Latihan Soal UN |Menulis dengan Ilustrasi Tertentu

Latihan Soal UN |Menulis dengan Ilustrasi Terntentu

1. Perhatikan fakta berikut!
  • Pemberlakuan larangan parkir di jalan protokol
  • Tiga puluh pengendara mobil melanggar
  • Dilakukan penggembokan ban kendaraan
Teks yang sesuai denga fakta tersebut adalah ...
A. Larangan parkir di jalan protokol diberlakukan. Kenyataanya, banyak pengendara yang melanggar. Ban kendaraan mereka akhirnya digembok.

B. Larangan parkir di jalan protokol diberlakukan di mana-mana. Namun, masih banyak pengendara yang melanggar. Ban kendaraan mereka akhirnya digembok petugas.

C. Larangan parkir di sepanjang jalan protokol diberlakukan. Akan tetapi, tiga puluh pengendara mobil masih melanggar. Petugas kemudian melakukan penggembokan ban kendaraan yang parkir di jalan protokol itu.

D. Walaupunada larangan parkir, para pengendara mobil masih melanggarnya. Petugas kemudian menggembok ban mobil mereka.

2. Perhatikan fakta berikut!
  • Bendungan  Katulampa kering
  • Musim kemarau panjang
  • Bebatuan di dasar sungai terlihat
Teks yang sesuai dengan fakta tersebut adalah ...
A. Bendungan  Katulampa, Bogor, kering kerontang. Menyusutnya debit air di sana lantaran musim kemarau yang belum berakhir. Debit air di Bendungan  Katulampa hanya nol sentimeter. Bahkan bebatuan di dasar sungai terlihat.

B. Bendungan  Katulampa di Bogor dalam keadaan kering. Hal ini disebabkan hujan yang tak kunjung turun di Bogor dan sekitarnya. Keadaan ini meyebabkan penggali batu mendapat rezeki.

C. Sudah beberapa pekan ini Bogor tidak diguyur hujan. Hal ini menyebabkan Bendungan  Katulampa kering kerontang. Akibatnya pasokan air ke Jakarta berkurang. Namun, pasokan batu melimpah.

D. Kemarau panjang menyebabkan beberapa bendungan kekeringan. Akibatnya pasokan air ke beberapa kota besar terganggu. Namun, keadaan inii menjadi berkah bagi penambang batu karen batu dapat diperoleh dengan mudah.

3. Bacalah kalimat fakta berikut!
(1) Restoran di rest area sepi pengunjung.
(2) Adanya pembatasan BBM di jalan tol.
(3) Sauli, seorang karyawan takut di PHK.
(4) Selasa, 23 September 2014.

Terks berita yang tepat berdasarkan fakta tersebut adalah ....
A. Selasa, 23 September 2014 Restoran di area jalan tol Jogorawi sepi pengunjug. Ini disebabkan adanya pembatasan BBM oleh pemerintah. Sauli, seorang karyawan restoran takut di PHK.

B. Sauli, seorang karyawan SPBU menuturkan takut di PHK akibat sepinya pengunjung. ini terjadi di tol Jagorawi, Selasa, 23 September 14.

C. Sauli seorang karyawan SPBU mengaku takut di PHK karena sepinya pelanggan. Ini terjadi di jalan tol.

D. Sepinya pelanggan restoran, menjadikan Sauli takut PHK. Ini terjadi di sepanjang tol Jabodetabek, Selasa, 23 September 2014.


Kunci Jawaban: C, A, A
Lihat selengkapnya: Latihan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs
(Sumber : Naskah Soal UN SMP/MTs 2015, 2016)

No comments:

Post a Comment