Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh RPP Satu Halaman Materi Teks Persuasi Kelas VIII (Lengkap)

Contoh RPP Satu Halaman Materi Teks Persuasi Kelas VIII (Lengkap) Mencakup komponen PPK, LITERASI, HOTS, dan 4C 

Selamat datang di blog basindon. Semoga kami jumpai Bapak/Ibu/Sdr dalam kondisi sehat walafiat. 

Pada kesempatan ini kami kembali akan berbagi contoh RPP khusus materi teks persuasi. Materi ini dipelajari oleh peserta kelas VIII pada semester genap. 

Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa RPP kurikulum 2013 edisi revisi dalam komponen penyusunannya harus mencakup 4 hal yaitu PPK, LITERASI, HOTS, dan 4C.

PPK merupakan singkatan dari Penguatan Pendidikan Karakter. Karakter yang dimaksud yaitu terutama 5 karakter: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.

HOTS (Higher Order Thinking Skill) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan.

LITERASI mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital , dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).

4 C adalah singkatan dari Critikal Thinking, Communication, Collaboration, & Creativity and Innovation. Merupakan jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

Itulah 4 hal yang harus ada di dalam komponen RPP Kurikulum 2013.

Nah, di dalam Contoh RPP Satu Halaman Materi Teks Persuasi Kelas VIII berikut ini juga sudah terdapat 4 hal tersebut sebagai syarat terpenuhinya komponen RPP Kurikulum 2013.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah : ......................

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester : VIII / Genap

Materi Pokok : Teks Persuasi

Alokasi Waktu : 40 Menit

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

• Merumuskan pengertian teks persuasi

• Menjelaskan fungsi argumen dan fakta dalam teks persuasi

• Menunjukkan cuplikan teks persuasif secara tulisan maupun lisan

B. Media Pembelajaran, Alat dan Sumber Belajar

Media : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian

Alat/Bahan : Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop 

Sumber Belajar: Buku Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII  Kemendikbud Tahun 2017, Modul.

C. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan Pertama)

Kegiatan Pendahuluan (7 Menit)

  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran
  • peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
  • materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
  • Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Pengertian dan isi teks persuasi.
  • Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh

Kegiatan Inti ( 25 Menit )

  • Kegiatan Literasi : Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Pengertian dan isi teks persuasi.
  • Critical Thinking : Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Pengertian dan isi teks persuasi.
  • Collaboration : Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Pengertian dan isi teks persuasi.
  • Communication : Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
  • Creativity : Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pengertian dan isi teks persuasi. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Kegiatan Penutup (8 Menit)

  • Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

D. Penilaian Hasil Pembelajaran

  • Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan
  • Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio


Boro’Tumbuh, ...... Januari 2021

Mengetahui,

Kepala Madrasah


.......................

NIP. .............................

Guru Mapel


.......................

NIP. .............................

Jika berkenan Bapak/Ibu juga bisa unduh RPP ini di sini

BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Contoh RPP Satu Halaman Materi Teks Persuasi Kelas VIII (Lengkap)"