Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Apa itu teks?
Teks didefinisikan: satuan bahasa yang digunakan sebagai ungkapan suatu kegiatan sosial baik secara lisan maupun tulis dengan struktur berpikir yang lengkap (Mahsun, 1: 2014)

Adapun jenis-jenis teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya SMP/MTs yakni sebagai berikut.

TEKS NARASI
Tujuan Sosial:
Menghibur dan mengajarkan melalui refleksi suatu pengalaman. Berkaitan dengan peristiwa problematik yang harus diselesaikan oleh seseorang tokoh, suka atau duka.

Lokasi Sosial:
Naratifi ditemukan dalam semua aspek kehidupan, dalam novel, film, komedi situasi, dan drama radio.

Struktur:
Orientasi: memberikan informasi relevan tentang situasi tokoh.
Komplikasi: memperkenalkan satu atau dua masalah untuk diselesaikan tokoh.
Evaluasi: menonjolkan peristiwa penting peristiwa bagi tokoh.
Resolusi: menyelesaikan masalah, suka atau duka.

TEKS REKON (Recount)
Tujuan Sosial:
Menceritakan peristiwa untuk tujuan mengimpformasikan atau menghibur. Peristiwa biasanya disusun berdasarkan urutan waktu.

Lokasi Sosial:
Rekon ditemukan dalam surat pribadi, sejarah lisan dan tulis, catatan kepolisian, klaim asuransi, catatan perjalanan wisata.

Struktur:
Orientasi: Menginformasikan situasi.
Rekaman peristiwa: Menyajikan peristiwa dalam urutan waktu.
Re-orientasi: Tahap opsional membawa peristiwa ke masa sekarang.

TEKS LAPORAN
Tujuan Sosial:
Menggambar "sesuatu" di alam, lingkungan buatan, dan sosial dengan pertama kali mengklasifikasikan sesuatu itu dan kemudian menggambarkan karakteristik khasnya.

Lokasi Sosial:
Laporan informasi ditemukan dalam ensiklopedia, buku rujukan, buku panduan, brosur, laporan penelitian (percobaan), presentasi kelompok, dan dokumentasi pemerintah.

Struktur Skematik (Retorika:
Pernyataan umum (atau klasifikasi): Memberikan informasi tentang subjek.
Deskripsi aspek: Mendaftar dan memperluas penjelasan bagian-bagian subjek.
Deskripsi kegiatan: Deskripsi prilaku, fungsi, atau kegunaan.


TEKS EKSPOSISI
Tujuan Sosial:
Berpendapat tentang sesuatu persoalan dari sudut pandang tertentu. Eksposisi memberi alasan untuk mendukung tesis dan mengelaborasi bukti-bukti pendukung.

Lokasi Sosial:
Eksposisi ditulis dalam tulisan esai (misalnya, tugas mata pelajaran). Eksposisi juga terdapat dalam editorial, komentar, dan debat politik.

Struktur Skematik (Retorika)
Tesis: Mengajukan pandangan terhadap suatu topik atau persoalan
Posisi: Posisi ditentukan dan argumen didaftarkan.
Argumen: Argumen menegaskan dan mengelaborasi posisi.
Reiterasi: Kembali ke tesis dan menyimpulkan.


TEKS PROSEDUR
Tujuan Sosial:
Menginstruksikan cara melakukan sesuatu melalu serangkaian urutan langkah.

Lokasi Sosial:
Prosedur dapat ditemukan dalam prosedur eksperimen sains dan dalam buku/lembar panduan seperti cara berkebun, memasak, dan instruksi teknis pemasangan.

Struktur:
Tujuan: memberi informasi tentang tujuan aktivitas (bisa dicantumkan dalam tujuan atau paragraf pembuka).

Langkah:
Menyajikan kegiatan-kegiatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Ini perlu diletakkan dalam urutan yang benar.

Hasil: langkah opsional menggambarkan keadaan akhir (jadinya seperti apa).

TEKS DISKUSI
Tujuan Sosial:
Mendiskusikan suatu persoalan dalam suatu "kerangka" atau posisi tertentu. Memberikan lebih dari satu sudut pandang terhadap suatu persoalan.

Lokasi Sosial:
Diskusi ditemukan dalam esai, editorial, forum publik yang membahas sejumlah pandangan terhadap suatu persoalan. Diskusi juga terjadi dalam diskusi panel dan simpulan riset.

Struktur:
Isu: Memberikan informasi tentang isu (persoalan) dan bagaimana ini dibingkai.

Argumen pro & kontra: Membentangkan sudut pandang terhadap isu, (kesamaan & perbedaan atau keuntungan & kerugian).

Kesimpulan: Merekomendasi posisi akhir terhadap suatu persoalan.

TEKS EKSPLANASI
Teks eksplanasi yaitu teks yang menjelaskan bagaimana atau mengapa sesuatu sebagaimana adanya. Ekplanasi membentangkan tanggapan logis dalam suatu proses.

Ekplanasi ditulis oleh pakar untuk buku teks, program sains, lembaran pelestarian lingkungan, buku ringkas perawatan kesehatan, dan lain-lain

Struktur teks ekplanasi yaitu,
Pernyataan umum: memberikan informasi tentang fenomena yang akan dijelaskan.

Urutan implikasi: mengemukakan langkah-langkah dalam suatu proses atau faktor-faktor yang memengaruhi suatu fenomena dalam urutan logis.


Sumber:
Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013 (Edisi Revisi 2018)
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Jenis-Jenis Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia"