Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Teks Cerita Inspiratif Kelas IX (HOTS)

Cerita inspiratif adalah kisah yang menggerakkan hati sehingga membuat pembacanya bersemangat atau termotivasi. Cerita inspiratif merupakan salah satu materi yang dipelajari di kelas IX SMP/MTs untuk kurikulum 2013.  


Berikut ini adalah Soal Penilaian Harian  Materi Teks Cerita Inspiratif Kelas IX.

Bacalah teks berikut.
Teks 1
Demi Memastikan Para Muridnya Belajar dengan Baik, Bu Bintang, Guru yang Berkeliling Memberikan Soal Latihan Langsung

Bu Bintang, seorang guru baik yang mengajar sekolah dasar di Balikpapan. Beliau menghampiri murid-muridnya untuk memberikan soal latihan. Bersama suaminya, Sudarmono, Bu Bintang mengajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang mereka dirikan.

Pagi-pagi Bu Bintang menghampiri para siswa untuk memberikan tugas tambahan dan latihan soal ataupun ujian penilaian tengah semester. Setelah para murid selesai mengerjakan, Bu Bintang tidak mengambil kembali soal-soal itu. Akan tetapi, Bu Bintang meminta para wali murid untuk menyerahkan bukti jawaban murid melalui aplikasi Whatsapp agar dapat diperiksa oleh para guru. Hal ini dilakukannya setelah merasa penyampaian materi hanya secara online saja tidak cukup. Ada keterbatasan teknologi dan komunikasi yang membuat penyampaian materi terhambat.

Selain itu, Bu Bintang ingin memastikan para murid dapat tetap belajar dengan baik dan tidak menjadikan sekolah di rumah ini sebagai libur panjang. Melihat  kisah tersebut tentu menginspirasi siapa saja yang membacanya. Peran guru sangat besar pada pendidikan para penerus bangsa. Kesungguhan dan kegigihan yang ditunjukkan  guru tersebut perlu diapresiasi dan menjadi teladan bagi guru lainnya.

Sumber : https://www.popmama.com/life/relationship/sittah-husnul-khotimah/kisah-perjuangan-guru-baik-di-tengah-pandemi-covid19/full

Teks 2
Yonathan Bimo Satrio
 @Instagram Yonathan/2020

Yonathan Bimo Satrio, atau biasa dipanggil Bimo, berasal dari kota Banjarbaru di Kalimantan Selatan, tetapi saat ini sedang menempuh pendidikan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, jurusan sosiologi. Bimo suka sekali membuat konten video, menari, menggambar, dan mewarnai. Sebelum pandemi, kegiatan Bimo sehari-hari diisi dengan kuliah dan aktivitas di beberapa komunitas kampus, yaitu On Fire dan Tepus Story. Selain itu, Bimo juga rutin latihan menari setiap minggu. Akan tetapi, setelah pandemi, semua berubah. Bimo kembali ke rumahnya dan menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga. Kegiatan bersama komunitas kini dilakukan melalui media sosial. Selama di rumah, Bimo tetap berlatih tari, membuat konten video, menggambar, mewarnai, dan menanam berbagai tanaman sayur organik agar tetap produktif dan tetap semangat.

Karya Bimo diberi judul “Semua akan indah pada waktunya dan siap menuju masa depan yang lebih baik.” Inspirasi Bimo untuk karya ini berasal dari pengalamannya bersama komunitas Tepus Story dimana ia memiliki kesempatan untuk mengajar adik-adik di Tepus dan melihat semangat belajar mereka yang begitu besar. Meski demikian, mereka tetap tak lupa menikmati masa bermain.  

Bimo juga berharap setelah pandemi selesai, masyarakat mulai punya kesadaran untuk selalu menerapkan hidup sehat dan bersih, seperti makan-makanan yang sehat, rajin cuci tangan, dan selalu pakai masker saat sedang keluar. Selain itu, Bimo juga ingin terus melanjutkan cerita petualangan hidupnya di buku harian dan bisa berbagi cerita dengan teman-teman tentang banyak hal yang kita pelajari selama pandemi.

Untuk menutup ceritanya, Bimo juga berbagi tentang mimpi yang ingin dicapainya. “Impian saya ingin membangun sebuah organisasi atau LSM untuk anak-anak. Saya ingin organisasi ini bisa menjadi  tempat anak-anak muda berkontribusi, belajar meningkatkan rasa empati, dan memberikan perhatian penuh untuk kesejahteraan anak-anak.” 

