepada kelompok yang menang. Sifat pengecut dan tidak berpendirian yang dimiliki kelelawar lama kelamaan diketahui oleh kedua kelompok singa dan kelompok burung.

Pernyataan yang menunjukkan tokoh kelelawar tidak berpendirian tetap adalah ... .
A. Tokoh kelelawar memperlihatkan sayapnya kepada burung elang.
B. Tokoh kelelawar bolak-balik berpihak kepada kelompok yang menang
C. Tokoh kelelawar cemas karena terkena hujan batu
D. Tokoh kelelawar menemui elan, si raja burung.
43. Teks untuk soal nomor 33 dan 34.
Kemunculan sarana transportasi online dianggap sebagai solusi bagi keterbatasan armada transportasi umum saat ini. Masyarakat banyak yang terbantu dengan moda transportasi baru ini. Selain lebih fleksibel, mereka juga menetapkan tarif yang tergolong murah. Namun bagi sebagian orang, sarana transportasi online dianggap mematikan penghasilan pelaku sarana transportasi konvensional.

Kalimat yang berisi argumen menentang adalah ...
A. Kemunculan sarana transportasi online dianggap sebagai solusi bagi keterbatasan armada transportasi umum saat ini. 
B. Masyarakat banyak yang terbantu dengan moda transportasi baru ini.
C. Selain lebih fleksibel, mereka juga menetapkan tarif yang tergolong murah. 
D. Namun bagi sebagian orang, sarana transportasi online dianggap mematikan penghasilan pelaku sarana transportasi konvensional.
44. Tanggapan positif terhadap kutipan teks diskusi di atas adalah ...
A. Kemunculan sarana transportasi online harus dipertimbangkan lagi. 
B. Sarana transportasi online merupakan alternatif bagi masyarakat sehingga harus disambut baik.
C. Wajar banyak yang bereaksi dengan kemunculan sarana transportasi online karena tidak semua masyarakat siap dengan perubahan. 
D. Pemerintah seharusnya turun tangan mengatasi masalah ini.
45. Bacalah kalimat berikut!
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) memiliki tujuan positif, ... belum semua sekolah bisa menyelenggarakannya karena keterbatasan fasilitas.

Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ...
A. melainkan
B. walaupun
C. tetapi
D. Sedangkan
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

5 comments for "Latihan Soal Asesmen Madrasah MTs Tahun 2024"

  1. 1.b
    2.b
    3.d
    4.b
    5.b
    6.a
    7.d
    8.d
    9.b
    10.d

    ReplyDelete
  2. Nama: Zikrul Maulida
    Kls: IX (a)
    1.B
    2.D
    3.D
    4.B
    5.B.
    6.C.
    7.C.
    8.A
    9.C
    10.A
    11.B
    12.D
    13.D
    14.B
    15.A

    ReplyDelete
  3. 1.B
    2.B
    3.D
    4.B
    5.B
    6.A
    7.D
    8.D
    9.B
    10.D
    11.B
    12.A
    13.D
    14.B
    15.A

    ReplyDelete
  4. 1.b
    2.b
    3.d
    4.b
    5.b
    6.a
    7.d
    8.d
    9.b
    10.d
    11.b
    12.a
    13.d
    14.b
    15.a

    ReplyDelete