Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal Teks Diskusi (Bagian 2) Beserta Kunci dan Pembahasan

Teks diskusi merupakan salah satu materi yang dipelajar pada kelas IX SMP/MTs untuk kurikulum 2013. Teks diskusi yaitu tulisan yang menerangkan suatu masalah (isu) yang dilengkapi dengan adanya argumen baik yang mendukung ataupun menentang isu tersebut dan kemudian diakhiri dengan adanya rekomendasi atau simpulan dari penulis. Berikut ini adalah 15 Soal Penilaian Teks Diskusi disertai kunci dan pembahasan. 


1. Hasil dari kegiatan diskusi dapat dituangkan dalam bentuk ....
a. teks narasi 
b. teks eksposisi
c. teks eksplanasi
d. teks diskusi

Jawab: d

Pembahasan:
Hasil kegiatan diskusi dapat dituangkan dalam bentuk teks diskusi. Teks diskusi ialah teks yang memberikan dua pendapat berbeda mengenai suatu hal (pro dan kontra) yang mengakibatkan kedua belah pihak menjadi saling membicarakan masalah yang menjadi persoalan.

2. Dalam teks diskusi, minimal ada ... pendapat.
a. satu 
b. dua
c. tiga
d. empat

Jawab: b

Pembahasan:
Teks diskusi bertujuan untuk menyampaikan sebuah permasalahan dengan menghadirkan paling tidak dua pendapat atau sudut pandang yang ber- beda.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4!
Pada zaman sekarang ini, kekuatan teknologi tidak bisa dibendung. Banyak hal baru yang bisa dijumpai pada zaman yang maju ini, salah satunya game atau permainan virtual. Pertanyaannya, adakah dampak buruk yang timbul akibat dari permainan ini? Sebagian besar masyarakat menganggap bermain game adalah hal yang wajar, namun tidak sedikit yang menganggapnya berdampak buruk.

3. Paragraf di atas merupakan bagian... teks diskusi.
a. isu
b. argumen mendukung
c. argumen menentang
d. simpulan

Jawab: a

Pembahasan:
Isu merupakan bagian awal teks diskusi. Pada bagian ini memuat persoalan yang akan dibahas dalam teks diskusi. Masalah yang disampaikan dalam teks diskusi berupa masalah yang akan didiskusikan lebih lanjut.

4. Masalah yang dibahas dalam teks diskusi tersebut ialah .... [HOTS]

a. pro kontra dampak kemajuan teknologi 
b. pro kontra dampak kemajuan zaman
c. pro kontra dampak game atau permainan virtual 
d. game adalah salah satu dampak buruk kemajuan teknologi

Jawab: c

Pembahasan:
Masalah yang diangkat dalam teks diskusi tersebut ialah pro kontra dampak game. Ada yang beranggapan game adalah hal yang wajar, namun ada juga yang menganggap game memiliki dampak yang buruk.

5. Simpulan harus didasarkan pada data, fakta, dan asumsi yang benar. Hal tersebut merupakan salah satu syarat membuat simpulan, yaitu ....
a. objektif
b. subjektif
c. logis
d. lugas

Jawab: a 

Pembahasan:
Simpulan yang diambil bersifat logis, tidak salah nalar, serta tidak menyimpang dari data/ fakta. Selain itu, simpulan dibuat seobjektif mungkin. Simpulan yang objektif didasarkan pada data, fakta, dan asumsi yang benar. 

6. Perhatikan teks berikut!
(1) Pemilihan OSIS dengan cara paket akan segera diselenggarakan. (2) Sistem itu baik karena setiap pa- sangan dapat saling mengisi keku- rangan saat berkampanye. (3) Akan tetapi, kegiatan ini belumlah lazim. (4) Oleh karena itu, perlu diyakinkan peserta didik yang menjadi calon pengurus OSIS. 

Kalimat yang menyatakan dukungan terdapat pada nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4) 

Jawab: b

Pembahasan:
Kalimat mendukung merupakan kalimat yang berbentuk dukungan atas persoalan yang di- bicarakan. Berdasarkan teks di atas, kalimat mendukung ditunjukkan pada nomor (2). 

7. Berikut isu bertema pendidikan yang dapat ditulis menjadi teks diskusi adalah ....
a. penghapusan sistem ujian nasional
b. perolehan medali olimpiade
c. meningkatnya prestasi siswa
d. aktivitas siswa di sekolah

Jawab: a
Pembahasan:
Isu merupakan sebuah permasalahan yang di- bahas dalam teks diskusi. Isu-isu yang dibahas adalah yang biasanya memunculkan dua pan- dangan, yaitu pro dan kontra. Isu mengenai penghapusan sistemujuan nasional merupakan isu yang sangat jelas memunculkan reaksi pro dan kontra di Indonesia. Hal ini karena banyak yang akan mendapat pengaruhnya apabila kebijakan tersebut dilakukan sehingga isu ini dapat ditulis menjadi sebuah teks diskusi.

8. Berikut bukan bentuk kohesi leksikal, yaitu...
a. repetisi
b. subtitusi
c. sinonim
d. hiponim

Jawab: b

Pembahasan: Kohesi leksikal adalah kepaduan yang dicapai melalui pemilihan kata. Kohesi leksikal dapat berbentuk pengulangan (repetisi), sinonim, antonim, dan hiponim.

