Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah-Langkah dan Contoh Format Penilaian Portofolio

Menurut pengertian di KBBI (daring), Portopolio merupakan kumpulan pekerjaan peserta didik dengan maksud tertentu dan terpadu yang diseleksi menurut panduan-panduan yang ditentukan. 

Sedangkan pengertian penilaian portofolio, Wahyudi (dalam https://pauddikmaskalbar.kemdikbud.go.id/), menyimpulkan bahwa penilaian portofolio adalah kegiatan menilai karya-karya siswa secara individu pada satu periode untuk suatu mata pelajaran. Akhir suatu periode hasil karya tersebut dikumpulkan dan di nilai oleh guru dan peserta didik.

Budimansyah (dalam Asesemen Pembelajaran: Materi PLPG, Unram: 2015) memberikan contoh langkah-langkah penilaian portopolio, yaitu:

#Langkah-Langkah Penilaian Portopolio

1) Menentukan Tujuan Portofolio
Menentukan tujuan portofolio akan sangat membantu dalam menentukan evidence siswa dan proses bagaimana evidence itu diperoleh sebagai bukti bahwa siswa telah mencapai suatu kompetensi sesuai dengan rumusan kurikulum.

2) Penentuan Isi Portofolio
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menentukan isi portofolio diantaranya:
  • Apakah portofolio berisikan seluruh evidence siswa sesuai dengan pengalaman belajar yang telah dilakukannya, atau hanya berisi sebagian saja yang dianggap penting?
  • Apakah isi portofolio relevan dengan kompetensi yang ingin dicapai sesuai dengan kurikulum?
  • Apakah portofolio berisi evidence siswa yang dikerjakannya sendiri atau hasil kerja kelompok?
3) Menentukan Kriteria dan Format Penilaian
Kriteria penilaian disusun sebagai standar patokan untuk guru dalam menentukan keberhasilan proses dan hasil pembelajaran pada setiap aspek yang akan dinilai. 

#Contoh Format Penilaian Fortofolio 

Tabel 1. Penilaian Portofolio Proses Belajar Siswa

Tabel 2. Penilaian Portofolio Hasil Belajar Siswa

Tabel 3. Penilaian Portofolio Hasil Kerja Siswa

4) Pengamatan dan Penentuan Bahan Portofolio
Tidak semua bahan (evidence) dimasukkan sebagai bahan portofolio. Portofolio biasanya hanya memuat evidence yang dianggap mewakili dan menggambarkan suatu perkembangan dan perubahan yang terjadi. 

5) Menyusun Dokumen Portofolio
Manakala bahan-bahan portofolio telah ditentukan, langkah selanjutnya adalah menyusun bahan itu dalam dokumen portofolio, misalnya dalam bentuk folder. Folder itu sendiri perlu dilengkapi dengan: identitas siswa, mata pelajaran, daftar isi dokumen, dan isi dokumen beserta komentar-komentar baik dari guru maupun orang tua.

Demikanlah penjelasan tentang Langkah-Langkah Penilaian Portopolio dan Contoh Format Penilaiannya. Jika Bpk/Ibu menginginkan file format penilaian portofolio tersebut silakan mengunduhnya di bawah ini.

BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Langkah-Langkah dan Contoh Format Penilaian Portofolio"