Soal Penilaian Akhir Semester Kurikulum 2013 Kelas 7 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Soal Penilaian Akhir Semester Kurikulum 2013 Kelas 7 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Lihat juga: Soal Ulangan Semester Bahasa Indonesia SMP/MTs (Kelas 7, 8, 9)
Pilihlah jawaban yang tepat di antara a,b,c,d!
1. Pernyataan berikut yang termasuk ciri-ciri teks deskripsi adalah ....
a. Bersifat menceritakan.
b. Mengandung bukti dan kebenaran.
c. Menggunakan contoh, fakta, gambar peta, dan angka.
d. Menggambarkan objek sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indra.
2. Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini!
(a) Ada pula yang berulat.
(b) Keadaannya begitu kurus.
(c) Pohon-pohonan itu meranggas.
(d) Beberapa di antara pepohonan itu bahkan ada yang mati.
(e) Jangankan berbunga, daun-daunnya pun hampir tidak ada.
(f) Beberapa pohon tanaman hias di halaman rumahku tidak mau berbunga.
Susunan kalimat yang benar sehingga menghasilkan teks deskripsi yang padu adalah ..
a. (c)-(a)-(b)-(d)-(e)-(f)
b. (c)-(b)-(a)-(d)-(f)-(e)
c. (f)-(e)-(d)-(c)-(a)-(b)
d. (f)-(e)-(a)-(c)-(b)-(d)
3. Bacalah teks berikut!
Gua peninggalan penjajahan Jepang itu tidak terawat. Banyak coretan di dinding gua mengganggu pemandangan mata. Di pintu masuk gua ditumbuhi banyak rumput dan ilalang. Sampah-sampah berserakan di dasar gua. Rupanya pemerintah setempat kurang memedulikan objek bersejarah tersebut.
Paragraf tersebut termasuk ....
a. deskripsi orang
b. deskripsi waktu
c. deskripsi tempat
d. deskripsi objektif
4. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1) Bukit hijau menjadi latar pantai.
2) Debur ombak pantai terdengar berirama.
3) Udara di pinggir pantai terasa segar.
4) Air kecil dengan buih-buih kecil.
5) Pantai panjang dengan pasir putih.
kalimat yang menggunakan panca indra pengelihatan ditunjukkan dengan nomor ...
a. 1, 2, dan 5
b. 2, 3, dan 4
c. 1, 2, dan 4
d. 1, 4, dan 5
5. Pernyataan berikut yang dihindari dalam memberi tanggapan adalah ....
a. Memahami masalah yang akan ditanggapi.
b. Menggunakan kalimat atau kata-kata kasar.
c. Menanggapi permasalahan yang dibahas.
d. Menggunakan bahasa sopan mudah dipahami.
6. Keindahan alam Indonesia harus dicintai dan dilestarikan.
Makna kata yang dicetak miring adalah ...
a. diteruskan
b. dijaga keberlangsungannya
c. diperpanjang hidupnya
d. dimanfaatkan kegunaannya
7. Perhatikan teks berikut!
Sekolah merupakan tempat untuk menuntut ilmu yang dimana terdapat siswa dan guru. Sekolah dibagi menjadi dua yaitu Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta. Sekolah Negeri merupakan Sekolah yang dibangun dan dibiayai oleh pemerintah. Sedangkan Sekolah Swasta adalah sekolah yang biasanya dimiliki oleh yayasan atau perorangan. Tujuan dari adanya sekolah itu sendiri untuk mengajarkan siswa baik itu tentang pengetahuan maupun untuk belajar cara bersikap sopan di dalam hidup bermasyarakat. Manfaat adanya Sekolah sendiri dapat dilihat dari banyaknya siswa yang memiliki prestasi yang baik dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Karena dengan tidak adanya Sekolah seseorang belum tentu akan mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan karena banyaknya prasarat untuk mendapatkan pekerjaan yang baik.
Di dalam Sekolah Negeri maupun sekolah swasta memiliki persamaan kelengkapan yang ada di dalam sekolah seperti Perpustakaan, Lab Komputer, Uks, Lab Bahasa dan sebagainya. Kelengkapan di dalam ruangan yang ada di dalam sekolah juga tidak memiliki banyak perbedaan contohnya di dalam kelas terdapat meja dan kursi. Perbedaan yang ada di ruang kelas seperti fasilitas seperti, Ac, Kipas Angin, Speaker itupun hanya bisa di dapatkan di Sekolah yang memang terkenal memiliki fasilitas yang baik. Sedangkan fasilitas di luar ruangan dapat dilihat dari kelengkapan fasilitas olah raga yang dimiliki. Selain Sekolah yang memiliki fasilitas yang baik tidak menutup kemungkinan juga banyak sekolah yang kurang memiliki fasilitas yang memadai. Biasanya Sekolah yang kurang memiliki fasilitas yang baik terdapat di wilayah pedalaman.
Seorang siswa yang menduduki bangku sekolah memiliki perbedaan yang cukup jauh dibandingkan seseorang yang tidak menduduki bangku sekolah. Karena manfaat yang di berikan dari adanya Sekolah sendiri adalah untuk mencerdaskan siswa dalam hal pelajaran maupun cara berperilaku yang baik. Karena seseorang yang tidak menduduki bangku sekolah dirasa kurang memiliki pemahaman yang tepat mengenai cara belajar yang baik karena kurangnya dorongan dari seseorang yang memang memiliki pengetahuan yang lebih dalam suatu bidang.
Selain adanya fasilitas yang ada di dalam Sekolah Akreditasi yang ada pada sekolah jugalah penting. Karena Akreditasi menentukan baik tidaknya sekolah itu dalam segala aspek. Baik dalam prestasi maupun fasilitas. Akreditasi yang ada pada sekolah juga diperhatikan dan dipertimbangkan dalam pemilihan siswa dalam sebuah Sekolah. Misalnya siswa yang ingin mendaftar di perguruan tinggi terlebih dahulu di pertimbangkan dari mana asal Sekolah siswa tersebut dan predikat dari akreditasi yang dimilikinya.
Bagian identifikasi terdapat pada paragraf ...
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. keempat
8. Kebakaran hutan pada lereng Lawu Utara merupakan ancaman buat ekosistem di wilayah itu. Ribuan hektar hutan yang masih menutupi sebagian lereng utara terancam rusak jika terjadi kebakaran. Lereng utara termasuk wilayah Karanganyar, terdapat lebih daripada 6.000 hektar hutan berbagai jenis
Perbaikan kata bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ...
a. atas, untuk, pada
b. di, untuk, dari
c. atas, bagi, dari
d. di, bagi, dari
9. Bacalah kutipan cerita fantasi berikut ini!
Anika menemukan tiga kotak berwarna ungu, biru, dan kuning di kamar ibunya. Kata ibunya jika ada tiga sahabat yang menyukai warna seperti pada kotak itu akan mendapatkan petualangan indah dan sekaligus mendapatkan berlian itu. Tapi waktu yang diberikan untuk berpetualang hanya satu jam.