9. Kalimat yang di dalamnya tidak terdapat konjungsi perlawanan ialah.....
a. Pelaku pembakaran hutan hanya sekelompok orang yang meng- untungkan orang-orang tertentu, sedangkan masyarakat umum me- nerima dampaknya dalam skala besar.
b. Pada kenyataannya, pembakaran hutan sebagai upaya pembukaan lahan sangat merugikan masya- rakat. Akan tetapi, pihak-pihak ter- tentu masih melakukannya demi kepentingan kelompok mereka.
c. Alih fungsi lahan memang boleh dilakukan. Namun, cara yang digunakan harus dipertimbangkan. 
d. Kemunculan ojek online membuat masyarakat merasa sangat diun- tungkan. Akhirnya, banyak yang berpindah dari yang semula berlangganan ojek konvensional men- jadi berlangganan ojek online. 

Jawab: d

Pembahasan:
Konjungsi perlawanan ditandai dengan kata tetapi, namun, tidak... tetapi, bukan... melainkan, dan sedangkan.

10. Menyapa merupakan salah satu ke- biasaan atau kebudayaan di Indonesia. Menyapa adalah sebuah kegiatan mene- gur antara satu orang dengan orang yang lain atau antara satu kelompok dengan kelompok yang lain.

Ciri kebahasaan yang digunakan dalam kutipan di atas ialah.... [HOTS
a. menggunakan konjungsi perlawanan
b. menggunakan modalitas
c. menggunakan kohesi leksikal
d. menggunakan kohesi gramatikal 

Jawab: c

Pembahasan:
Kohesi leksikal di atas adalah penggunaan bentuk pengulangan yang dapat dilihat dalam kalimat "Menyapa merupakan salah satu kebiasaan atau
kebudayaan di Indonesia. Menyapa adalah sebuah kegiatan menegur antara satu orang dengan orang yang lain atau antara satu kelompok dengan kelompok yang lain." Pada contoh tersebut, terdapat pengulangan kata "menyapa" agar kedua kalimat menjadi padu.

11. Bisa, dapat, dan mampu merupakan contoh dari modalitas ....
a. aletis
b. epistemik
c. intensional 
d. dinamis

Jawab: d

Pembahasan:
Modalitas dinamis adalah modalitas yang menyatakan kemampuan. Unsur penandanya bisa berupa unsur leksikal, seperti bisa, dapat, dan mampu.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 12 dan 13!
Jajanan merupakan makanan ringan yang sekarang ini banyak dinikmati orang, khususnya remaja. Dalam kehidupan sehari- hari, remaja tidak lepas dari uang jajan. Meskipun orang tua sudah menyiapkan sarapan pagi, jajan merupakan kebiasaan sehari-hari remaja. Apalagi di luar sekolah banyak yang menjual beraneka ragam jajanan. Sebagian besar remaja merasa tertarik dengan jajanan yang bentuknya menarik, beraneka warna, dan beragam rasa.

Namun, tidak semua jajanan aman untuk dikonsumsi. Meskipun terlihat cantik dan menarik, biasanya terdapat zat yang berbahaya dalam jajanan. Salah satu dampak buruk dari jajan sembarangan adalah menjadi sakit karena terdapat kandungan zat yang berbahaya di dalam jajanan. Apa saja dampak mengonsumsi jajanan sembarangan di luar sekolah?

12. Kutipan di atas merupakan bagian... teks diskusi.
a. isu
b. argumen mendukung
c. argumen menentang 
d. Simpulan

Jawab: a

Peribahasan:
Isu merupakan bagian awal teks diskusi. Pada bagian ini memuat persoalan yang akan dibahas dalarn teks diskusi. Masalah yang disampaikan dalam teks diskusi berupa masalah yang akan didiskusikan lebih lanjut.

13. Masalah yang diangkat dalam teks diskusi di atas ialah ....
a. bahaya jajanan 
b. jajanan dengan harga murah
c. jajjanan yang menarik untuk dibeli 
d. kandungan gizi dalam jajanan

Jawab: a

Pembahasan:
Isu yang diangkat dalam teks diskusi di atas ialah bahaya jajanan bagi yang mengonsumsinya. Dalam jajanan mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh.

14. Gagasan utama yang terdapat pada paragraf ke-2 pada penggalan teks di atas ialah ....
a. bahaya jajan sembarangan
b. manfaat jajan di luar sekolah
c. tidak semua jajanan aman untuk dikonsumsi karena umumnya jajanan mengandung zat yang berbahaya 
d. jajanan merupakan makanan ringan yang sekarang ini banyak dinikmati orang, khususnya remaja

Jawab: c

Pembahasan:
Gagasan utama dapat dilihat di awal paragraf atau di akhir paragraf. Pada paragraf ke-2, ga- gasan utamanya terletak di awal paragraf. Gagasan utama paragraf ke-2 adalah tidak semua jajanan arnan untuk dikonsumsi karena dalam jajanan unrumnya mengadung zat yang berbahaya bagi tubuh.

15. Berikut bukan modalitas intensional, yaitu
a. ingin
b. mau
c. mungkin
d. silakan

Jawab: c

Pembahasan:
Modalitas intensional adalah modalitas yang me- nyatakan keinginan, harapan, permintaan, atau ajakan. Modalitas ini ditandai dengan unsur leksikal, seperti ingin, mau, tolong, mari, ayo, dan silakan.

BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "15 Soal Teks Diskusi (Bagian 2) Beserta Kunci dan Pembahasan"