Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resensi Buku | Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa

Judul         : Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa
Pengarang : Prof. Dr. Henri Guntur Tarigan
Penerbit    : Angkasa, Bandung
Tahun       : 2013 (Edisi Revisi)
Tebal        : viii + 204 halaman

-------------------------------------


Ciri-ciri tulisan yang baik yakni sebagai berikut:
(1) Jujur: jangan coba memalsukan gagasan atau ide Anda.
(2) Jelas: jangan membingungkan para pembaca.
(3) Singkat: jangan  memboroskan waktu para pembaca.
(4) Usahakan keanekaragaman: panjang kalimat yang beranekaragam; berkarya dengan penuh kegembiraan. (Mc. Mahan & Day, dalam Tarigan :2013)

Demikian cuplikan isi dari buku “Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa”. Buku ini cukup lengkap membahas ikhwal menulis. Mulai dari pengertian menulis, tujuan menulis, dan Ragam tulisan.

Dari buku ini pembaca akan mengetahui bentuk tulisan pribadi seperti jurnal harian, cerita otobiografis, lelucon otobiografis, dan esei pribadi. Kemudian dijelaskan teknik penulisannya, serta siasat memperbaiki tulisan pribadi.

Buku ini juga membahas jenis tulisan seperti tulisan bernada penerangan, tulisan bernada penjelasan, tulisan bernada mendebat, tulisan bernada mengkritik, dan tulisan bernada otoritatif. Kesemuanya itu disertai dengan teknik dan langkah-langkah penyusunannya. 

Sama seperti buku-buku Prof. Dr. H.G. Tarigan lainnya yang selalu menampilkan peta  konsep, skema, gambar ataupun tabel-tebel. Hal tersebut merupakan ciri khas dari buku-buku beliau. Peta konsep dan lainnya tersebut akan memudahkan pembaca dalam memahami detail-detail yang lebih spesifik dan mendalam. Tentu ini merupakan salah satu kelebihan buku ini.

Buku ini memang diperuntukkan untuk mahasiswa di perguruan tinggi. Sehingga bahasa yang digunakan cukup formal. Bagi pembaca awam mungkin agak sedikit kesulitan dalam memahami dan menelaah isi bacaan, akibat pemakaian istilah-istilah yang agak asing. Tapi jangan khawatir, setiap kata atau istilah ilmiah yang dipergunakan dalam buku ini selalu diiringi dengan pengertiannya secara langsung. Jadi,  pembaca tak perlu buka kamus.

Kesimpulan: buku ini sangat cocok dibaca oleh para dosen, guru, mahasiswa, ataupun masyarakat secara umum yang berminat dalam menulis. Buku ini juga patut dijadikan rujukan dalam membuat karangan ilmiah. Maka sepantasnya buku ini dimiliki oleh orang-orang yang besangkutan tadi.
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Resensi Buku | Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa"