Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan dan Kekurangan Metode Tanya Jawab dalam Mengajar

metode tanya jawab

Pendekatan dalam mengajar umumnya menempuh dua cara, yaitu memberikan stimulasi dan mengadakan pengarahan aktivitas belajar. Demikian pula apabila guru memberikan pertanyaan atau siswa mengajukan pertanyaan berarti memberikan stimulasi kepada para siswa yang belajar dan jawabannya merupakan pengarahan aktivitas mereka. Oleh sebab itu yang dimaksud dengan metode tanya jawab dalam mengajar dan belajar adalah penggunaan pertanyaan stimulasi dan jawaban. Jawabannya merupakan pengarahan dalam aktivitas belajar siswa atau dengan kata lain metode tanya jawab adalah suatu teknik untuk memberikan motivasi pada siswa agar bangkit pemikirannya untuk bertanya, selama mendengarkan pelajaran, atau guru yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan, kemudian siswa menjawab. Selain itu, metode Tanya jawab juga diartikan sebagai suatu cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus di.jawab. Terutama dari guru kepada siswa, tetapi dapat pula dari siswa kepada guru.

#Kelebihan metode tanya jawab
Ada beberapa kelebihan metode tanya jawab, antara lain sebagai berikut:
  1. Pertanyaan dapat menarik dan memusatkan perhatian siswa, sekalipun ketika siswa sedang ribut, yang mengajukan kembali tegar dan kembali ngantuknya.
  2. Merangsang, siswa untuk melatih dan mengembangkan daya pikir, termasuk daya ingatan.
  3. Menembangkan keberanian dan keterampilan siswa dalam menjawab mengemukakan pendapat.
  4. Siswa dapat menanyakan langsung kepada guru tentang bahan pelajaran yang Sulit.
  5. Guru dapat segera mengetahui bahan pelajaran yang belum dipahami siswa.
  6. Kelas akan hidup karena semua siswa aktif berpikir dan menyamankan pikirannya melalui berbicara dan siswa menjawab atau memberikan penjelasan. Ini berarti terjadinya komunikasi dua Cara.
#Kekurangan metode tanya jawab
Metode tanya jawab memiliki beberapa kekurangan antara lain sebagai berikut:
  1. Tidak mudah mudah membuat pertanyaan yang sesuai dengan tingkat berpikir.
  2.  Waktu sering banyak terbuang, apabila siswa tidak dapat menjawab pertanyaan.
  3. Dalam siswa yang banyak, tidak mungkin cukup waktu untuk memberikan pertanyaan kepada setiap siswa.
  4. Siswa merasa takut, apabila guru tidak dapat mendorong siswa untuk berani, dengan menciptakan suasana yang tidak tegang melainkan akrab.
Anda juga bisa mengirimkan pengalaman Anda di Pena Basindon
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Kelebihan dan Kekurangan Metode Tanya Jawab dalam Mengajar"