Anika menyukai warna ungu. Tamika, teman dekat Anika, menyukai warna biru. Dan Chika menyukai warna kuning. “Saya ingin mencoba petualangan indah itu Bu. Saya punya sahabat yang menyukai warna itu,” Anika meyakinkan ibunya. Dengan kesepakatan ketiga sahabat itu berkumpul di rumah Anika. Minggu pukul 6 mereka semua masuk ke kamar Anika yang serba Biru. Di kamar Anika serasa ada di langit.
Kutipan cerita di atas merupakan bagian resolusi karena....
a.memperkenalkan tokoh, watak, dan latar peristiwa secara umum.
b. menjelaskan secara detail watak tokoh.
c. ada permasalahan yang muncul dalam peristiwa tersebut.
d. permasalahan yang ada dalam cerita di atas sudah diselesaikan.
10. Urutan struktur teks narasi yang tepat adalah ...
a. abstrak, orientasi, komlikasi, evaluasi, resolusi
b. orientasi, abstrak, komplikasi, evaluasi, resolusi
c. komplikasi , orientasi, abstrak, evaluasi, resolusi
d. abstrak, komplikasi, oreientasi, evaluasi, resolusi
11. Bacalah teks berikut!
Pagi itu sangat cerah. Semua berjalan dengan lancar. Jarang sekali hal ini terjadi, bahkan hanya sebulan sekali aku bisa bangun sepagi ini. Sebenarnya semuanya sudah kusiapkan kemarin malam. Yang kulakukan sekarang hanya mempersiapkan diri. Setelah semua siap, aku pun berpamitan kepada orang tua sebelum berangkat ke sekolah untuk berkemah bersama teman-teman serta guruku.
“ Bu, aku berangkat dulu ya!” kataku kepada ibu.
Tak lama kemudian ibuku menyahut,“Iya Eno, hati-hati di jalan!
Aku pun berangkat ke sekolah naik angkutan umum.
Pagi itu pukul 06.30 aku sudah sampai di sekolah. Suasana sekolah sudah ramai sekali karena anak-anak sudah datang. Semua mengobrol tentang barang-barang yang mereka bawa. Ada yang membawa matras, tikar, makanan, bantal guling, dan masih banyak lagi. Walaupun saat itu sekolah sudah ramai, bapak dan ibu guru baru datang pukul 07.00.
Kalimat langsung pada teks tersebut adalah ...
a. Pagi itu sangat cerah. Semua berjalan dengan lancar.
b. “Bu, aku berangkat dulu ya!” kataku kepada ibu.
c. Pagi itu pukul 06.30 aku sudah sampai di sekolah.
d. Tak lama kemudian ibuku menyahut,“
12. Bacalah teks berikut!
Upik masih saja cemberut dari kemarin karena tidak tidak dibelikan kue stroberi di toko dekat rumahnya. Walau ibunya sudah menasihati, Upik tetap saja merengek-rengek kepada ibunya. Ibunya tahu bahwa Upik tidak suka makanan yang manis masam seperti kue stroberi yang dimintanya.
Penggalan narasi tersebut berisi tentang ….
a. Setting
b. tema
c. alur
d. penokohan
13. Kalimat tak langsung di bawah ini adalah ...
a. Ibu mengatakan kepadaku bawah aku memang anak yang baik.
b. “Kamu memang anak yang baik,” kata ibu kepadaku
c. Ibu mengatakan kepadaku, “Kamu memang anak yang baik.”
d. “Kamu memang anak yang baik.” Itulah yang dikatakan ibu kepadaku.
14. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
1) Tiara memang sudah curiga dengan tingkah laku teman-temannya di kelas.
2) Begitu juga saat jam istirahat mereka seperti menyembunyikan sesuatu.
3) Hari ini Tiara mendapat kejutan dari teman-teman sekelasnya
4) Benar saja, ketika pulang sekolah teman-teman Tiara memberi kejutan berupa kue ulang tahun dan taburan tepung.
Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi paragraf narasi yang padu adalah....
a. 3 – 4 – 2 -1
b. 3 – 4 – 1 -2
c. 3 – 1 – 2 - 4
d. 3 – 1 – 4 -2
15 Cerita fantasi yang mengisahkan kisah pada satu masa saja disebut dengan ...
a. latar lintas waktu
b. latar sezaman
c. latar masa kini
d. latar masa lalu
16. Jenis cerita fantasi, semua yang terdapat pada cerita tidak terjadi dalam dunia nyata disebut dengan ...
a. cerita narasi irisan
b. cerita narasi total
c. cerita fantasi irisan
d. cerita fantasi total
17. Salah satu ciri dari cerita fantasi adalah tokohnya memiliki keunikan, kecuali ...
a. memiliki kesaktian
b. saling menolong
c. mengalami peristiwa misterius
d. dapat menerobos dimensi waktu
18. Ciri orientasi pada cerita fantasi adalah ...
a. pengenalan tokoh, latar, watak tokoh, dan konflik
b. berisi alur cerita
c. berisi hubungan sebab akibat sehingga muncul masalah hingga masalah itu memuncak
d. berisi penyelesaian masalah dari konflik yang terjadi
Teks berikut untuk soal nomor 19 - 22
Nyonyo adalah nama seekor kura-kura yang memiliki keunikan daripada kura-kura lainnya, yaitu tempurung yang berwarna merah. Nyonyo tinggal sendiri di dekat sungai di dalam hutan. Saudara-saudaranya meninggalkannya karena malu dengan tempurungnya
Pagi itu Nyonyo berjalan-jalan di pinggir sungai. Matahari begitu terik sehingga kulit tangan dan kepalanya sedikit mengelupas. Ia bergegas memasuki sungai untuk membasahi diri. Tiba-tiba ia melihat banyak ikan yang berkumpul di tengah sungai. Dari ikan yang berkumpul itu di dengar kabar bahwa sungai itu akan kedatangan rombongan gajah. Mereka mencari air yang tersisa di musim kemarau. Bila mereka sampai di sungai ikan-ikan akan kehabisan air dan terinjak-injak.
Nyonyo berpikir cepat. Ia berenang cepat keluar sungai. Ia harus menyelamatkan teman-temannya. Ia berjalan tergesa-gesa menuju kawanan gajah. Ketika Burung Gagak telah menjauh dan rombongan gajah telah mendekat, Nyonyo menarik napas dalam-dalam. Tiba-tiba dari tempurungnya memancarkan merah menyala yang sangat menyilaukan. Gajah-gajah itu terkejut dan berlarian ke segala arah. Mereka seperti melihat padang rumput terbakar. Setelah tidak terdengar suara langkah kaki gajah, Nyonyo mematikan cahaya dari tempurungnya.