Masa pandemi menjadi tantangan baru untuk memulai hidup yang baru. Pandemi memang mengubah segalanya, tapi tidak pada semangat kita untuk menuju hidup yang baru. Mungkin kamu bosan, jenuh dan tertekan selama di rumah. Akan tetapi, percayalah kamu bisa mendapatkan kunci untuk mencapai masa depan yang lebih baik.

Sumber : https://www.unicef.org/indonesia/id/coronavirus/covid-19-diaries/kisah-inspiratif-anak-muda

Berdasarkan kedua teks cerita inspiratif tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Persamaan tema kedua teks cerita inspiratif tersebut adalah ...
A. Perjuangan kemanusiaan di masa pandemi Covid-19.
B. Tantangan di masa pandemi untuk tetap beraktivitas.
C. Impian membangun organisasi sebagai wadah kreativitas.
D. Strategi mengajar anak-anak di masa pandemi.

2. Cermati kutipan teks berikut.
Bu Bintang, seorang guru baik yang mengajar sekolah dasar di Balikpapan. Beliau menghampiri murid-muridnya untuk memberikan soal latihan. Bersama suaminya, Sudarmono, Bu Bintang mengajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang mereka dirikan.

Alasan yang tepat bahwa kutipan teks tersebut merupakan bagian struktur orientasi adalah ...
A. berisi perkenalan tokoh dan latar
B. berisi informasi peristiwa atau konflik
C. berisi informasi penyelesaian konflik
D. berisi pesan moral yang menginspirasi

3. Cermati kutipan teks berikut.
Masa pandemi menjadi tantangan baru untuk memulai hidup yang baru. Pandemi memang mengubah segalanya, tapi tidak pada semangat kita untuk menuju hidup yang baru. Mungkin kamu bosan, jenuh dan tertekan selama di rumah. Akan tetapi, percayalah kamu bisa mendapatkan kunci untuk mencapai masa depan yang lebih baik.

Bagian struktur yang tepat berdasarkan kutipan teks tersebut adalah ...
A. orientasi
B. rangkaian peristiwa
C. resolusi
D. koda

4. Simpulan kedua teks tersebut yang sesuai adalah ...
A. Teks 1: Bu Bintang, seorang guru baik yang mengajar sekolah dasar di Balikpapan. Beliau menghampiri murid-muridnya untuk memberikan soal latihan. Bersama suaminya, Sudarmono, Bu Bintang mengajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang mereka dirikan.
Teks 2: Bimo suka sekali membuat konten video, menari, menggambar, dan mewarnai. Sebelum pandemi, kegiatan Bimo sehari-hari diisi dengan kuliah dan aktivitas di beberapa komunitas kampus, yaitu On Fire dan Tepus Story.

B. Teks 1: Bimo juga berbagi tentang mimpi yang ingin dicapainya. “Impian saya ingin membangun sebuah organisasi atau LSM untuk anak-anak
Teks 2: Pagi-pagi Bu Bintang menghampiri para siswa untuk memberikan tugas tambahan dan latihan soal ataupun ujian penilaian tengah semester. 

C. Teks 1: Peran guru sangat besar pada kelangsungan pendidikan sehingga walau di masa pandemi yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara jarak jauh, kesungguhan dan kegigihan para guru perlu mendapat apresiasi. Pandemi tidak menyurutkan semangat belajar demi kemauan bangsa. 
Teks 2: Pandemi memang mengubah segalanya, tapi tidak pada semangat kita untuk menuju hidup yang baru. Pandemi bukan berarti berhenti berkreativitas akan tetapi kita perlu mencari aktivitas, inovasi, dan strategi agar kita bisa melewati pandemi ini dengan hal yang bermanfaat.

D. Teks 1: Bersama suaminya, Sudarmono, Bu Bintang mengajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang mereka dirikan. Beliau ingin memastikan para murid dapat tetap belajar di rumah walau masa pandemi. Teks 2: Karya Bimo diberi judul “Semua akan indah pada waktunya dan menuju masa depan yang lebih baik.” Inspirasi Bimo untuk karya ini berasal dari pengalamannya bersama komunitas Tepus Story.

5. Perhatikan struktur berikut.
1) resolusi
2) komplikasi
3) koda
4) rangkaian peristiwa
5) orientasi

Urutan struktur teks cerita inspiratif yang tepat adalah ....
A. 5)-4)-2)-1)-3)
B. 4)-5)-2)-1)-3)
C. 3)-4)-5)-2)-1)
D. 2)-3)-4)-5)-1)
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Contoh Soal Teks Cerita Inspiratif Kelas IX (HOTS)"