Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kiat untuk Membuat Anak Mencintai Buku

Gemar membaca perlu dipupuk sejak dini, bahkan semenjak anak masih balita. Sebagai orangtua perlu mengenalkan buku sejak usia bayi. Dimulai dari buku-buku sederhana yang masih berupa gambar-gambar bisa diperkenalkan kepada balita. Sehingga kelak anak-anak menjadi akrab dengan buku dan pada akhirnya mereka akan gemar membaca.


Maka tugas kita sebagai orang tua adalah untuk mendidik dan mengarahkan anak-anak untuk gemar membaca. Agar kehidupan mereka kelak menjadi lebih maju dan terarah. Dengan buku mereke bisa menggenggam dunia. Mengarahkan untuk membaca bukan hanya tugas para guru di sekolah. Karena guru di sekolah memiliki waktu yang sangat terbatas. Dari 24 jam cuma enam jam dipakai oleh guru di sekolah untuk menggembeleng anak-anak kita. Selebihnya adalah tugas orang tua di rumah.

Berikut ini ada beberapa kiat-kiat agar anak mencintai buku.
  • Membangun imanjinasi anak melalui mendongeng
  • Menyusaiakan buku dengan usia anak
  • Memilih buku dengan cover yang menarik
  • Memilih buku sesuai trend yang berlagsung
  • Sesuaikan buku dengan minat anak
  • Pendampingan saat membaca buku
  • Mengajak anak bertamasya ke perpustakaan atau ke toko buku
(dari Buletin Pusat Perbukuan Depdiknas 2005)

Demikianlah kiat-kiat sederhana yang bisa kami bagikan kepada Anda kali ini. Semoga kita bisa terus memupuk semangat membaca sepanjang hari. Pendidikan sepanjang hayat (lifelong education) perlu kita wujudkan kepada seluruh keluarga, masyarakat, dan bangsa dengan cara membaca. Sehingga kelak bangsa kita menjadi bangsa yang mandiri.

----------------------
Anda juga bisa mengirim tulisan di Pena Basindon
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Kiat untuk Membuat Anak Mencintai Buku"