Menulis Iklan Baris

Iklan baris merupakan iklan yang hanya terdiri atas beberapa baris dan biasanya dimuat di surat kabar. Gaya penulisan iklan baris jarang ditulis dengan lengkap karena da aturan-aturan yang mengatur batasan panjang pendeknya sebuah iklan baris.

Aturan yang disepakati secara umum yaitu iklan baris terpendek minimal dua baris dan panjang maksimal sepuluh baris. Oleh karena itu, dalam iklan baris terdapat penyingkatan kata yang lazim.

Kriteria iklan baris

a. Bersifat komunikatif
Komunikatif berarti maksud yang terkandung dalam iklan tersebut langsung bisa ditangkap oleh pembaca. Pembaca tidak merasa kebingungan atau tidak paham terhadap istilah atau kata atau singkatan yang ada dalam iklan tersebut.

b. Singkat
Syarat singkat dalam penulisan iklan baris di surat kabar terutama berkaitan dengan penghematan biaya. Untuk mewujudkan  penulisan iklan yang singkat dapat ditempuh dengan dua cara, yaitu dengan hanya menggunakan kata-kata yang memang amat penting saja dan dengan menggunakan singkatan.

c. Lengkap
Penggertian lengkap di sini mencakupi tersedianya informasi yang dibutuhkan oleh pembaca iklan.

Unsur-unsur yang harus ada dalam iklan baris lowongan pekerjaan:
(1)    Jenis lowongan,
(2)    Kriteria sumber daya manusia yang dibutuhkan,
(3)    Alamat pemasang iklan,
(4)    Batas waktu pelamar,
(5)    Hak yang akan diperoleh pelamar yang diterima.

Sedangkan Unsur-unsur yang harus tercantum dalam penulisan iklan baris jenis jual beli atau penawaran barang/jasa adalah:
(1)    Barang atau jasa yang ditawarkan,
(2)    Kondisi barang
(3)    Alamat, serta
(4)    Harga barang.

Perhatikan beberapa daftar singkatan yang sering dipergunakan dalam menulis iklan baris.



Contoh penulisan iklan baris:

DICARI agen pupuk organik kualitas tinggi, stok byk utk slrh wil ind. mdl kcil, untung 20-30% + bns pnjualn. Hub: hayi 087763157041

Cara membacanya:

Dicari sebuah agen pupuk organik. Pupuk organik tersebut memiliki kualitas tinggi. Jumlah pupuk organik tersebut sangat banyak sehingga membutuhkan agen yang banyak pula. Agen yang dibutuhkan untuk seluruh Indonesia. Modal yang diperlukan  untuk menjadi agen sangat kecil. Keuntungan yang dicapai untuk menjadi agen sebanyak 20-30% ditambah bonus dari setiap penjualan. Jika Anda berminat menjadi agen, hubungi Hayi dengan nomor HP : 087763157041

Lihat: Contoh Soal Iklan Baris Pilihan Ganda

No comments:

Post a Comment