"Wah. Luar biasa. Sekarang aku baru tahu, darimana cahaya merah ketika hutan kita sangat gelap di malam hari," kata Burung Gagak sambil menepuk-nepuk tempurung Nyonyo.
19. Bagian orientasi pada teks tersebut terdapat pada paragraf ...
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
20. Bagian komplikasi pada teks tersebut terdapat pada paragraf ...
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
21. Bagian resolusi pada teks tersebut terdapat pada paragraf ...
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
22. Cerita fantasi bisa diilhami oleh latar nyata atau objek nyata dalam kehidupan tetapi diberi fantasi. Oleh karena itu, cerita fantasi bersifat ...
a. aktual
b. nonfiksi
c. fiksi
d. faktual
23. Pengaturan alur lengkap yang benar dalam cerita fantasi adalah ...
a. orientasi – resolusi – komplikasi – klimaks.
b. orientasi – komplikasi – klimaks – resolusi.
c. resolusi – orientasi – komplikasi – klimaks.
d. komplikasi – klimaks – orientasi – resolusi.
24. Bacalah teks berikut!
Kerajaan Tanah Sumedang diperintah raja yang adil dan bijaksana. Sang Raja mempunyai seorang anak bernama Putri Arum. Suatu ketika Putri Arum mengidap penyakit kulit yang menjijikkan. Raja mengadakan sayembara. Siapa dapat.menyembuhkan Putri Arum jika laki-laki akan dijodohkan, jika perempuan akan dijadikan saudara.
Bujang Trindil pembantu setia Dang Anggana mengikuti sayembara. Ia segera pergi mencari obat. Ia berjalan mendaki gunung tinggi dan menjelajah hutan belantara. Karena lelah, ia tertidur di bawah pohon rindang dan bermimpi. Dalam mimpi itu, ia disuruh membuat sumur. Sumur itu akan mengeluarkan air panas sebagai sarana menyembuhkan Putri Arum. Ketika terbangun, Bujang Trindil segera melakukan seperti dalam mimpinya. Keajaiban terjadi. Setelah Putri Arum mandi dengan air sumur itu, penyakit kulitnya lenyap.
Akhirnya, Bujang Trindil mendapatkan hadiah. Namun, hadiah itu ia serahkan kepada tuannya, Dang Anggana. Menikahlah Dang Anggana dengan Sang Putri Arum. Bujang Trindil merasa lega dan bahagia.
Amanat yang terkandung dalam cerita tersebut yaitu ...
a. Menolong harus dilakukan tanpa pamrih.
b. Berjuanglah selagi mampu melakukan.
c. Berilah pertolongan kepada yang membutuhkan.
d. Orang sakit harus diberi pertolongan.
25. Bacalah teks berikut!
Ia lelaki tua pembuat kubah yang bekerja setelah fajar dan berhenti saat pudar matahari. Tujuh hari sepekan, tiga puluh hari sebulan, cuma diselingi kegiatan lain yang tak dapat diabaikan: makan, tidur, ke masjid tiap Jumat, bersapaan dengan tetangga atau kenalan yang lewat.
Tema kutipan teks tersebut adalah ...
a. pendidikan
b. perjuangan
c. persahabatan
d. percintaan
26. Bacalah kutipan teks berukut!
Aku tegak di atas panggung aula madrasah sambil mengguncang-guncang telapak tanganku, Pak Rusdi, kepala sekolahku memberi selamat karena nilai ujianku termasuk uang tertinggi di Kabupaten Agam. Tepuk tangan murid, orang tua dan guru terdengar riuh mengepung aula. Muka dan kupingku bersemu merah detak jantungku melonjak-lonjakgirang. Aku tersenyum malu-malu ketika Pak Rusdi menyodorkan mik kemulutku.dia menunggu sambil menunduk, aku paksakan bicara. Yang keluar dari tenggorokanku hanyalah bisikan lirih yang bergetar karena gugup. “emm... terimakasih Pak... itu saja..” suaraku layu tercekat. Tanganku dingin
Nilaiku adalah tiket utama untuk mendaftar ke SMA terbaik. Tiga tahun aku ikuti perintah amak belajar di madrasah tsnawiyah, sekarang waktunya aku menjadi orang umumnya. Masuk jalur non agama-SMA. Alangkah bangganya kalau bisa bilang saya anak Bukit Tinggi. (A. Fuadi, 2009:5)
Contoh latar waktu yang digunakan dalam kutipan teks diatas adalah
a. Aku tegak diatas panggung aula
b. Muka dan kupingku bersemu merah
c. Nilaiku adalah tiket utama untuk mrendaftar ke SMA terbaik
d. Tiga tahun aku ikuti perintah amak
27. Alur yang dipakai dalam kutipapan teks diatas adalah ...
a. alur maju
b. alur mundur
c. alur maju dan alur mundur
d. alur campuran
28. Teks prosedur dapat kita ketahui dari ciri-cirinya yang menggunakan kalimat ...
a. kalimat tanya
b. Kalimat perintah
c. kalimat berita
d. Kalimat wcana
29. Teks prosedur disusun dengan tujuan sebagai berikut, kecuali ....
a. menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan
b. menjelaskan cara untuk melakukan suatu pekerjaan
c. menjelaskan penggunaan suatu alat
d. menjelaskan sebuah objek
30. Struktur teks prosedur yang tepat adalah ....
a. tujuan, langkah, bahan dan alat, penutup
b. tujuan, urutan langkah, penutup
c. bahan dan alat, langkah, tujuan, penutup
d. bahan dan alat, tujuan, langkah, penutup
Perhatikan teks berikut!
(1) Perlu belajar mematikan komputer secara benar sehingga tidak cepat rusakdan berdampak negatif. Untuk mematikan komputer ada beberapa tahap yang harus diperhatikan.
(2) Langkah-langkahnya:
• Tutup semua aplikasi yang anda gunakan.
• Klik menu start (xp)/ logo Windows (7) di pojok kiri bawah
• Pilih shutdown dan tunggu beberapa saat hingga komputer anda benar-benar mati.
• Setelah komputer benar-benar mati, kemudian tekan tombol pada monitor dan speaker, stabilizer dan perangkat komputer lainnya.
• Setelah itu baru cabut kabel dari stop kontak. Hal ini bertujuan untuk menghemat daya dan mengantisipasi terjadinya korsleting listrik
(3) Selamat mematikan komputer secara benar.
