Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resensi Buku | BE A WRITERPRENEUR | Trik-Trik Pintar Menulis dan Menjadi Pengusaha dengan Modal Menulis

Judul         : BE A WRITERPRENEUR | Trik-Trik Pintar Menulis dan Menjadi Pengusaha dengan Modal Menulis
Pengarang  : Hendra Sipayung
Penerbit     : Marsindo Publishing
Tahun        : 2013 (Cetakan I)
Tebal         : xiv + 221 halaman

--------------------------------------------


Menulis adalah dasar dari segala ilmu. Bisa saja kita adalah ilmuan, dokter, teknokrat, politisi dan lain sebagainya, akan tetapi jika tidak bisa menulis, maka kita bukanlah siapa-siapa. Dalam buku ini dijelaskan bagaimana keterampilan menulis itu bisa dipakai di berbagai bidang. Selain itu, buku ini juga menjelaskan “bagaimana” keterampilan menulis itu bisa “menafkahi” dan “memakarkan” seseorang. (MJ. Castroeni Almayda; Redaktur/Penulis Berita).

Buku ini menjelaskan cara-cara yang jitu agar tulisan menjadi marketable dan diterima pembaca. Yang tidak kalah pentingnya, dalam buku ini dijelaskan jenis-jenis usaha (bisnis) yang  bisa dibangun dengan keterampilan menulis, sekaligus cara memulainya walau dari nol seklipun. Penulis yang memang berprofesi sebagai konsultan penulisan ini, menjabarkan trik-triknya dengan detail, mulai dari cara memunculkan motivasi untuk menulis dan berbisnis, memulai bisnis dengan self employment dan akhirnya menjadi pengusaha yang menciptakan lapangan kerja bagi orang lain yang kesemuanya itu berawal dari kemampuan menulis.

Buku ini menguaraikan dengan baik dan detail tentang sisi kepenulisan, termasuk bagaimana membuat tulisan menjadi lebih baik dan layak hidang. Tulisan yang dimaksud dalam buku ini tentulah tulisan (ilmiah) populer yang bisa dibaca kalangan manapun. Tulisan yang tidak hanya menjangkau segmen pembaca tertentu, apalagi pembaca ahli di dunia kampus, riset ataupun diplomasi. Kehadiran buku ini sangat bermanfaat bagi penulis pemula ataupun penulis yang sudah profesional. Dengan informasi detail yang dikandungnya, buku ini sangat layak dijadikan sebagai acuan. (Indra J. Piliang; Penulis, Kolumnis Media Massa)

Dan bagi saya, buku ini bisa menjawab bagaimana sebenarnya hidup dari menulis. Bahwa sesungguhnya pekerjaan menulis memiliki banyak peluang yang menjanjikan untuk dijadikan sebagai tambang emas masa depan. Menulis bukan hanya untuk mengejar royalti, tapi lebih dari itu menulis bisa membuat orang menjadi enterpreneur dan pengusaha sukses lewat tulisan untuk kehidupan banyak orang. Langkah-langkah menjadi enterpreneur lewat menulis itu bisa ditemukan pada buku ini secara lengkap dan detail.
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Resensi Buku | BE A WRITERPRENEUR | Trik-Trik Pintar Menulis dan Menjadi Pengusaha dengan Modal Menulis"