Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Latihan Menyimpulkan Pendapat Pro/Kontra dalam Teks

Soal Latihan Ujian Nasional | Menyimpulkan Pendapat Pro/Kontra dalam Teks

Apa itu pendapat pro/kontra?
Pendapat pro adalah pendapat yang mendukung atau yang menyatakan setuju terhadap suatu persoalan. Sedangkan pendapat kontra adalah pendapat yang tidak mendukung persoalan

Jadi, pendapat pro/kontra adalah sebuah pendapat yang berisi pernyataan dukungan dan yang tidak mendukung persoalan.

Lihat juga:
Kumpulan Soal Simulasi UNBK Tahap 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Tahun 2018
Latihan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs 2019
Berikut ini contoh soal menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks

1. Bacalah teks berikut!
(1) Pemilihan OSIS dengan cara paket akan segera diselenggarakan. (2) Sistem itu baik karena setiap pasangan dapat saling mengisi kekurangan saat berkampanye. (3) Namun, kegiatan ini berlumlah lazim. (4) Oleh karena itu, perlu diyakinkan peserta didik yang menjadi calon pengurus OSIS.

Kalimat yang menyatakan mendukung persoalan terdapat pada nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

2. Bacalah teks berikut!
(1) Banjir di Jakarta tidak semata-mata faktor alam. (2) Jakarta yang terletak di pinggir laut juga bukan faktor utama. (3) Aktivitas dan ulah warga berpengaruh pada terjadinya banjir di Jakarta. (4) Banyak warga yang masih membuang sampah ke sungai. (5) Lebih dari enam ton sampah diangkat dari pintu air Manggarai.

Kalimat yang mendukung persoalan terdapat pada nomor ...
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)

3. Bacalah teks berikut!
(1) Keluarga merupakan wadah untuk mendapatkan bimbingan dan latihan bagi perkembangan dan pembentukan pribadi anak. (2) Keluarga terdiri atas, ayah, ibu, dan anak. (3) Ibu memiliki peran besar, tetapi banyak yang belum menyadarinya. (4) Kenyataanya menunjukkan perilaku ibu dijadikan panduan bagi perilaku mereka. (5) Ibu adalah orang yang hebat.

Kalimat yang menyatakan persetujuan terdapat pada nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

4. Bacalah teks berikut!
Peran Ibu dalam Keluarga
(1) Jika berbicara mengenai pendidikan anak, orang yang paling berpengaruh adalah ibu. (2) Keberhasilan pendidikan anak sangat ditentukan oleh sentuhan tangan ibu meskipun keikutsertaan bapak tidak dapat diabaikan begitu saja. (3) Ibu merupakan wanita yang mulia dan hebat. (4) Pendidikan yang didapat anak dalam keluarga meliputi pendidikan iman, moral, fisik/jasmani, intelektual, psikologi, dan sosial.

Kalimat yang menyatakan pesetujuan pada teks tersebut adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

5. Bacalah teks berikut!
(1) Banyak sekolah melarang siswanya membawa telepon seluler ke sekolah. (2) Sebagian besar menganggap bahwa membawa telepon seluler ke sekolah dapat memengaruhi konsentrasi siswa dalam menerima pelajaran. (3) Hal itu memang benar, ketika telepon berdering di kelas, maka kegiatan pembelajaran akan terganggu. (4) Meskipun begitu ada beberapa sekolah yang tidak sepakat dengan pernyataan tersebut.

Kalimat yang menyatakan pesetujuan pada teks tersebut adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

6. Bacalah teks berikut!
(1) Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI, OSIS SMP Tunas Bangsa mengadakan kegiatan Lomba Baca Puisi dan Lomba Tata Upacara Antarkelas. (2) Lomba tersebut diselenggarakan tanggal 14-15 Agustus 2014. (3) Guru dan siswa bekerja sama menyukseskan acara tersebut. (4) Kegiatan itu mengingatkan perjuangan pahlawan karena memiliki tujuan yang sama yaitu kesuksesan.

Kalimat yang menyatakan alasan yang mendukung terhadap masalah pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)


Kunci: 1 B, 2 B, 3 D, 4 C, 5 C, 6 D

Selain contoh-contoh di atas berikut adalah soal tentang menyimpulkan pendapat pro/kontra yang kami ambil dari naskah UNKP 2017.

Bacalah teks berikut. kemudian kerjakan soal nomor 1 dan 2.
Kemarau adalah suatu keadaan air yang terkandung di dalam tanah berkurang. Biasanya kemarau terjadi jika tanah terlalu banyak mengeluarkan air. Kemarau disebabkan tidak turunnya hujan dalam beberapa waktu dan penggunaan air yang berlebihan oleh manusia.