31. Bagian isi teks prosedur terdapat pada teks nomer
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (1),(2)
32. Yang merupakan kalimat penutup teks prosedur berdasarkan teks diatas adalah...
a. Untuk mematikan komputer ada beberapa tahap yang harus diperhatikan.
b. Tutup semua aplikasi yang anda gunakan.
c. Klik menu star (xp)/logo windows (7) dipojok kiri bawah.
d. Selamat mematikan komputer secara benar.
33. Langkah mematikan komputer yang tepat berdasarkan teks diatas adalah ....
a. Menutup semua apliksi yang digunakan, lalu klik menu( xp), kemudian pilih shutdown.
b. Pilih shutdown dan tunggu beberapa saat
c. Tekan tombol pada monitor dan speaker
d. Setelah komputer benar-benar mati cabut kabel dari stop kontak
34. Ciri umum dari kalimat perintah adalah ....
a. Kalimat diakhiri tanda seru (!)
b. Biasanya menggunakan partikel lah atau kan
c. Intonasi pada bagian tengah kalimat meninggi
d. Menggunakan kata kerja pasif
35. Perhatikan kalimat di bawah ini ....
(1) Ibu mencuci piring
(2) Arman menaiki sepeda
(3) Rifki berjalan kaki menuju madrasah
(4) Ayah mencangkul di sawah
Kalimat yang menggunakan keterangan cara terdapat pada kalimat nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
36. Berikut ini adalah kalimat yang menggunakan keterangan alat, kecuali ....
a. Siapkan beberapa buah tomat
b. Tambahkan sejumput garam
c. Haluskan wortel menggunakan blender
d. Sajikan dalam gelas
37. Cara bermain angklung
(1) Pegang angklung dengan tangan kiri
(2) Pegang dengan genggaman dan telapak tangan menghadap ke atas ataupun ke bawah
(3) Posisikan angklung yang dipegang tegak dan sejajar dengan tubuh. Kemudian getarkan.
(4) Sewaktu angklung digetarkan, sebaiknya dilakukan dengan frekuensi yang cukup sering sehingga suara angklung lebih halus dan merata.
Kalimat keterangan tujuan pada teks prosedur terdapat pada kalimat nomer..
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
38. Kalimat dibawah ini merupakan isi dari teks prosedur. Manakah kalimat yang menunjukkan keterangan akibat?
a. Bungkuslah adonan dengan rapat
b. Minum cairan tanpa diaduk
c. Lukis kain dengan canting
d. Gorenglah hingga berwarna kecokelatan
39. Warnai gambarmu agar terlihat lebih bagus.
Imbuhan -i pada kata mewarnai memiliki makna
a. kata kerja aktif
b. kata kerja pasif
c. kata kerja imperatif
d. Kata kerja transitif
40. Fungsi Imbuhan –kan adalah dapat merubah kata kerja menjadi kata perintah.
Contoh yang tepat untuk pernyataan tersebut adalah ...
a. Es ini menghilangkan dahaga
b. Tuangkan air sedikit demi sedikit
c. Ani memerhatikan keterangan buk guru
d. Jono mengirimkan surat untuk ibu
41. Baclah teks berikut
Pantai adalah batas antara darat dengan laut. Batas ini merupakan zona laut sampai dengan kedalaman 200m. Jadi sifat-sifat pantai sama dengan daratan. Menurut bentuknya ada empat macam pantai, yaitu pantai bertebing, pantai landai, pantai curam, dan pantai karang
Pantai landai memiliki ciri pantai yang permukaanya relatif datar, termasuk pantai jenis ini adalah pantai mangrove, pantai bukit pasir, pantai delta, dan pantai estari.
Teks diatas merupakan contoh teks laporan hasil observasi. Adapun struktur yang ditampkan dalam teks adalah...
a. Definisi umum, gambaran pantai, kesimpulan
b. Definisi umum, deskripsi bagian, kesimpulan
c. Deskripsi objek, deskripsi bagian, kesimpulan
d. Pernyataan umum, deskripsi bagian, kesimpulan
42. Perhatikan teks berikut ....
(1) Menyusun laporan
(2) menyusun kalimat pembuka
(3) menyusun kalimat penutup
(4) membuat judul
Langkah yang tepat untuk menyusun teks hasil observasi adalah
a. (1)-(2)-(3)-(4)
b. (1)-(3)-(2)-(4)
c. (4)-(3)-(2)-(1)
d. (4)-(2)-(1)-(3)
43. Yang menyatakan ciri isi teks hasil observasi adalah ....
a. Berisikan langkah-langkah melakukan sesuatu
b. Mendeskripsikan suatu objek
c. Terdapat panduan penggunaan
d. Isi yang dibahas adalah ilmu tentang suatu objek
44. Pernyataan umum dalam teks hasil observasi biasanya berisi ....
a. penjelasan secara rinci tentang suatu pengertian objek yang diamati
b. berisi deskripsi bagian-bagian objek
c. berisi manfaat sebuah objek
d. berisi keterangan tentang sebuah objek
45. Teks hasil observasi ditulis dengan tujuan...
a. untuk mengetahui sebuah tempat
b. untuk mengetahuan cara penggunaan sebuah alat
c. sebagai sarana informasi hasil sebuah penelitan
d. sebagai penjelas struktur teks
46. Yang merupakan ciri khusus teks laporan hasil observasi yang tepat adalah ....
a. merupakan hasil laporan penelitian tentang sebuah objek
b. merupakan pendeskripsian objek
c. merupakan panduan cara
d. merupakan petunjuk
Teks berikut untuk soal nomer 47-48
Kantong semar merupakan jenis tanaman langka karnivora. Sewaktu daun masih muda kantong pemangsa pada Nephentes tertutup. Lantas, terbuka ketika sudah dewasa. Namun bukan berarti kantong flora karnivora ini menutup masih muda saja. Ia menutup diri ketika sedang mengganyang mangsa. Tujuannya supaya proses pencernaan berjalan lancar dan tidak diganggu kawanan musuh yang siap merebut makanan yang sudah diperoleh.
47. Kalimat utama pada teks diatas terlekat di ....
a. awal paragraf
b. tengah paragraf
c. di akhir paragraf
d. di awal dan di akhir paragraf
48. Teks diatas mendeskripsikan tentang ....
a. Tumbuhan karnivora
b. Kantong semar sebagai jenis tanaman langka
c. Kantong semar memangsa dengan daun
d. Daun kantong semar terbuka saat masih mudan
49. Tanaman dapat dikelompokkan berdasarkan cara berkembang biak ataau memperbanyak dirinya.
Kutipan paragraf diatas merupakan salah satu bagian teks hasil observasi, yaitu ....
a. pernyataan umum
b. perincian bagian
c. pendeskripsian objek
d. kesimpulan
50. Yang tidak termasuk ciri teks hasil observasi, yaitu ....
a. harus mengandung fakta
b. harus objektif
c. disajikan dalam susunan yang logis
d. memasukan hal-hal yang memihak
Lihat juga: Soal Ulangan Semester Bahasa Indonesia SMP/MTs (Kelas 7, 8, 9)
Pilihlah jawaban yang tepat di antara a,b,c,d!
