Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resensi Buku | Catatan Kecil Tentang Menulis Cerpen: Jakob Sumarjo

Judul                : Catatan Kecil tentang Menulis Cerpen
Pengarang       : Jakob Sumarjo
Penerbit          : Pustaka Pelajar
Tahun              : 1997 (cetakan I), 2007 (cetakan IV)
Tebal               : 239 halaman

---------------------------------------


Buku ini berisi artikel-artikel tentang dunia percerpenan,  seluk-beluk cepern, dan petunjuk-petunjuk yang baik tentang menulis cerpen.  Terdiri atas tiga bab. Bab pertama membahas  tentang catatan untuk pemula. Antara lain berisi subbab bagaimana  pemula mengirim karangannya, masalah buku penuntun pemula, kelemahan umum para pemula, bagaimana melatih menulis, bagaimana menulis menjadi profesi yang menjanjikan, sampai kepada bagaimana menghidupkan cerita.

Bab kedua khusus membahas catatan kecil cerita pendek. Dimulai dari tujuan menulis cerpen, bagaimana meriset cerpen, seperti apa cerpen yang baik, bagaimana srtuktur cerpen yang enak dibaca, sampai kepada beberapa kutipan yang perlu direnungkan oleh calon cerpenis.

Kemudian bab terakhir berisi catatan kecil tentang kesusastraan. Pada bagian ini penulis menjelaskan beberapa ragam (genre sastra). Berlajut dengan mengapa masyarakat harus memabaca karya sastra, sampai kepada beberapa  ciri karya sastra besar.

Buku kecil yang mengupas tuntas perihal cerpen ini sangat layak dibaca oleh para calon penulis. Lebih –lebih penulis cerpen. Karena di dalamnya sangat lengkap. Penjelasan yang ringan dan renyah akan membuat pembaca tersentak untuk segera memulai menggoreskan penanya.

Berbekal pengalaman Jakob Sumarjo selama bertahun-tahun sebagai redaktur cerpen di sebuah surat kabar, membuat buku ini syarat emosi. Membuat kepala mengangguk-angguk dengan isinya yang melulu kritik, motivasi, dan wejangan yang manis. Bahasanya pas dan bernas. Menuntun, menginspirasi, meluruskan, dan mencengangkan.
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Resensi Buku | Catatan Kecil Tentang Menulis Cerpen: Jakob Sumarjo"