Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Belajar yang Baik untuk Menghadapi Ujian Nasional

cara belajar yang baik

Menghadapi ujian misalnya Ujian Nasional atau UN mungkin akan membuat jantung setiap orang bergetar lebih cepat. Bahkan rasa was-was tersebut sering membuat tidur menjadi tidak nyenyak. Padahal kebiasaan buruk ini justru nantinya akan mempengaruhi psikologis Anda ketika menghadapi ujian.

Baca: Kiat Sukses Emi Widyawati Peraih Nilai Sempurna UN Matematika : Belajar Sejak Awal dan Konsisten

Tenang jangan panik dulu ya, agar Anda tidak cemas berkepanjangan maka perlu beberapa cara belajar yang baik dan benar sebagai persiapan menghadapi ujian. Berikut adalah beberapa cara tersebut:

1. Jangan Belajar Dengan Sistem Wayang
Belajar wayangan atau yang dikenal sistem kebut semalam adalah belajar semalaman penuh sebelum ujian. Padahal metode ini justru akan membuat Anda kekurangan waktu untuk beristirahat. Istirahat yang tidak terpenuhi dengan baik nantinya justru akan berdampak pada kesiapan Anda untuk mengerjakan soal ujian.

Biasanya rasa mengantuk berat akan melanda, dan Anda cenderung kehilangan fokus. Anda pun akan mudah panik karena tubuh sudah merasa lelah dan soal yang mudah pun akan dirasa sulit. Oleh sebab itu, persiapkan segalanya sejak jauh-jauh hari, sehingga ketika menjelang ujian waktu tersebut bisa digunakan untuk belajar.


2. Buat Rangkuman Dengan Buku Khusus
Ujian nasional biasanya akan mencangkup semua materi dari kelas satu hingga kelas tiga. Oleh sebab itu, pastikan jika Anda telah menguasai semua materi tersebut. Rasanya tidak mungkin hanya dengan waktu yang singkat saja Anda bisa hafal semua materi tersebut.

Salah satu cara belajar yang baik untuk menghadapi ujian adalah dengan mencicil dan mencatat ringkasan materi pada buku khusus yang akan mengingatkan Anda untuk belajar. Dengan menulis maka kita akan lebih ingat. Ringkasan bisa dibuat lebih menarik agar semangat belajar pun bisa bertambah.

3. Gunakan Jadwal
Jika Anda sudah masuk kelas tiga maka usahakan untuk memiliki jadwal kegiatan yang pas dan tidak mengganggu waktu belajar. Pada waktu ini Anda harus bisa mengatur waktu untuk belajar materi kelas tiga dan materi untuk ujian nasional. Jangan jadikan satu waktu untuk belajar dua materi tersebut. Pastikan jika keduanya memiliki waktunya masing-masing.

Ujian nasional akan terasa mudah dan tidak menjadi momok lagi jika ada persiapan yang matang. Anda bisa menggunakan cara belajar yang baik di atas sebagai persiapan menghadapi ujian. Lebih baik persiapkan sedari dini, dari pada kalang kabut menjelang hari H.

Lihat:
Bahasa Inggris Sulit Dipelajari? Yuk Coba Cara Belajar Bahasa Inggris di Bawah Ini!
________________________
Oleh: Kak Venicha AP
Anda juga bisa mengirimkan pengalaman Anda di Pena Basindon
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Cara Belajar yang Baik untuk Menghadapi Ujian Nasional"