Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Ulangan Harian 1

Berikut ini adalah contoh ulangan harian bahasa Indonesia kelas 9 semester 1. 
Kompetensi Dasar: Menyimpulkan dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio.

Lihat juga

Ulangan Harian 1

Bacalah kutipan dialog di bawah ini!

Penanya : “Langkah apa yang dilakukan pemerintah dalam hal mengadakan pupuk?”

Narasumber : “Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan pemerintah. Pertama, meringankan   input produksinya. Oleh karena itu, saat ini pemerintah melakukan subsidi pupuk dan subsidi benih. Pemerintah juga memberikan bantuan mesin alat pertanian. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi biaya produksi. Akan tetapi, itu saja tidak cukup. Oleh karena itu, supaya petani ini sejahtera, angkatan kerja yang bekerja di sektor pertanian on-farm ini harus dikurangi. Artinya, bahwa usaha pertanian itu jangan hanya bertumpu pada on-farm, harus bercocok tanam, harus usaha agribisnis yang bukan  hanya on-farm. Akan tetapi harus betumpu juga di bidang jasa perdagangan.”

Penanya : “Apakah program itu sudah disosialisasikan?”

Narasumber : ”Sudah, kita sudah sosialisasikan program-program pertanian terpadu
seperti itu.”

Penanya : ”Bagaimana dengan pengembangan sepuluh ribu desa pertanian?”

Narasumber : “Program sepuluh ribu desa pertanian bertujuan untuk mengurangi
kemiskinan. Program tersebut dilatarbelakangi oleh pertanian yang makin sempit. Selain itu, akses permodalan petani yang kecil. Jalan keluarnya adalah, harus disediakan lahan yang cukup, itu dengan program reformasi agraria. Jalan keluar kedua yaitu dengan menciptakan lapangan usaha agribisnis di pedesaan. Oleh sebab itu, program kita adalah program pengembangan usaha agribisnis di pedesaan.”

(Sumber: Buku Panduan Pendidik Bahasa indonesia)

Jawablah pertanyaan di bawah ini!
  1. Tentukan tema kutipan dialog di atas!
  2. Catatlah pokok-pokok informasi yang terdapat pada dialog tersebut!
  3. Berdasarkan dialog di atas, buatlah simpulan dialog tersebut!
  4. Berilah komentar terhadap narasumber!

Kunci Jawaban :
  1. Tema dialog merupakan gagasan yang mendasari sebuah dialog. Tema dialog tersebut yaitu program pemerintah di bidang pertanian.
  2. Pokok-pokok informasi merupakan hal penting yang terdapat dalam dialog. Pokok-pokok informasi berdasarkan dialog tersebut sebagai berikut!
    • Langkah yang diambil pemerintah dalam rangka program pengadaan pupuk yaitu melakukan subsidi pupuk, subsidi benih, dan memberikan bantuan mesin alat pertanian.
    • Pemerintah sudah mensosialisasikan program pengadaan pupuk kepada petani.
    •  Program sepuluh ribu desa pertanian bertujuan untuk mengurngi kemiskinan di Indonesia
    •  Program sepuluh ribu desa juga bertujuan menciptakan lapangan kerja baru.
    • Contoh jawaban simpulan,
  3. Pemerintah melakukan program pengadaan pupuk dengan tujuan untuk mensejahterkan petani. Langkah yang dilakukan pemerintah untuk menunjang program tersebut yaitu memberikan subsidi pupuk, benih, dan memberikan alat pertanian. Selain itu, pemerintah juga mencanangkan program sepuluh ribu desa pertanian. Program tersebut bertujuan untuk mengurangi kemiskinan Indonesia. Program tersebut dilatarbelakangi oleh semakin sempitnya lahan pertanian dan permodalan petani yang relatif kecil. Program sepuluh ribu desa pertanian juga bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja baru. 
  4. Cotoh komentar : Saya sependapat dengan narasumber bahwa program-program semacam itu memang sangat perlu digalakkan di negara agraris seperti Indonesia ini. Sebab sebagian besar penduduk Indonesia bergantung pada hasil pertanian. Jika sistem pertanian tidak ditangani dengan baik otomatis akan berdampak terhadap kesejahteraan rakyat.
BASINDON
BASINDON Blog pelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs (materi, soal, dan perangkat pembelajaran), serta Pengetahuan Bahasa dan Sastra Indonesia (umum)

Post a Comment for "Contoh Soal Ulangan Harian 1"