Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resensi Buku | Draf 1: Taktik Menulis Fiksi Pertamamu : Winna Efendi

Judul              : Draf 1: Taktik Menulis Fiksi Pertamamu
Pengarang      : Winna Efendi
Penerbit          : Gagas Media, Jakarta
Cet. Pertama   : 2012
Tebal               : 346 halaman

---------------------------------------


Satu lagi buku panduan menulis yang menurut saya harus dimilki oleh para calon penulis fiksi adalah buku karangan Winna Effendi ini. Buku yang lumayan tebal namun tidak membuat jenuh untuk membacanya. Bahasa yang dipakai tidak terlalu kaku alias formal. Namun justru menggunakan bahasa sehari-hari yang mudah dicerna oleh kalangan remaja maupun dewasa.

Buku ini mengupas tuntas tentang bagaimana menulis fiksi terutama novel bagi pemula. sesuai dengna judulnya “Draf 1: Taknik Menulis Fiksi Pertamamu.  jadi, pemula sangat terbantukan oleh adanya buku ini. 

Buku yang berukuran 14 x20 cm dengan kertas import krim halus yang sangat ringan ini terdiri dari 8 bagian. Bagian pertama berisi intro. Pada bagian ini para pembaca diajak untuk meyakinkan diri saat memulai menjadi seorang penulis, termasuk komitmen dan kesiapan untuk menulis. Bagian kedua menjelaskan elemen-elemen novel. Genre certia, srtuktur fisik certia, dialog dan tata bahasa, hingga ke ciri khas penulis. Pada bagian ini membicarakan bagaimana menentukan pilihan dalam menulis jenis cerita yang sesuai dengan passion yang dimiliki oleh calon penulis. Bagian ini juga merupakan yang paling banyak jumlah halamannya yakni hampir 70 persen dari bagian buku. Pada bagian ini pembaca akan benar-benar ditantang untuk menulis.

Barulah pada bagian ketiga dibahas bagaimana proses menulis. bagimana seorang penulis menciptakan suasana yang mendukung untuk menulis, dan bagaimana pula cara menghadapi write block.

Bagian keempat adalah self editing. Yakni bagaimana menyiapkan naskah yang matang dengan merevisi secara mandiri. Pada bagian ini dilengkapi pula dengan tabel elemen-elemen tulisan yang perlu direvisi dengan melibatkan rekan atau sahabat untuk ikut menilainya.

Bagian kelima adalah penerbitan novel. Di sini dijelaskan bagaimana prosedur yang baik dalam proses pengiriman novel ke penerbit. Termasuk memilih penerbit yang sesuai dengan naskah yang ditulis.

Bagian keenam membahas bagaimana menghadapi penolakan naskah. Para penulis pemula ditekankan untuk tidak gampang menyerah dalam menghadapi berbagai kemungkinan penolakan. Jadi semua itu dibahas di sini.

Kemudian bagian ketujuh membahas bagaimana memperlakukan naskah yang diterima. Langkah –langkah apa yang harus ditempuh oleh penulis yang diterima naskahnya oleh penerbit? Bagaiamana mempublikasikan dan mempromosikan buku yang sudah terbit? Di sini bagiannya.

Dan yang terakhir adalah bagian yang membahas hal-hal lain yang berkaitan dengan tulis menulis. Bab ini memuat pertanyaan-pertanyaan seputar menulis yang sering ditanyakan oleh para pemula. Pada lembar-lembar terakhir penulis merekomendasikan beberapa judul buku tentang bagaimana menulis.  Juga beberapa blog khusus menulis yang patut dikunjungi untuk menambah wawasan menulis.

Dengan kompleksnya pembahasan tentang menulis dalam buku ini, sehingga ini yang terlengkap yang pernah saya temukan. Khususnya menyangkut penulisan fiksi (novel), buku ini memang layak dibaca dan direnungkan oleh para calon penulis maupun penulis yang sudah berpengalaman sekalipun. Sebab, penulis yang sudah biasa menulis pun terkadang butuh vitamin bacaan semacam buku bermutu ini.

BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Resensi Buku | Draf 1: Taktik Menulis Fiksi Pertamamu : Winna Efendi"