Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Teks Nonsastra Tentang Virus Korona

Cermati teks berikut untuk menjawab soal 1 dan 2!
Belakangan ini Kota Wuhan menjadi ‘buah bibir’ masyarakat internasional. Pasalnya, ibu kota Provinsi Hubei, China itu dinilai sebagai kota sumber virus corona. Sebuah virus mematikan yang saat ini sedang mewabah di China dan menyebar ke beberapa negara lainnya. Hingga Selasa (11/2), virus corona telah membunuh lebih dari 1000 orang dan menginfeksi puluhan ribu lainnya.

Luas Kota Wuhan adalah 8.494 kilometer persegi. Wuhan menjadi salah satu kota terpadat di China. Diperkirakan penduduk Kota Wuhan mencapai 11 juta jiwa, di mana—menurut sebuah survei yang dikeluarkan pada 2017- 1,6 persen dari total populasi adalah pemeluk agama Islam.  Di sana, penduduk Muslim hidup berdampingan dengan penduduk lainnya.


1. Kata yang tercetak miring bermakna ....
A. tempat wisata
B. bahan perbincangan
C. sumber penyakit
D. sumber virus

2. Kalimat yang sesuai dengan teks di atas adalah ....
A. Diperkirakan penduduk Kota Wuhan mencapai 11 juta jiwa.
B. Wuhan adalah kota terpadat di China.
C. Kota Wuhan menjadi ‘buah bibir’ masyarakat China
D. Virus corona telah membunuh 1000 orang.

3. Perhatikan teks berikut!
GRAND Prix Tiongkok yang menjadi seri keempat balapan Formula 1 musim 2020 terancam batal saat otoritas olahraga Shanghai mengeluarkan rekomendasi penundaan semua ajang olahraga karena wabah virus korona.

Makna kata yang bergaris bawah adalah ....
A. penyakit menular yang berjangkit dengan cepat
B. dampak yang ditimbulkan oleh virus
C. bahaya penyakit baru
D. ketakutan yang ditimbulkan oleh virus Korona

4. Bacalah teks berikut!
Teks 1
Komisi Kesehatan Nasional China melaporkan jumlah kematian karena Virus Corona telah menembus angka 1.000 orang lebih. Hingga Selasa (11/2/2020) dini hari, total jumlah kematian pasien Virus Corona mencapai 1.016 orang setelah 108 orang meninggal dunia pada Senin 10 Februari. Angka kematian ini merupakan jumlah harian tertinggi sejak wabah di Wuhan dimulai pada akhir 2019. Dari jumlah kematian baru, 103 dilaporkan berada di Provinsi Hubei, termasuk 67 di Ibukota Provinsi Wuhan.
Teks 2
Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim memerintahkan setiap kantor pemerintahan, sekolah, dan fasilitas kesehatan untuk menyediakan wadah air minum isi ulang. Perintah ini disampaikan Ali dalam rangka upaya Pemerintah Kota Jakarta Utara mengurangi sampah plastik.
Perbedaan penyajian kedua teks di atas adalah ....
A. Teks 1 diawali dengan siapa, teks 2 diakhiri dengan mengapa
B. Teks 1 diawali dengan siapa, teks 2 diakhiri dengan apa
C. Teks 1 diawali dengan siapa, teks 2 diakhiri dengan siapa
D. Teks 1 diawali dengan apa, teks diawali dengan siapa

5. Bacalah teks berikut!
Wuhan adalah ibu kota provinsi Hubei, Tiongkok. Kota ini adalah kota terpadat penduduknya di bagian pusat Tiongkok. Penduduknya berjumlah 11, 08 juta jiwa (2018). Ia juga telah memiliki jalur metro yang menghubungkan beberapa tempat di wilayah kota Hankou.

Wuhan masa kini merupakan gabungan dari tiga kota yang berdekatan dan terletak di lembah Sungai Yangtze. Wilayah kota Wuchang dan Hanyang merupakan dua kota yang pertama bergabung dan memiliki benteng pertahanan bersama. Kota lain yang kemudian bergabung adalah Hankou.

Kesimpulan teks di atas adalah
A. Wuhan adalah ibu kota provinsi Hubei Tiongkok yang merupakan gabungan tiga kota yang berdekatan.
B. Wuhan masa kini merupakan gabungan dari tiga kota yang berdekatan dan terletak di lembah Sungai Yangtze
C. Wuhan adalah ibu kota provinsi Hubei, Tiongkok. Kota ini adalah kota terpadat penduduknya di bagian pusat Tiongkok.
D. Wuhan telah memiliki jalur metro yang menghubungkan beberapa tempat di wilayah kota Hankou.

6. Bacalah teks berikut!
[1] Koronavirus atau coronavirus (istilah populernya: virus korona, virus corona, atau virus Corona) adalah virus dari familia Coronaviridae yang dapat menyebabkan penyakit pada burung dan mamalia (termasuk manusia). [2] Struktur tubuh virus (virion) ini terdiri dari membran, selubung lipid bilayer (envelope), glikoprotein yang menyerupai paku (spike), genom RNA positif, dan protein nukleokapsid. [3] Glikoprotein koronavirus dapat berikatan dengan glikoprotein permukaan sel inang secara spesifik untuk memulai terjadinya infeksi. [4] Koronavirus diklasifikasikan menjadi tiga golongan utama, golongan 1 dan 2 menginfeksi mamalia, mulai dari kelelawar hingga manusia, sedangkan golongan 3 hanya ditemukan pada spesies avian (burung).

Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah ....
A. Virus korona tidak menyebabkan penyakit pada burung dan mamalia
B. Virus Korona golongan 1 dan 2 menginfeksi kelalawar dan manusia
C. Virus Korona golongan 3 menginfeksi mamalia
D. Struktur tubuh virus korona sangat kecil.

KUNCI: BAAAAB
Sumber kutipan teks:
kompas.com
detik.com
wikipedia
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Contoh Soal Teks Nonsastra Tentang Virus Korona"