Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Proposal Permohonan Sarana Multimedia

Selamat datang di blog basindon, setelah kami memosting contoh proposal permohonan sarana peningkatan mutu, sekarang kami juga memosting contoh proposal permohonan sarana pendidikan berupa perangkat multimedia. Siapa tau sekolah Sahabat ingin melengkapi pasilitas multimedianya. Maka, inilah contoh Proposal Permohonan Sarana Multimedia.



KOP SURAT
-------------------------------------------------------------------------------

No. : ......................... 2017
Lampiran : 1 Bendel
Hal : Permohonan Sarana Pendidikan

    Kepada :
Yth. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama  
        Prov. Nusa Tenggara Barat
 Jalan Udayana No. 6 Mataram



Bismillahiwabihamdihi,
Assalamualaikum Wr. Wb.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat muslim terutama di wilayah Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur, dengan ini kami “..............................”, Jalan. ...................., mengadakan sarana pendidikan.

Sehubungan dengan hal tersebut, dengan segala kerendahan hati dan penuh rasa hormat, kami mengajukan permohonan kepada Bapak agar sudilah kiranya berkenan memberikan bantuan demi terwujudnya sarana pendidikan tersebut.

Atas perhatian dan bantuan Bapak, kami kepala Sekolah/Madrasah ............... menyampaikan terimakasih yang setulus-tulusnya.

Wallahulmuwafiqu Walhadi Ila Sabilirrasyad
Wasslamualaikum Wr. Wb.

.............................2017



Kepala Madrasah .....................





( ................................)

1. LATAR BELAKANG

Arah kebijakan pendidikan dalam Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) antara lain menegaskan bahwa, pendidikan adalah untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia sedini mungkin secara terarah, terpadu, dan menyeluruh, melalui berbagai upaya proaktif oleh seluruh komponen bangsa agar generasi muda dapat berkembang secara optimal disertai dengan dukungan dari lingkungan sesuai dengan potensinya.

Generasi muda merupakan sumberdaya insani potensial bagi pengembangan bangsa, oleh karena itu perlu terus dibina dan dikembangkan sesuai tujuan pendidikan nasional.

Pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan megembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut, khususnya dalam aspek keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta berbudi luhur khusunya di sekolah diupayakan pencapaiannya melalui mata pelajaran pendidikan agama yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik pada semua jenjang pendidikan. Hal ini dilakukan karena agama merupakan landasan moral, etika, dan spiritual yang kuat untuk pembanguna  bangsa. Namun demikian dewasa ini dirasakan bahwa materi pendidikan agama di sekolah masih kurang, terutama karena jumlah jam yang tersedia sangat terbatas. Akibatnya tercemin dari rendahnya orilaku hidup beragam dalam kehidupan sehari-hari.

Di daerah Suralaga kondisi tersebut diperparah oleh banyaknya generasi muda yang sudah tidak sekolah karena berbagai sebab. Dengan tingkat keimanan dan pengetahuan agama yang lemah pula. Di samping itu banyak pula orang-orang yang tergugah hatinya untuk memperdalam ilmu agama sehingga mereka memerlukan pelayanan pendidikan agama melaui pondok pesantren. Keadaan tersebut mendorong berdirinya Yayasan Pondok Pesantren .................. “MI/MTs/MA ..............." di Jalan ...................

2. MAKSUD DAN TUJUAN

a. Maksud
Yayasan Pondok Pesantren .................. “MI/MTs/MA ..............." didirikan dengan maksud untuk memberikan pelayanan pendidikan agam bagi masyarakat muslim desa Tumbuhmulia dan sekitarnya serta generasi muslim dari berbagai daerah yang memerlukan.

b. Tujuan Umum
Secara umum, tujuan yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan tentang ajaran agama Islam sehingga menjadi muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, yang berwawasan luas, mandiri, dan berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

c. Tujuan Khusus
1. Menciptakan manusia beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
2. Terbentuknya manusia berilmu agama dan berilmu pengetahuan.
3. Mampu mengamalkan, memperjuangakan ilmu yang telah dimilki.
4. Terwujudnya manusia yang ber-akhlakul karimah.
5. Mengusahan terciptanya manusia hidup mandiri dan siap pakai.
6. Menjadikan manusia berjiwa dan berpola pikir pesantren.