1. Pernyataan berikut yang termasuk ciri-ciri teks deskripsi adalah ....
a. Bersifat menceritakan.
b. Mengandung bukti dan kebenaran.
c. Menggunakan contoh, fakta, gambar peta, dan angka.
d. Menggambarkan objek sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indra.
2. Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini!
(a) Ada pula yang berulat.
(b) Keadaannya begitu kurus.
(c) Pohon-pohonan itu meranggas.
(d) Beberapa di antara pepohonan itu bahkan ada yang mati.
(e) Jangankan berbunga, daun-daunnya pun hampir tidak ada.
(f) Beberapa pohon tanaman hias di halaman rumahku tidak mau berbunga.
Susunan kalimat yang benar sehingga menghasilkan teks deskripsi yang padu adalah ..
a. (c)-(a)-(b)-(d)-(e)-(f)
b. (c)-(b)-(a)-(d)-(f)-(e)
c. (f)-(e)-(d)-(c)-(a)-(b)
d. (f)-(e)-(a)-(c)-(b)-(d)
3. Bacalah teks berikut!
Gua peninggalan penjajahan Jepang itu tidak terawat. Banyak coretan di dinding gua mengganggu pemandangan mata. Di pintu masuk gua ditumbuhi banyak rumput dan ilalang. Sampah-sampah berserakan di dasar gua. Rupanya pemerintah setempat kurang memedulikan objek bersejarah tersebut.
Paragraf tersebut termasuk ....
a. deskripsi orang
b. deskripsi waktu
c. deskripsi tempat
d. deskripsi objektif
4. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1) Bukit hijau menjadi latar pantai.
2) Debur ombak pantai terdengar berirama.
3) Udara di pinggir pantai terasa segar.
4) Air kecil dengan buih-buih kecil.
5) Pantai panjang dengan pasir putih.
kalimat yang menggunakan panca indra pengelihatan ditunjukkan dengan nomor ...
a. 1, 2, dan 5
b. 2, 3, dan 4
c. 1, 2, dan 4
d. 1, 4, dan 5
5. Pernyataan berikut yang dihindari dalam memberi tanggapan adalah ....
a. Memahami masalah yang akan ditanggapi.
b. Menggunakan kalimat atau kata-kata kasar.
c. Menanggapi permasalahan yang dibahas.
d. Menggunakan bahasa sopan mudah dipahami.
6. Keindahan alam Indonesia harus dicintai dan dilestarikan.
Makna kata yang dicetak miring adalah ...
a. diteruskan
b. dijaga keberlangsungannya
c. diperpanjang hidupnya
d. dimanfaatkan kegunaannya
7. Perhatikan teks berikut!
Sekolah merupakan tempat untuk menuntut ilmu yang dimana terdapat siswa dan guru. Sekolah dibagi menjadi dua yaitu Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta. Sekolah Negeri merupakan Sekolah yang dibangun dan dibiayai oleh pemerintah. Sedangkan Sekolah Swasta adalah sekolah yang biasanya dimiliki oleh yayasan atau perorangan. Tujuan dari adanya sekolah itu sendiri untuk mengajarkan siswa baik itu tentang pengetahuan maupun untuk belajar cara bersikap sopan di dalam hidup bermasyarakat. Manfaat adanya Sekolah sendiri dapat dilihat dari banyaknya siswa yang memiliki prestasi yang baik dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Karena dengan tidak adanya Sekolah seseorang belum tentu akan mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan karena banyaknya prasarat untuk mendapatkan pekerjaan yang baik.
Di dalam Sekolah Negeri maupun sekolah swasta memiliki persamaan kelengkapan yang ada di dalam sekolah seperti Perpustakaan, Lab Komputer, Uks, Lab Bahasa dan sebagainya. Kelengkapan di dalam ruangan yang ada di dalam sekolah juga tidak memiliki banyak perbedaan contohnya di dalam kelas terdapat meja dan kursi. Perbedaan yang ada di ruang kelas seperti fasilitas seperti, Ac, Kipas Angin, Speaker itupun hanya bisa di dapatkan di Sekolah yang memang terkenal memiliki fasilitas yang baik. Sedangkan fasilitas di luar ruangan dapat dilihat dari kelengkapan fasilitas olah raga yang dimiliki. Selain Sekolah yang memiliki fasilitas yang baik tidak menutup kemungkinan juga banyak sekolah yang kurang memiliki fasilitas yang memadai. Biasanya Sekolah yang kurang memiliki fasilitas yang baik terdapat di wilayah pedalaman.
Seorang siswa yang menduduki bangku sekolah memiliki perbedaan yang cukup jauh dibandingkan seseorang yang tidak menduduki bangku sekolah. Karena manfaat yang di berikan dari adanya Sekolah sendiri adalah untuk mencerdaskan siswa dalam hal pelajaran maupun cara berperilaku yang baik. Karena seseorang yang tidak menduduki bangku sekolah dirasa kurang memiliki pemahaman yang tepat mengenai cara belajar yang baik karena kurangnya dorongan dari seseorang yang memang memiliki pengetahuan yang lebih dalam suatu bidang.
Selain adanya fasilitas yang ada di dalam Sekolah Akreditasi yang ada pada sekolah jugalah penting. Karena Akreditasi menentukan baik tidaknya sekolah itu dalam segala aspek. Baik dalam prestasi maupun fasilitas. Akreditasi yang ada pada sekolah juga diperhatikan dan dipertimbangkan dalam pemilihan siswa dalam sebuah Sekolah. Misalnya siswa yang ingin mendaftar di perguruan tinggi terlebih dahulu di pertimbangkan dari mana asal Sekolah siswa tersebut dan predikat dari akreditasi yang dimilikinya.
Bagian identifikasi terdapat pada paragraf ...
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. keempat
8. Kebakaran hutan pada lereng Lawu Utara merupakan ancaman buat ekosistem di wilayah itu. Ribuan hektar hutan yang masih menutupi sebagian lereng utara terancam rusak jika terjadi kebakaran. Lereng utara termasuk wilayah Karanganyar, terdapat lebih daripada 6.000 hektar hutan berbagai jenis
Perbaikan kata bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ...
a. atas, untuk, pada
b. di, untuk, dari
c. atas, bagi, dari
d. di, bagi, dari
9. Bacalah kutipan cerita fantasi berikut ini!
Anika menemukan tiga kotak berwarna ungu, biru, dan kuning di kamar ibunya. Kata ibunya jika ada tiga sahabat yang menyukai warna seperti pada kotak itu akan mendapatkan petualangan indah dan sekaligus mendapatkan berlian itu. Tapi waktu yang diberikan untuk berpetualang hanya satu jam.
