Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bantuan Uang dari Pemerintah Melalui Pinjaman Modal Usaha

Bantuan Uang dari Pemerintah Melalui Pinjaman Modal Usaha | Memulai usaha sangat erat kaitannya dengan modal. Bahkan kebanyakan orang mengurungkan niatnya karena tidak memiliki modal yang cukup. Menanggapi perihal tersebut, saat ini pemerintah mulai memberikan program sebagai salah satu wujud untuk membantu impian dari para calon pengusaha.


bantuan uang pemerintah

Ada banyak sekali bentuk bantuan uang dari pemerintah, salah satunya adalah pinjaman modal usaha. Bantuan ini diberikan kepada pelaku usaha atau UMKM sebagai mana UMKM telah berhasil mendukung perekonomian di Indonesia. Dana yang ada disalurkan dalam beberapa bentuk baik itu melalui pinjaman atau bantuan hibah. Berikut beberapa jenis pinjaman modal sebagai bantuan dari pemerintah dan cara untuk mendapatkannya.

1. KUR atau Kredit Usaha Rakyat
Pinjaman yang pertama ini adalah sebuah pinjaman dana dari pihak perbankan bagi usaha kecil dan menengah yang paling mudah untuk diakses. Program KUR sendiri adalah program pembiayaan modal bagi para UMK yang belum bankable namun sudah feasible.  Artinya bahwa usaha tersebut telah memiliki potensi mendapatkan keuntungan dan mampu mengembalikan sejumlah dana yang dipinjamnya.

Baca juga: 
Tidak Perlu Takut, Berikut Cara Mendapatkan Dana Modal Usaha Gratis
Kali ini pemerintah bekerja sama dengan beberapa pihak bank baik itu bank BUMN atau swasta. Anda bisa memperoleh pinjaman sebesar 25 juta rupiah dengan jangka waktu pengembalian selama 4 tahun. Bunga KUR saat ini sudah turun menjadi 7 persen. Nah untuk cara mendapatkan bantuan uang dari pemerintah melalui pinjaman KUR bisa Anda lihat pada masing-masing ketentuan bank.

2. Kredit Ultra Mikro
Program pinjaman modal usaha yang berasal dari pemerintah kedua adalah kredit ultra mikro atau UMI. Seperti namanya menggunakan Bahasa Arab Umi yang berarti ibu, pinjaman ini diperuntukkan hanya untuk ibu rumah tangga sebagai modal usaha.

Jika Anda ibu rumah tangga maka bisa meminjam uang sebanyak 10 juta tanpa adanya jaminan. Bunga yang ditawarkan juga rendah yaitu berkisar antara 2 hingga 4 persen. Kredit umi sendiri bisa dilakukan pada tiga lembaga keuangan non bank yaitu Pegadaian, PNM atau Permodalan Nasional Madani, dan PT Bahan Artha Ventura. Tata cara dan syaratnya bisa Anda gali di website resmi masing-masing lembaga.

Bagaimana pinjam modal bukan suatu yang sulit bukan? Dengan bantuan uang dari pemerintah tersebut maka Anda bisa mengembangkan usaha lebih baik. Kini tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak memulai usaha sebab semuanya telah didukung oleh pihak pemerintah. Selamat mencoba!

BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Bantuan Uang dari Pemerintah Melalui Pinjaman Modal Usaha"