Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasinonal (USBN) Tingkat SMP-MTs

soal usbn smp-mts

Ujian Sekolah Berstandar Nasinonal (USBN) kembali dilaksanakan pada tahun ini, baik itu ditingkat SMP/MTs maupun SMA/MA. Melalui surat edaran nomor 0101/SDAR/BSNP/XI/2018, BSNP menetapkan POS Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun 2019. Penetapan POS USBN tersebut dimuat dalam Keputusan BSNP Nomor 0048/P/BSNP/XI/2018.

POS USBN dan UN adalah ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan USBN dan UN tahun 2019. Secara umum, kebijakan USBN dan UN tahun 2019 tidak jauh berbeda dengan kebijakan tahun 2018. Perbedaan pada jadwal pelaksanaan dan proyeksi jumlah peserta.

Berdasarkan informasi yang kami langsir dari situs bsnp-indonesia.org, Ketua BSNP mengatakan bahwa Kebijakan USBN 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan kebijakan USBN tahun 2018. Cuma perbedaannya ada pada proyeksi jumlah peserta dan jadwal ujian.

Mengenai soal USBN terdiri atas Pilihan Ganda (PG) sebanyak 90 persen dan soal uraian sebanyak 10 persen. Sedangkan sumber soal dari Pusat sebanyak 20-25 persen, dan sisanya 75-80 persen disusun oleh masing-masing guru di satuan pendidikan yang dikonsolidasikan oleh MGMP/KKG/Forum Tutor/Pokja Pondok Pesantren Salafiyah.

Nah, pada kesempatan ini kami sajikan soal-soal USBN tahun lalu yang kiranya bisa membantu dalam menghadapi USBN mendatang. Karena bagaimana pun juga belajar yang paling efektif dalam rangka mengahadapi ujian adalah dengan mempelajari kisi-kisi dan soal yang akan diujikan.

Soal USBN 2018/2019
Soal USBN Bahasa Inggris (Download)
Soal USBN PKN (Download)
Soal USBN IPS (Download)

Soal USBN TP 2017/2018
Soal USBN Bahasa Indonesia (Download)
Soal USBN Bahasa Inggris (Download)
Soal USBN IPA (Download)
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasinonal (USBN) Tingkat SMP-MTs"