Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Unduh Gratis! Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka TP 2023-2024

Memasuki tahun ajaran baru 2023-2024 ini sekolah/madrasah di Indonesia sudah banyak yang mulai mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Dilansir dari laman kemedikbud bahwa sejak diluncurkan pada 2022 yang lalu, Kurikulum Merdeka telah diimplementasikan oleh lebih dari 140 ribu sekolah.

Kurikulum Merdeka yang dikembangkan untuk mendukung pemulihan pembelajaran ini dinilai lebih fleksibel, berfokus pada materi esensial, dan memberikan ruang lebih besar kepada pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik.

Zulfikri Anas selaku Plt. Puskurjar Kemendikbudristek mengatakan bahwa Kurikulum Merdeka bukan sekedar perubahan dokumen dan administrasi, tetapi lebih kepada peningkatan kualitas belajar peserta didik dan meningkatkan kualitas hubungan guru dengan para peserta didiknya.

Zulfikri berpesan bahwa nahkoda yang tangguh tidak pernah lahir dari laut yang tenang. Oleh karena itu, ia mengajak para guru agar menjadi ‘nahkoda’ yang Tangguh. “Semua persoalan yang kita hadapi saat ini akan mematangkan dan memperkaya kita sebagai guru. Sebab, guru-guru yang hebat tidak akan pernah lahir (jika tidak ada) murid yang bermasalah,” pesannya.

Selanjutnya pada perbicangan di kanal youtube (10 Juli 2023) antara Guru Gembul dengan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Anindito Aditomo, S.Psi., M.Phil., Ph.D., yang juga menjelaskan bahwa setidaknya ada tiga hal yan sangat esensial dan mendasar pada Kurikulum Merdeka, yakni:

  1. Materi lebih sedikit
  2. Fleksibilitas, yaitu memberikan kebebasan bagi sekolah maupun guru dalam mengemas pembelajaran
  3. Pemberian waktu khusus untuk pengembangan karakter. 
Nah, untuk itu, dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka ini, Bapak/Ibu Guru benar-benar didorong untuk berinovasi, berkreasi, dan berkolaborasi dalam mengemas dan mempraktikkan produk pembelajarannya di sekolah. Tujuannya harnya satu yakni bagaimana supaya guru bisa membuat siswanya senang dalam belajar. 

Berikuti ini merupakan contoh Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka yang bisa diadopsi kemudian dikembangkan dan disesuiakan dengan kebutuhan masing-masing. 

4. PPT 
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Unduh Gratis! Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka TP 2023-2024"