Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Pre Test PKB MTs Pokja MGMP Bahasa Indonesia 2022 (+Kunci Jawaban)

1. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap profesional dalam mengemban sebagai tugas sebagai pendidik, Kementerian Agama menyelenggarakan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru. Regulasi yang menjadi dasar hukum pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah ...:

A. PMA Nomor 38 Tahun 2017

B. PMA Nomor 38 Tahun 2018

C. PMA Nomor 90 Tahun 2017

D. PMA Nomor 90 Tahun 2018

Jawaban benar: B

2. Komponen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru terdiri dari ....

A. Pengembangan diri, terjemahan dan karya inovatif

B. Publikasi ilmiah, terjemahan dan karya inovatif

C. Pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif

D. Publikasi ilmiah, karya tulis ilmiah dan karya inovatif


Jawaban benar: C


3. Dalam lima tahun terakhir Kementerian Agama aktif mempromosikan pengarusutamaan moderasi beragama. Moderasi beragama adalah sebuah jalan tengah dalam keberagaman agama di Indonesia. Ia adalah warisan budaya Nusantara yang berjalan seiring, dan tidak saling menegasikan antara agama dan kearifan lokal (local wisdom). Pengertian Moderasi Beragama yang tepat adalah ….

A. BerPikir moderat dalam proses diskusi masalah-masalah keagamaan

B. Tidak berpihak kepada siapapun ketika terjadi perselisihan keagamaan

C. Tidak ekstrem dan tidak berlebih-lebihan saat menjalani ajaran agamanya

D. Bersikap adil kepada semua pihak yang terlibat dalam diskusi dan menjalani ajaran agmanya


Jawaban yang benar: C


4. Pembelajaran aktif dimaksudkan untuk mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang dimiliki oleh anak didik, sehingga semua anak didik dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan sesuai dengan karakteristik pribadi yang mereka miliki. Di antara unsur-unsur pembelajaran aktif adalah … .

A. Mengalami, interaksi, eksplorasi, mediasi, komunikasi

B. Mengalami, interaksi, komunikasi, mediasi

C. Mengalami, interaksi, komunikasi, refleksi

D. Mengamati, interaksi, mediasi, eksplorasi, refleksi


Jawaban yang benar: C. 


5. Untuk bisa berperan secara bermakna pada era globalisasi di abad ke-21 ini maka setiap pendidik dituntut untuk memiliki kemampuan yang dapat menjawab tuntutan perkembangan zaman. Kemampuan yang perlu diberikan atau dilatihkan kepada pendidik agar siap menghadapi keterampilan abad 21 adalah ....

A. Keterampilan berfikir kritis, keterampilan berfikir kreatif, kerampilan berkomunikasi, dan keterampilan menggunakan alat komunikasi

B. Pemahaman ilmu pengetahuan, penguasaan penggunaan teknologi, ketrampilan komunikasi dan keterampilan berpikir kritis

C. Kreativitas dan inovasi, keterampilan berkomunikasi, keterampilan berkolaborasi, dan keterampilan berpikir kritis

D. Keterampilan berpikir kritis, keterampilan berkomunikasi, penggunaan alat elektronika dan keterampilan berkomunikasi.


Jawaban yang benar: C


6. Computational Thinking adalah metode penyelesaian masalah. Di antara keterampilan Computational Thinking adalah Dekomposisi, yaitu proses pemecahan suatu masalah yang kompleks dan rumit menjadi beberapa bagian yang lebih kecil, lebih spesifik, dan lebih detail lagi. Di bawah ini yang merupakan contoh Dekomposisi adalah ….

A. Jika ingin membuat kopi, maka kita akan membutuhkan secangkir gelas, menyiapkan air panas, setelah itu tuangkan air panas tersebut ke dalam secangkir gelas yang sudah berisi kopi dan menambahkan gula,lalu diaduk sampai rata dan siap untuk diminum

B. Memahami cara kerja sebuah motor. Akan lebih mudah, jika bagian bagian motor tersebut dipisahkan menjadi bagian bagian yang lebih kecil, sehingga kita dapat memeriksa secara rinci untuk mengetahui cara kerjanya.

