Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Indikator dan Soal Teks Narasi Lengkap dengan Kunci Jawaban

Bacalah teks narasi berikut ini!

My Dream

Cerpen Karangan: Janice Shalom Gunawan

Aku selalu mendengar suara hembusan angin dari luar jendela kamarku. Tapi sudah lama aku tidak mendengar suara lembut seseorang. Dia yang biasanya membangunkanku di saat pagi hari. Yup… dia adalah mama. Mama adalah orang yang aku kasihi dia yang merawat aku dari kecil.

Suatu hari di malam yang sunyi aku tidur dengan mendengar dongengan mamaku. Aku tertidur dengan nyenyak. Tiba-tiba aku terbangun dan berada di sebuah hutan yang sangat luas dan sunyi. Aku hanya mendengarkan suara-suara burung berkicauan dan suara angin yang berhembus. Aku heran mengapa tidak ada satu pun temanku yang ada berada di sampingku. Aku tidak memikirkannya, langsung saja aku masuk ke dalam hutan tersebut. Tetapi semakin lama aku masuk ke hutan, langit menjadi gelap. Aku tidak tahu mengapa hal tersebut terjadi. Langit menjadi gelap, tetapi aku tidak merasakan hujan.

Tiba-tiba aku mendengar suara hembusan angin yang sangat kencang. Kulihat ke atas langit, langit pun membentuk seperti pusaran tornado. Entah kenapa aku merasakan hal ini bukanlah kenyataan tapi hanyalah sebuah mimpi. Aku semakin takut. Tiba-tiba saja aku tanpa sadar tertarik
Di pusaran tornado tersebut aku melihat sebuah kisah hidupku, disana aku melihat bahwa aku sering sekali melawan orangtuaku. Setiap kali mama memberikan makanan yang sehat aku selalu menolaknya dan pernah membuangnya. Aku pun menangis dan menyadari kalau aku selama ini salah dan aku tidak pernah menyadari kalau mama sebenarnya sedih melihat aku. Mama sering bergumul dan berdiam diri. Aku tambah menangis, aku ingin memeluk mamaku tetapi tidak bisa. Aku berteriak ke mamaku untuk datang ke tempatku da memaafkanku, tetapi tidak bisa juga. Aku hanya dapat menangis dan berdoa kepada Tuhan agar aku dapat memeluk mama lagi dan tidak akan mengulang kesalahan aku kembali.

Tiba-tiba setelah aku berdoa, aku terheran karena langit menjadi seperti biasanya. Setelah aku ingin pulang ke rumah, tiba-tiba aku tersandung batu dan terjatuh. Langsung aku bangun dari tidurku dan menyadari kalau aku selama ini salah kepada mama. Aku langsung memeluk mama dan meminta dan juga mencium mama.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

Indikator: Mengidentifikasi alur dalam cerita narasi
Soal: Alur apa  yang terdapat dalam cerita fantasi My Dream?
a. Maju
b. Mundur
c. Balik
d. Maju mundur

Indikator: Mengidentifikasi watak tokoh dalam cuplikan cerita fantasi
Soal: Bagaimanakah watak tokoh aku dalam cerita My Dream di atas?
a. Penakut
b. Penurut
c. Menyadari kesalahan
d. Penentang

Indikator: menceritakan kembali isi teks narasi
Soal: Gagasan apa yang terdapat dalam cerita My Dream?
a. impian masa depan
b. kesalahan terhadap orang tua
c. ingin ke hutan
d. menghadapi masalah

Indikator: Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, penggunaan bahasa, atau aspek lisan.
Soal: Di bawah ini  kalian akan menemukan ide-ide kreatif untuk menyusun sebuah cerita imajinasi, kecuali...
a. makan
b. lingkungan sekitar
c. makam
d. kendaraan umum

--------------------------------------
Sumber: Modul Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Teks Narasi/Cerpen/Cerita Inspiratif Oleh
Tim Dosen Bahasa Indonesia UNESA

BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Contoh Indikator dan Soal Teks Narasi Lengkap dengan Kunci Jawaban"