Anika menyukai warna ungu. Tamika, teman dekat Anika, menyukai warna biru. Dan Chika menyukai warna kuning. “Saya ingin mencoba petualangan indah itu Bu. Saya punya sahabat yang menyukai warna itu,” Anika meyakinkan ibunya. Dengan kesepakatan ketiga sahabat itu berkumpul di rumah Anika. Minggu pukul 6 mereka semua masuk ke kamar Anika yang serba Biru. Di kamar Anika serasa ada di langit.
Kutipan cerita di atas merupakan bagian resolusi karena....
a.memperkenalkan tokoh, watak, dan latar peristiwa secara umum.
b. menjelaskan secara detail watak tokoh.
c. ada permasalahan yang muncul dalam peristiwa tersebut.
d. permasalahan yang ada dalam cerita di atas sudah diselesaikan.
10. Urutan struktur teks narasi yang tepat adalah ...
a. abstrak, orientasi, komlikasi, evaluasi, resolusi
b. orientasi, abstrak, komplikasi, evaluasi, resolusi
c. komplikasi , orientasi, abstrak, evaluasi, resolusi
d. abstrak, komplikasi, oreientasi, evaluasi, resolusi
11. Bacalah teks berikut!
Pagi itu sangat cerah. Semua berjalan dengan lancar. Jarang sekali hal ini terjadi, bahkan hanya sebulan sekali aku bisa bangun sepagi ini. Sebenarnya semuanya sudah kusiapkan kemarin malam. Yang kulakukan sekarang hanya mempersiapkan diri. Setelah semua siap, aku pun berpamitan kepada orang tua sebelum berangkat ke sekolah untuk berkemah bersama teman-teman serta guruku.
“ Bu, aku berangkat dulu ya!” kataku kepada ibu.
Tak lama kemudian ibuku menyahut,“Iya Eno, hati-hati di jalan!
Aku pun berangkat ke sekolah naik angkutan umum.
Pagi itu pukul 06.30 aku sudah sampai di sekolah. Suasana sekolah sudah ramai sekali karena anak-anak sudah datang. Semua mengobrol tentang barang-barang yang mereka bawa. Ada yang membawa matras, tikar, makanan, bantal guling, dan masih banyak lagi. Walaupun saat itu sekolah sudah ramai, bapak dan ibu guru baru datang pukul 07.00.
Kalimat langsung pada teks tersebut adalah ...
a. Pagi itu sangat cerah. Semua berjalan dengan lancar.
b. “Bu, aku berangkat dulu ya!” kataku kepada ibu.
c. Pagi itu pukul 06.30 aku sudah sampai di sekolah.
d. Tak lama kemudian ibuku menyahut,“
12. Bacalah teks berikut!
Upik masih saja cemberut dari kemarin karena tidak tidak dibelikan kue stroberi di toko dekat rumahnya. Walau ibunya sudah menasihati, Upik tetap saja merengek-rengek kepada ibunya. Ibunya tahu bahwa Upik tidak suka makanan yang manis masam seperti kue stroberi yang dimintanya.
Penggalan narasi tersebut berisi tentang ….
a. Setting
b. tema
c. alur
d. penokohan
13. Kalimat tak langsung di bawah ini adalah ...
a. Ibu mengatakan kepadaku bawah aku memang anak yang baik.
b. “Kamu memang anak yang baik,” kata ibu kepadaku
c. Ibu mengatakan kepadaku, “Kamu memang anak yang baik.”
d. “Kamu memang anak yang baik.” Itulah yang dikatakan ibu kepadaku.
14. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
1) Tiara memang sudah curiga dengan tingkah laku teman-temannya di kelas.
2) Begitu juga saat jam istirahat mereka seperti menyembunyikan sesuatu.
3) Hari ini Tiara mendapat kejutan dari teman-teman sekelasnya
4) Benar saja, ketika pulang sekolah teman-teman Tiara memberi kejutan berupa kue ulang tahun dan taburan tepung.
Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi paragraf narasi yang padu adalah....
a. 3 – 4 – 2 -1
b. 3 – 4 – 1 -2
c. 3 – 1 – 2 - 4
d. 3 – 1 – 4 -2
15 Cerita fantasi yang mengisahkan kisah pada satu masa saja disebut dengan ...
a. latar lintas waktu
b. latar sezaman
c. latar masa kini
d. latar masa lalu
16. Jenis cerita fantasi, semua yang terdapat pada cerita tidak terjadi dalam dunia nyata disebut dengan ...
a. cerita narasi irisan
b. cerita narasi total
c. cerita fantasi irisan
d. cerita fantasi total
17. Salah satu ciri dari cerita fantasi adalah tokohnya memiliki keunikan, kecuali ...
a. memiliki kesaktian
b. saling menolong
c. mengalami peristiwa misterius
d. dapat menerobos dimensi waktu
18. Ciri orientasi pada cerita fantasi adalah ...
a. pengenalan tokoh, latar, watak tokoh, dan konflik
b. berisi alur cerita
c. berisi hubungan sebab akibat sehingga muncul masalah hingga masalah itu memuncak
d. berisi penyelesaian masalah dari konflik yang terjadi
Teks berikut untuk soal nomor 19 - 22
Nyonyo adalah nama seekor kura-kura yang memiliki keunikan daripada kura-kura lainnya, yaitu tempurung yang berwarna merah. Nyonyo tinggal sendiri di dekat sungai di dalam hutan. Saudara-saudaranya meninggalkannya karena malu dengan tempurungnya
Pagi itu Nyonyo berjalan-jalan di pinggir sungai. Matahari begitu terik sehingga kulit tangan dan kepalanya sedikit mengelupas. Ia bergegas memasuki sungai untuk membasahi diri. Tiba-tiba ia melihat banyak ikan yang berkumpul di tengah sungai. Dari ikan yang berkumpul itu di dengar kabar bahwa sungai itu akan kedatangan rombongan gajah. Mereka mencari air yang tersisa di musim kemarau. Bila mereka sampai di sungai ikan-ikan akan kehabisan air dan terinjak-injak.
Nyonyo berpikir cepat. Ia berenang cepat keluar sungai. Ia harus menyelamatkan teman-temannya. Ia berjalan tergesa-gesa menuju kawanan gajah. Ketika Burung Gagak telah menjauh dan rombongan gajah telah mendekat, Nyonyo menarik napas dalam-dalam. Tiba-tiba dari tempurungnya memancarkan merah menyala yang sangat menyilaukan. Gajah-gajah itu terkejut dan berlarian ke segala arah. Mereka seperti melihat padang rumput terbakar. Setelah tidak terdengar suara langkah kaki gajah, Nyonyo mematikan cahaya dari tempurungnya.