3. FASILITAS DAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)

a. Sumber Daya Manusia (SDM)
1. Madrasah ini berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesanteran ........................... yang diketuai oleh .................., dan dibantu oleh tokoh-tokoh lainnya termasuk kepala madrasah yaitu ................
2. Tenaga pengajar di MI/MTs/MA ini terdiri dari guru/pegawai swasta yang rata-rata berpendidikan sarjana (S1) dan mengajar sesuai dengan kualifikasi pendidikannya.  Jumlahnya 29 orang yang terdiri dari 15 guru laki-laki dan 14 guru perempuan.
b. Fasilitas
1. Madrasah ini fasilitasnya masih terbatas, seperti :
- Ruang kelas (6 ruang)
- Kantor (4 ruang)
- Perpustakaan (1 ruang)
2. Fasilitas yang sangat dibutuhkan
- Peralatan multimedia berupa sound system

4. JARINGAN KERJA SAMA

a. Madrasah ini bernaung dibawah organisasi Nahdlatul Wathan.
b. Taman Pendidikan al-Quran ...................
c. Taman Pendidikan al-Quran ...................

5. KEBUTUHAN DAN PENGGUNAAN DANA

Agar penyelenggaraan program-program di MI/MTs/MA .............. ini dapat berjalan dengan baik, diperlukan dana yang akan dipergunakan untuk mengadakan perlengkapan multimedia di tahun 2017 dengan rincian sebagai berikut :
1. Amplipier : 5.000.000
2. Mixer : 2.700.000
3. Speaker : 2.000.000
4. Salon : 6.000.000
5. Microfon :    900.000
6. Salon Aktif : 1.400.000
Jumlah biaya perlengkapan multimedia : Rp. 18.000.000

6. SUMBER DANA

Kebutuhan dana tersebut dikumpulkan dari :
a. Dana yang sudah dimiliki (swadaya)
b. Sumbangan dari pemerintah
c. Sumbangan, infaq, amal jariyah, shadaqah dari masyarakar muslim/muslimat.
d. Donatur tetap maupun donatur tidak tetap.
e. Usulan lain yang sah dan halal.

7. PROFIL LEMBAGA - Terlampir

8. SUSUNAN PENGURUS
Terlampir

9. RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) ESTIMASI - Terlampir

10. BADAN HUKUM
- No. Statistik, terlampir.
- Piagam Madrasah, terlampir.
- NPWP, terlampir.
- Akta Notaris, terlampir.

11. PENUTUP
Demikian gambaran singkat tentang Yayasan Pondok Pesantren .................. “MI/MTs/MA ..............." di Jalan .........., Kec......, Kab ............ . Semoga mendapat perhatian.

Untuk melengkapi proposal ini, berikut kami lampirkan gambar dan rekapitulasi rincian biayanya.
Selanjutnya dengan segala kerendahan hati dan penuh rasa hormat pengurus atau penaggungjawab Yayasan Pondok Pesantren .................. “MI/MTs/MA ..............." mengetuk pintu hati nurani Bapak/Ibu/Saudara untuk berkenan memberikan bantuan amal jariyah, infaq, shadaqah berupa apa saja demi terwujudnya madrasah tersebut dalam rangka mengembangkan pendidikan islam untuk kemaslahatan umat.

Semoga amal baik Bapak/Ibu/Saudara diterima di sisi Allah SWT, dan mendapatkan balasan yang setimpal baik di dunia maupun di akhirat. Aamiin, aamiin, Ya Rabbal’alamiin.

............................... 2020

Kepala Madrasah,




( ................................)
Proposal selengkapnya silakan lihat: Kumpulan Contoh Proposal Dan RAB
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Contoh Proposal Permohonan Sarana Multimedia"