C. Ketika kita hendak berangkat ke kampus, ada jam jam dimana jalanan padat dan macet. Jika kita sudah mengetahui jam jam tersebut, kita akan berangkat lebih awal untuk menghindari jam jam tersebut dan sampai tujuan tanpa menghadapi macetnya jalan.

D. Ketika kita sedang mengerjakan tugas kita, kita hanya fokus terhadap tugas yang kita kerjakan dengan komputer kita. Kita tidak memikirkan susunan yang terdapat di dalam komputer dan bagaimana komputer tersebut bisa memproses hal yang sedang kita lakukan karena kurang penting untuk kita


Jawaban yang benar: B


7. Di madrasah XYZ terdapat siswa yang memiliki kesulitan penglihatan dan memiliki kebutuhan yang berbeda dengan siwa lain. Dalam kegiatan di kelas, anak tersebut duduk di depan dekat dengan papan tulis dan guru menyesuaikan dengan menulis dengan huruf yang lebih besar sehingga bisa dibaca semua anak. Kasus yang sesuai dengan peristiwa di madrasah XYZ adalah ...

A. Sensitive Gender

B. Perundungan

C. Inklusi Sosial

D. disabilitas


Jawaban benar: D


8. Sistem Penjaminan Mutu penyelenggaraan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru dilaksanakan dengan langkah-langkah ....

A. Pemetaan, perencanaan, evaluasi, pelaksanaan pemenuhan

B. Pemetaan, perencanaan perbaikan, pelaksanaan perbaikan, evaluasi

C. Perencanaan, Pelaksanaan Pemenuhan, Evaluasi, Perbaikan pelaksanaan

D. Pemetaan standar, pelaksanaan pemenuhan, perbaikan pelaksanaan, evalusi


Jawaban yang benar: C


9. Dalam rangka mengukur keefektifan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Madrasah dilakukan dengan menggunakan 4 level model evaluasi training oleh Kirkpatrick. Empat level yang dimaksud adalah ....

A. Learning, reaction, behavior, result.

B. Learning, reaction, result, behavior.

C. Reaction, Learning, Behavior, Results.

D. Reaction, Behavior, Results,Learning.


Jawaban yang benar: C


10. Abstraksi merupakan salah satu keterampilan Computational Thinking, yaitu melakukan generalisasi dan mengidentifikasi prinsip-prinsip umum yang menghasilkan pola, tren dan keteraturan tersebut. Di bawah ini yang merupakan contoh Abstraksi adalah ….

A. Jika ingin membuat kopi, maka kita akan membutuhkan secangkir gelas, menyiapkan air panas, setelah itu tuangkan air panas tersebut ke dalam secangkir gelas yang sudah berisi kopi dan menambahkan gula,lalu diaduk sampai rata dan siap untuk diminum

B. Memahami cara kerja sebuah motor. Akan lebih mudah, jika bagian bagian motor tersebut dipisahkan menjadi bagian bagian yang lebih kecil, sehingga kita dapat memeriksa secara rinci untuk mengetahui cara kerjanya.

C. Ketika kita hendak berangkat ke kampus, ada jam jam dimana jalanan padat dan macet. Jika kita sudah mengetahui jam jam tersebut, kita akan berangkat lebih awal untuk menghindari jam jam tersebut dan sampai tujuan tanpa menghadapi macetnya jalan.

D. Ketika kita sedang mengerjakan tugas kita, kita hanya fokus terhadap tugas yang kita kerjakan dengan komputer kita. Kita tidak memikirkan susunan yang terdapat di dalam komputer dan bagaimana komputer tersebut bisa memproses hal yang sedang kita lakukan karena kurang penting untuk kita


Jawaban yang benar: C


11. Di antara keterampilan Computational Thinking adalah Algoritma, yaitu mengembangkan petunjuk pemecahan masalah yang sama secara step-by-step, langkah demi langkah, tahapan demi tahapan sehingga orang lain dapat menggunakan langkah/informasi tersebut untuk menyelesaikan permasalahan yang sama. Di bawah ini yang merupakan contoh Algoritma adalah ….

