Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Belajar Efektif dan Efisien untuk Pelajar dan Mahasiswa

cara belajar efektif

Belajar adalah suatu keharusan bagi pelajar ataupun mahasiswa. Hanya saja tidak setiap pelajar dan mahasiswa bisa belajar dengan efektif. Bahkan kadang hanya belajar menjelang ujian saja, padahal hal semacam ini justru akan menjadi momok saat menghadapi soal. Nah untuk mengatasi momok-momok dan masalah lainnya, maka Anda perlu melakukan beberapa cara belajar efektif berikut ini:

1. Jadikan Suasana Belajar Menjadi Lebih Nyaman
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membangun dan menciptakan suasana belajar paling nyaman. Ada beberapa yang dapat membuat mood belajar muncul dengan sendirinya seperti belajar dibarengi mendengarkan musik, belajar pada tempat yang nyaman dan lainnya. Gunakan metode belajar yang sesuai dengan gaya Anda sendiri sehingga semua akan terasa lebih menyenangkan.

2. Rangkum Pokok Pembelajaran
Anda perlu mencatat pokok dari pembelajaran. Mengapa? Sebab apabila Anda membaca satu buku maka pasti membutuhkan waktu yang lama agar bisa selesai. Mulai sekarang ambil intisarinya saja. salah satu tujuan cara belajar efektif ini adalah memberikan kemudahan untuk mengingat dan memahami intisari dari pembelajaran.

3. Belajar Bersama
Belajar bersama acap kali dianggap sebagai metode yang paling efektif sebab suasana berkelompok akan membuat otak lebih rileks untuk menerima pelajaran ataupun materi. Selain itu hal lain yang sebelumnya belum diketahui akan menjadi lebih mudah terselesaikan dengan kerja sama. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi Anda untuk belajar bersama atau belajar kelompok sebagai persiapan menghadapi ujian.

4. Rutin Belajar 
Rutin atau rajin belajar akan membuat Anda semakin mudah dalam mengingat beberapa hal yang sebelumnya sudah dipelajari. Bukan perkara durasi waktu yang lama, Anda hanya perlu belajar secara rutin saja. Paling tidak gunakan waktu 1 jam untuk mengulang kembali apa yang telah dipelajari sebelumnya. Cara ini cukup baik untuk menjaga pikiran agar dalam keadaan rileks.

Bagaimana, cukup banyak bukan cara belajar efektif yang bisa Anda coba?  Beberapa tips di atas bisa Anda gunakan untuk meningkatkan semangat belajar dan materi yang sudah dipelajari bisa mudah diingat. Jika Anda lakukan semua secara rutin secara otomatis akan jadi kebiasaan yang baik.

________________________________
Penulis: Kak Venicka AP
Anda juga bisa mengirimkan pengalaman Anda di Pena Basindon
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Cara Belajar Efektif dan Efisien untuk Pelajar dan Mahasiswa"