Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Menentukan Tema Cerpen Pilihan Ganda

Contoh Soal Menentukan Tema Cerpen Pilihan Ganda
1. Perhatikan cerpen berikut!
“Rumah kita kemasukan pencuri,” sahut Bu Shinta. Dia merasa sulit bernafas tatkala melihat isi lemari berantakan. Uang dan perhiasannya telah lenyap. Juga televisi dan beberapa perlengkapan elektronik yang ada di ruang tengah.

Bu Shinta terduduk lemas tatkala melihat catatan-catatan kecil di atas bantal, “Sekarang kalian tau siapa pengirim karcis itu.”

Tema kutipan cerpen di atas adalah ....
A. Kehilangan uang, perhiasan, dan peralatan elektronik
B. Pencurian
C. Catatan kecil
D. Pemberian karcis pertujukan

Lihat juga: Kumpulan Soal Cerpen Pilihan Ganda Beserta Kunci Jawabannya

2. Perhatikan kutipan teks cerita berikut!
Bila saja dia berhenti untuk berpikir, dia akan tahu itu hanyalah bayangannya. Tapi anjing itu tidak berpikir apa-apa dan malah menjatuhkan tulang yang dibawanya dan langsung melompat ke dalam sungai. Anjing tersebut akhirnya dengan susah payah berenang menuju ke tapi sungai. Ketika dia selamat sampai di tepi sungai, dia hanya bisa berdiri termenung dan sedih karena tulang yang dibawanya malah hilang. Dia pun akhirnya menyesali apa yang baru saja terjadi lalu menyadari betapa bodohnya dirinya.

Seekor anjing yang mendapatkan tulang dari seseorang, berlari-lari pulang ke tempatnya secepat mungkin dengan senang hati. Ketika dia melewati sebuah jembatan yang sangat kecil, dia menunduk ke bawah dan melihat bayangan dirinya yang terpantul dari air bawah jembatan itu. Anjing yang serakah ini mengira dirinya melihat seekor anjing lain membawa tulang yang lebih besar dari miliknya.

Tema yang terkandung dalam teks tersebut adalah ....
A. Terburu-buru
B. Berpikir itu penting
C. Bayangan membawa penyesalan
D. keserakahan
Rekomendasi buku kumpulan cerita pendek
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Contoh Soal Menentukan Tema Cerpen Pilihan Ganda"