(1) Kemarau terjadi di daerah yang beriklim tropis. (2) Daerah yang beriklim tropis berada di sekitar garis khatulistiwa bumi. (3) Negara yang memiliki iklim tropis adalah negara-negara di Asia Tenggara, Benua Afrika bagian tengah, dan Amerika Latin bagian utara. (4) Menurut para ahli klimatologi, di daerah itulah sering terjadi kemarau panjang sehingga suhu di daerah tersebut tergolong tinggi.

1. Pernyataan yang menunjukkan persetujuan pada paragraf kedua ditandai dengan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

2. Kalimat yang menyatakan sebab-akibat pada paragraf kedua teks tersebut ditandai dengan nomor ...
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan nomor 3 dan 4!
(1) Akhir-akhir ini kita sering merasakan suhu bumi yang begitu panas. (2) Di daerah dataran tinggi seperti Bogor, Bandung, dan sekitarnya tidak terasa sejuk lagi. (3) Peristiwa tidak seimbangnya suhu bumi ini karena bumi saat ini mengalami pemanasan global. (4) Pemanasan global itu atau sering disebut sebagai Global Warming.

(1) Global Warming adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer laut dan daratan bumi. (2) Peristiwa ini sering terjadi di negara yang kurang memedulikan keharmonisan lingkungan. (3) Perlu dipikirkan upaya menghentikan pemanasan global. (4) Berdasarkan pendapat para ahli, perlu segera dicari solusi untuk membatasi penyebab pemanasan global demi kelestarian lingkungan.

3. Pernyataan yang menunjukkan persetujuan pada paragraf kedua tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

4. Kalimat yang menunjukkan akibat-sebab pada paragraf pertama teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Sumber: Soal UN SMP/MTs 2016, UN SMP/MTs 2017
Siswa-siswi yang ingin mengikuti kelas daring Basindon bisa invite di gruf WA di bawah ini (GRATIS). Kalau sudah bergabung silakan ketik nama dan tempat sekolah.

BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

13 comments for "Soal Latihan Menyimpulkan Pendapat Pro/Kontra dalam Teks "

  1. bagus, tapi kalau ada pembahasannya mungkin lebih bagus ya, jadi bisa lebih paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasi ya, nanti kita benahi..

      Delete
    2. Yang kurang difahami yang mana ya?

      Delete
  2. Kk aku minta jawabnya dongg,aku gak paham nih ka..trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. No 1 jawabannya B, (Sistem itu baik karena setiap pasangan dapat saling mengisi kekurangan saat berkampanye)

      Kalimat di atas termasuk kalimat yang mendukung persoalan pada kalimat 1.

      kalimat 3 adalah yang kontra, karena ada kata: namun

      Delete
    2. Teks soal no. 1 persoalan yang diperbincangkan adalah "Pemilihan OSIS dengan cara paket akan segera diselenggarakan". Dari persoalan itu ada argumen/pernyataan setuju (pro) dan argmumen/pernyataan tidak setuju (kontra). Argumen yang setuju menyatakan bahwa sistem itu baik karena setiap pasangan dapat saling mengisi kekurangan saat berkampanye (kalimat no. 2). Sementara kalimat pernyataan yang kontra menyatakan "kegiatan ini berlumlah lazim. Oleh karena itu, perlu diyakinkan peserta didik yang menjadi calon pengurus OSIS (kalimat 3 dan 4). Kesimpulannya adalah soal nomor 1 terdiri atas 3 penyataan sesuai dengan struktur teks diskusi yakni pernyataan topik, pernyataan yang pro, dan pernyataan yang kontra. Sementara perintah soalnya menginginkan pernyataan yang pro atau yang mendukung persoalan.

      Delete
  3. Kk aku minta jawabannya dong,aku belum paham sekalian penjelasannya... trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalimat kontra biasanya ditandai dengan kata-kata sanggahan, seperti namun, tetapi, dsb. Jadi kalau yang diminta adalah kalimat persertujuan atau yang mendukung, tinggal eliminasi kata-kata yang ada sanggahannya ....

      Delete
  4. Maaf no 4 bukannya c ya? Makasih

    ReplyDelete
  5. Tolong jawabannya yg soal un smp tahun 2017 dong

    ReplyDelete
  6. Tolong jawabannya yg soal un tahun 2017 dong

    ReplyDelete