Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konsep Teks dan Genre dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Konsep Teks
Teks adalah satuan bahasa yang dimediakan secara tulis atau lisan dengan tata organisasi tertentu untuk mengungkapkan makna dalam konteks tertentu pula (Wiratno, 2003: 3-4)

Ciri-ciri Teks
  1. Secara konkret, teks merupakan sebuah objek fisik, tetapi secara abstrak, teks merupakan satuan bahasa di dalam wilayah bahasa sebagai sistem;
  2. teks mempunyai tata organisasi yang kohesif;
  3. teks mengungkapkan makna;
  4. teks tercipta pada sebuah konteks; dan
  5. teks dapat dimediakan secara tulis atau lisan.
Genre
Genre dapat dipandang sebagai proses sosial (secara luas) dan sebagai jenis teks (secara sempit). Secara luas, yaitu latar belakang sosial dan budaya yang mendasari terciptanya teks. Secara sempit, yaitu jenis teks dalam bentuk instalasi.

Jenis Teks
Genre sebagai jenis teks, dapat digolongkan menjadi genre faktual dan genre fiksi atau rekaan.

Genre faktual adalah jenis teks yang dibuat berdasakan kejadian, peristiwa, atau keadaan nyata yang berada di sekitar lingkungan hidup.

Genre faktual meliputi: laporan, deskripsi, prosedur, rekon(recount), eksplanasi, eksposisi, dan diskusi.

Genre fiksi adalah jenis teks yang dibuat berdasarkan imajinasi, bukan pada kenyataan yang sesungguhnya.

 Genre fiksi mencakup: rekon, anekdot, cerita/naratif, dan eksemplum.


Sumber: Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks : UNRAM
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Konsep Teks dan Genre dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia"