Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membedakan Fakta dan Opini dalam Iklan

Pengertian Fakta dan Opini:
Fakta adalah hal (keadaan atau peristiwa) yang merupakan kaenyataan; sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi.


Opini merupakan pikiran, anggapan, buah pemikiran, atau perkiraan.

Bentuk:
Fakta berbentuk gambar, foto, data statistik, tabel peristiwa, dan grafik. Adapun opini berupa saran, kritik, harapan, dan nasihat.


Sifat:
Fakta bersifat menunjukkan sedangkan opini bersifat mengharapakan.


Pengertian Iklan


Adapun pengertian Iklan adalah pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual dan dipasang melaui media masa. Iklan dapat ditemui di majalah, surat kabar, atau televisi.

Iklan bertujuan untuk menarik perhatian, mendorong, serta membujuk pihak lain agar memiliki atau memenuhi permintaan yang terdapat dalam iklan tersebut. 

Berdasarkan jenisnya, iklan dibedakan atas iklan layanan masyarakat, iklan niaga, dan iklan keluarga.

Iklan dapat dibaca dengan membaca intensif. Membaca intensif merupakan kegiatan membaca untuk memahami semua hal yang akan disajikan dalam bacaan. Oleh karena itu, membaca intensif dapat dilakukan dengan cara berikut.
1.    Membaca dengan cermat setiap kalimat dari awal hingga akhir teks.
2.    Mencatat hal-hal yang ingin diketahui.


Lihat : Contoh Soal tentang Fakta, Opini, dan Iklan Berbentuk Pilihan Ganda
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Membedakan Fakta dan Opini dalam Iklan"