A. Jika ingin membuat kopi, maka kita akan membutuhkan secangkir gelas, menyiapkan air panas, setelah itu tuangkan air panas tersebut ke dalam secangkir gelas yang sudah berisi kopi dan menambahkan gula,lalu diaduk sampai rata dan siap untuk diminum

B. Memahami cara kerja sebuah motor. Akan lebih mudah, jika bagian bagian motor tersebut dipisahkan menjadi bagian bagian yang lebih kecil, sehingga kita dapat memeriksa secara rinci untuk mengetahui cara kerjanya.

C. Ketika kita hendak berangkat ke kampus, ada jam jam dimana jalanan padat dan macet. Jika kita sudah mengetahui jam jam tersebut, kita akan berangkat lebih awal untuk menghindari jam jam tersebut dan sampai tujuan tanpa menghadapi macetnya jalan.

D. Ketika kita sedang mengerjakan tugas kita, kita hanya fokus terhadap tugas yang kita kerjakan dengan komputer kita. Kita tidak memikirkan susunan yang terdapat di dalam komputer dan bagaimana komputer tersebut bisa memproses hal yang sedang kita lakukan karena kurang penting untuk kita


Jawaban yang benar: A


12. Untuk mengetahui hasil pembelajaran peserta Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Madrasah di empat level menggunakan instrumen ....

A. Effect size

B. smiley face-bull eyes

C. most significant change

D. quality important grid


Jawaban yang benar : B


13. Pada pelatihan MGMP ini target pencapaiannya adalah Guru mampu membuat desain pembelajaran dan menyusun LKPD. LKPD singkatan dari... 

A. Lembar Kinerja Peserta Didik

B. Lembar Kerja Peserta Didik

C. Lembaran Kinerja Peserta Didik

D. Lembaran Kerja Peserta Didik


Jawaban benar: B


14.Pembelajaran aktif dimaksudkan untuk mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang dimiliki oleh anak didik, sehingga semua anak didik dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan sesuai dengan karakteristik pribadi yang mereka miliki. Di antara unsur-unsur pembelajaran aktif adalah Kecuali  … .

A. Menjelaskan

B. Memahami

C. Mengalami

D. Rotasi


Jawaban yang benar: D


15. Unsur Pembelajaran aktif sesuai dengan pedoman Tanoto Foundation ( Mikir ) adalah....

A. Mengalami, Interaksi, Komunikasi, Refleksi

B. Mengikuti, Interpretasi, Kontraksi, Refleksi

C. Memahami, Kontraksi, Refleksi, Komunikasi

D. Menalar, Interaksi, Komunikasi, Refleksi


Jawaban yang benar: A


16. Metode Pembelajaran yang direkomendasikan oleh Kurikulum K13 adalah...kecuali

A. Discovery Learning

B. Based Project Learning

C. Based Ploblem Learning

D. Dictionery Learning


Jawaban yang benar: D


7. Juknis yang mengatur tentang penyelenggaraan PKB Guru adalah...

A. Juknis Nomor 6673 tahun 2019

B. Juknis Nomor 1381 tahun 2020

C. Juknis Nomor 3036 tahun 2021

D. Juknis Nomor 3027 tahun 2021


Jawaban yang benar: A


18. Empat Kompetensi  guru  adalah berikut ini kecuali ....

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Kewirausahaan

c. Komptensi Profesional

d. Kompetensi Sosial


Jawaban yang benar: B


19. Target Kompetensi yang akan dicapai dalam PKB guru Tahun 2021 adalah ...

A. Kompetensi Sosial dan Kepribadian

B. Kompetensi Pedagogik dan Profesional

C. kompetensi Sosial dan Profesional

D. Kompetensi Profesional dan Kepribadian


Jawaban yang benar: B


20. Berikut ini adalah tujuan PKB Pokja MGMP, kecuali…

A. Meningkatkan Kompetensi Guru

B. Meningkatkan Hasil AKG

C. Meningkatkan mutu Pembelajaran

D. Meningkatkan Kesejahteraan Guru


Jawaban yang benar: D

BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Soal Pre Test PKB MTs Pokja MGMP Bahasa Indonesia 2022 (+Kunci Jawaban)"