Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kiat Menulis Cerita Pendek: Harris Effendi Thahar

Penulis            : Harris Effendi Thahar
Penerbit          : Penerbit Angkasa Bandung
Tebal Buku      : 116 Halaman
Kertas isi         : HVS 70 gr
Kertas Cover    : Ac/Ivory 210 gr
Cetakan Isi      : 2 warna
Cetakan Cover : Full Colour

---------------------------------------------


Anda ingin pandai menulis cerita pendek? Buku ini mungkin bisa menjadi solusi. Anda akan belajar dari penulisnya  yang telah berpengalaman selama 25 tahun menekuni certia pendek.

Guru yang baik tentu saja guru yang benar-benar memiliki spesialisasi dalam bidang ilmunya, seperti halnya penulis buku ini. Jadi jangan sampai belajar pada orang yang salah, misalnya belajar kepada saya yang memang bukan ahli menulis cerita pendek, hehe.

Buku dengan tebal 116 halaman, cukup tipis memang untuk ukuran buku yang tebal, tapi jangan salah, buku ini sangat padat. Jika Anda benar-benar menerapkannya, maka dipastikan Anda bisa menulis cerpen dengan baik.

Dengan buku ini Anda akan tau bagaimana membuat paragraf pertama cerpen yang bagus. Anda akan mengerti bagaimana mempertimbangkan permbaca Anda, lalu bagaimana menggali suasana dalam cerita pendek, bagaimana membuat kalimat efektif, seperti apa bumbu-bumbu yang membuat cerita pendek memikat, bagaimana menggerakkan tokoh ciptaan Anda, bagaimana supaya cerita tetap fokus, bagaimana Anda membuat sentakan akhir pada cerita, bagaimana menyunting cerita  pendek, lalu bagaimana memberikan judul yang menarik. Semua dikupas dengan bahasa yang apik dan mudah dipahami.

Dan yang paling menarik dalam buku ini menurut saya adalah Anda akan tau seperti apa visi dan gaya pengarang/cerpenis papan atas Indonesia seperti Putu Wijaya, Danarto, Hamsat Rangkuti, Budi Darma, Ahmad Tohari, dan Seno Gumira Aji Darma. Masing-masing ada contoh cerpennya pula sehingga pengetahuan Anda tentang pengarang-pengarang tersebut menjadi lengkap. Dengan begitu Anda bisa memilih pengarang mana yang lebih keren, yang bisa Anda jadikan model dalam menulis cerita pendek, sebelum akhinya Anda berjalan sendiri, menulis cerita pendek dengan ciri khas Anda.

Itulah sekilas tentang buku “Kiat Menulis Cerita Pendek” Karangan Harris Effendi Thahar, yang bisa Anda jadikan rujukan dalam menekuni kegiatan tulis menulis. Maka, tidak ada salahnya melengkapi perpustakaan pribadi Anda dengan buku ini. Eit, seperti jualan buku aja nih, hehe...
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Kiat Menulis Cerita Pendek: Harris Effendi Thahar"