"Wah. Luar biasa. Sekarang aku baru tahu, darimana cahaya merah ketika hutan kita sangat gelap di malam hari," kata Burung Gagak sambil menepuk-nepuk tempurung Nyonyo.
19. Bagian orientasi pada teks tersebut terdapat pada paragraf ...
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
20. Bagian komplikasi pada teks tersebut terdapat pada paragraf ...
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
21. Bagian resolusi pada teks tersebut terdapat pada paragraf ...
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
22. Cerita fantasi bisa diilhami oleh latar nyata atau objek nyata dalam kehidupan tetapi diberi fantasi. Oleh karena itu, cerita fantasi bersifat ...
a. aktual
b. nonfiksi
c. fiksi
d. faktual
23. Pengaturan alur lengkap yang benar dalam cerita fantasi adalah ...
a. orientasi – resolusi – komplikasi – klimaks.
b. orientasi – komplikasi – klimaks – resolusi.
c. resolusi – orientasi – komplikasi – klimaks.
d. komplikasi – klimaks – orientasi – resolusi.
24. Bacalah teks berikut!
Kerajaan Tanah Sumedang diperintah raja yang adil dan bijaksana. Sang Raja mempunyai seorang anak bernama Putri Arum. Suatu ketika Putri Arum mengidap penyakit kulit yang menjijikkan. Raja mengadakan sayembara. Siapa dapat.menyembuhkan Putri Arum jika laki-laki akan dijodohkan, jika perempuan akan dijadikan saudara.
Bujang Trindil pembantu setia Dang Anggana mengikuti sayembara. Ia segera pergi mencari obat. Ia berjalan mendaki gunung tinggi dan menjelajah hutan belantara. Karena lelah, ia tertidur di bawah pohon rindang dan bermimpi. Dalam mimpi itu, ia disuruh membuat sumur. Sumur itu akan mengeluarkan air panas sebagai sarana menyembuhkan Putri Arum. Ketika terbangun, Bujang Trindil segera melakukan seperti dalam mimpinya. Keajaiban terjadi. Setelah Putri Arum mandi dengan air sumur itu, penyakit kulitnya lenyap.
Akhirnya, Bujang Trindil mendapatkan hadiah. Namun, hadiah itu ia serahkan kepada tuannya, Dang Anggana. Menikahlah Dang Anggana dengan Sang Putri Arum. Bujang Trindil merasa lega dan bahagia.
Amanat yang terkandung dalam cerita tersebut yaitu ...
a. Menolong harus dilakukan tanpa pamrih.
b. Berjuanglah selagi mampu melakukan.
c. Berilah pertolongan kepada yang membutuhkan.
d. Orang sakit harus diberi pertolongan.
25. Bacalah teks berikut!
Ia lelaki tua pembuat kubah yang bekerja setelah fajar dan berhenti saat pudar matahari. Tujuh hari sepekan, tiga puluh hari sebulan, cuma diselingi kegiatan lain yang tak dapat diabaikan: makan, tidur, ke masjid tiap Jumat, bersapaan dengan tetangga atau kenalan yang lewat.
Tema kutipan teks tersebut adalah ...
a. pendidikan
b. perjuangan
c. persahabatan
d. percintaan
26. Bacalah kutipan teks berukut!
Aku tegak di atas panggung aula madrasah sambil mengguncang-guncang telapak tanganku, Pak Rusdi, kepala sekolahku memberi selamat karena nilai ujianku termasuk uang tertinggi di Kabupaten Agam. Tepuk tangan murid, orang tua dan guru terdengar riuh mengepung aula. Muka dan kupingku bersemu merah detak jantungku melonjak-lonjakgirang. Aku tersenyum malu-malu ketika Pak Rusdi menyodorkan mik kemulutku.dia menunggu sambil menunduk, aku paksakan bicara. Yang keluar dari tenggorokanku hanyalah bisikan lirih yang bergetar karena gugup. “emm... terimakasih Pak... itu saja..” suaraku layu tercekat. Tanganku dingin
Nilaiku adalah tiket utama untuk mendaftar ke SMA terbaik. Tiga tahun aku ikuti perintah amak belajar di madrasah tsnawiyah, sekarang waktunya aku menjadi orang umumnya. Masuk jalur non agama-SMA. Alangkah bangganya kalau bisa bilang saya anak Bukit Tinggi. (A. Fuadi, 2009:5)
Contoh latar waktu yang digunakan dalam kutipan teks diatas adalah
a. Aku tegak diatas panggung aula
b. Muka dan kupingku bersemu merah
c. Nilaiku adalah tiket utama untuk mrendaftar ke SMA terbaik
d. Tiga tahun aku ikuti perintah amak
27. Alur yang dipakai dalam kutipapan teks diatas adalah ...
a. alur maju
b. alur mundur
c. alur maju dan alur mundur
d. alur campuran
28. Teks prosedur dapat kita ketahui dari ciri-cirinya yang menggunakan kalimat ...
a. kalimat tanya
b. Kalimat perintah
c. kalimat berita
d. Kalimat wcana
29. Teks prosedur disusun dengan tujuan sebagai berikut, kecuali ....
a. menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan
b. menjelaskan cara untuk melakukan suatu pekerjaan
c. menjelaskan penggunaan suatu alat
d. menjelaskan sebuah objek
30. Struktur teks prosedur yang tepat adalah ....
a. tujuan, langkah, bahan dan alat, penutup
b. tujuan, urutan langkah, penutup
c. bahan dan alat, langkah, tujuan, penutup
d. bahan dan alat, tujuan, langkah, penutup
Perhatikan teks berikut!
(1) Perlu belajar mematikan komputer secara benar sehingga tidak cepat rusakdan berdampak negatif. Untuk mematikan komputer ada beberapa tahap yang harus diperhatikan.
(2) Langkah-langkahnya:
• Tutup semua aplikasi yang anda gunakan.
• Klik menu start (xp)/ logo Windows (7) di pojok kiri bawah
• Pilih shutdown dan tunggu beberapa saat hingga komputer anda benar-benar mati.
• Setelah komputer benar-benar mati, kemudian tekan tombol pada monitor dan speaker, stabilizer dan perangkat komputer lainnya.
• Setelah itu baru cabut kabel dari stop kontak. Hal ini bertujuan untuk menghemat daya dan mengantisipasi terjadinya korsleting listrik
(3) Selamat mematikan komputer secara benar.
31. Bagian isi teks prosedur terdapat pada teks nomer
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (1),(2)
32. Yang merupakan kalimat penutup teks prosedur berdasarkan teks diatas adalah...
a. Untuk mematikan komputer ada beberapa tahap yang harus diperhatikan.
b. Tutup semua aplikasi yang anda gunakan.
c. Klik menu star (xp)/logo windows (7) dipojok kiri bawah.
d. Selamat mematikan komputer secara benar.
33. Langkah mematikan komputer yang tepat berdasarkan teks diatas adalah ....
a. Menutup semua apliksi yang digunakan, lalu klik menu( xp), kemudian pilih shutdown.
b. Pilih shutdown dan tunggu beberapa saat
c. Tekan tombol pada monitor dan speaker
d. Setelah komputer benar-benar mati cabut kabel dari stop kontak
34. Ciri umum dari kalimat perintah adalah ....
a. Kalimat diakhiri tanda seru (!)
b. Biasanya menggunakan partikel lah atau kan
c. Intonasi pada bagian tengah kalimat meninggi
d. Menggunakan kata kerja pasif
35. Perhatikan kalimat di bawah ini ....
(1) Ibu mencuci piring
(2) Arman menaiki sepeda
(3) Rifki berjalan kaki menuju madrasah
(4) Ayah mencangkul di sawah
Kalimat yang menggunakan keterangan cara terdapat pada kalimat nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
36. Berikut ini adalah kalimat yang menggunakan keterangan alat, kecuali ....
a. Siapkan beberapa buah tomat
b. Tambahkan sejumput garam
c. Haluskan wortel menggunakan blender
d. Sajikan dalam gelas
37. Cara bermain angklung
(1) Pegang angklung dengan tangan kiri
(2) Pegang dengan genggaman dan telapak tangan menghadap ke atas ataupun ke bawah
(3) Posisikan angklung yang dipegang tegak dan sejajar dengan tubuh. Kemudian getarkan.
(4) Sewaktu angklung digetarkan, sebaiknya dilakukan dengan frekuensi yang cukup sering sehingga suara angklung lebih halus dan merata.
Kalimat keterangan tujuan pada teks prosedur terdapat pada kalimat nomer..
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
38. Kalimat dibawah ini merupakan isi dari teks prosedur. Manakah kalimat yang menunjukkan keterangan akibat?
a. Bungkuslah adonan dengan rapat
b. Minum cairan tanpa diaduk
c. Lukis kain dengan canting
d. Gorenglah hingga berwarna kecokelatan
39. Warnai gambarmu agar terlihat lebih bagus.
Imbuhan -i pada kata mewarnai memiliki makna
a. kata kerja aktif
b. kata kerja pasif
c. kata kerja imperatif
d. Kata kerja transitif
40. Fungsi Imbuhan –kan adalah dapat merubah kata kerja menjadi kata perintah.
Contoh yang tepat untuk pernyataan tersebut adalah ...
a. Es ini menghilangkan dahaga
b. Tuangkan air sedikit demi sedikit
c. Ani memerhatikan keterangan buk guru
d. Jono mengirimkan surat untuk ibu
41. Baclah teks berikut
Pantai adalah batas antara darat dengan laut. Batas ini merupakan zona laut sampai dengan kedalaman 200m. Jadi sifat-sifat pantai sama dengan daratan. Menurut bentuknya ada empat macam pantai, yaitu pantai bertebing, pantai landai, pantai curam, dan pantai karang
Pantai landai memiliki ciri pantai yang permukaanya relatif datar, termasuk pantai jenis ini adalah pantai mangrove, pantai bukit pasir, pantai delta, dan pantai estari.
Teks diatas merupakan contoh teks laporan hasil observasi. Adapun struktur yang ditampkan dalam teks adalah...
a. Definisi umum, gambaran pantai, kesimpulan
b. Definisi umum, deskripsi bagian, kesimpulan
c. Deskripsi objek, deskripsi bagian, kesimpulan
d. Pernyataan umum, deskripsi bagian, kesimpulan
42. Perhatikan teks berikut ....
(1) Menyusun laporan
(2) menyusun kalimat pembuka
(3) menyusun kalimat penutup
(4) membuat judul
Langkah yang tepat untuk menyusun teks hasil observasi adalah
a. (1)-(2)-(3)-(4)
b. (1)-(3)-(2)-(4)
c. (4)-(3)-(2)-(1)
d. (4)-(2)-(1)-(3)
43. Yang menyatakan ciri isi teks hasil observasi adalah ....
a. Berisikan langkah-langkah melakukan sesuatu
b. Mendeskripsikan suatu objek
c. Terdapat panduan penggunaan
d. Isi yang dibahas adalah ilmu tentang suatu objek
44. Pernyataan umum dalam teks hasil observasi biasanya berisi ....
a. penjelasan secara rinci tentang suatu pengertian objek yang diamati
b. berisi deskripsi bagian-bagian objek
c. berisi manfaat sebuah objek
d. berisi keterangan tentang sebuah objek
45. Teks hasil observasi ditulis dengan tujuan...
a. untuk mengetahui sebuah tempat
b. untuk mengetahuan cara penggunaan sebuah alat
c. sebagai sarana informasi hasil sebuah penelitan
d. sebagai penjelas struktur teks
46. Yang merupakan ciri khusus teks laporan hasil observasi yang tepat adalah ....
a. merupakan hasil laporan penelitian tentang sebuah objek
b. merupakan pendeskripsian objek
c. merupakan panduan cara
d. merupakan petunjuk
Teks berikut untuk soal nomer 47-48
Kantong semar merupakan jenis tanaman langka karnivora. Sewaktu daun masih muda kantong pemangsa pada Nephentes tertutup. Lantas, terbuka ketika sudah dewasa. Namun bukan berarti kantong flora karnivora ini menutup masih muda saja. Ia menutup diri ketika sedang mengganyang mangsa. Tujuannya supaya proses pencernaan berjalan lancar dan tidak diganggu kawanan musuh yang siap merebut makanan yang sudah diperoleh.
47. Kalimat utama pada teks diatas terlekat di ....
a. awal paragraf
b. tengah paragraf
c. di akhir paragraf
d. di awal dan di akhir paragraf
48. Teks diatas mendeskripsikan tentang ....
a. Tumbuhan karnivora
b. Kantong semar sebagai jenis tanaman langka
c. Kantong semar memangsa dengan daun
d. Daun kantong semar terbuka saat masih mudan
49. Tanaman dapat dikelompokkan berdasarkan cara berkembang biak ataau memperbanyak dirinya.
Kutipan paragraf diatas merupakan salah satu bagian teks hasil observasi, yaitu ....
a. pernyataan umum
b. perincian bagian
c. pendeskripsian objek
d. kesimpulan
50. Yang tidak termasuk ciri teks hasil observasi, yaitu ....
a. harus mengandung fakta
b. harus objektif
c. disajikan dalam susunan yang logis
d. memasukan hal-hal yang memihak
Post a Comment for "Soal Penilaian Akhir Semester Kurikulum 2013 Kelas 7 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia"
"Berkomentarlah dengan santun dan bermartabat."